Thursday, July 20, 2006

Lagi Susah Nih !! Trus Jadi Inget EYANG Deh ...

Hari ini kemrusung banget … Ada kejadian nggak enak semalem dan meluluh lantakkan kedamaian hari ini … Sebel !!! Why oooh whyyyy ? Eh eh ada apa sihhhhhh ????? Aiih situ mau tau aje deh ahhhh. Wis mbuh lah. Pasrah saja. Toh ini bukan yang pertama. Semuanya bakalan berlalu. Besok akan datang. Membawa hari baru . Jadi buat apa susah .. buat apa susah .. susah itu tak ada gunanyaaaaaaaa. Paling2 berdoa. Mohon pada Gusti Allah semoga gue masih memiliki BESOK. Gitu tooohhh ? Aihhh pinternya gueeee. Tapi dah kadung tuh bikin tulisan mendayu2 .. sedih pilu bagai diiris sembilu perti di bawah ini gimana? Nggak apa2. Sing penting bisa bikin lebih lega toohhhh …


UNEK2

Aku nggak ngerti kenapa aku mesti terusik
Aku juga nggak ngerti kenapa aku mesti sedih
Aku tambah nggak ngerti kemana perginya pengertian
Aku bener2 nggak ngerti kenapa kedamaian mesti hengkang dari kehidupan

Rasanya bosan ..
Rasanya lelah memendam keinginan untuk bisa dipahami
Rasanya hancur melihat keangkuhan
Rasanya ingin terbang dan hinggap dalam sangkarku yang nyaman

Pasti akan ada banyak pertanyaan
Pasti akan muncul seribu tuduhan
Pasti semuanya akan menjadi rumit
Dan pasti hanya aku yang menangis dan merasa pedih

Belum cukupkah kesabaran yang aku berikan?
Belum cukup rasanya pengertian yang terus aku upayakan sekuat tenaga
Kenyamanan dengan tidak mempertanyakan apapun, apakah masih belum cukup juga?
Rasanya memang belum cukup kalau aku belum menjadi budak ego-nya … *sigh*

Ya sudah, waktunya berbenah hati
Waktunya untuk mencoba ikhlas dan menjadi semakin mengerti
Atau mungkin sudah waktunya mengasihani?
Yah, sepertinya memang sudah waktunya …..


Yuk tarik nafas dalem2 . Yah lepaskannnnn. Ayo praktekan teori meditasi buat menenangkan hati … Ufhhhhhhhhhhh …. Yahhhh kalo kata eyangku dulu …

“Wisss thoooo .. ora usah dipikir .. Nek kowe yakin bener yo wis ra usah dipikir …
Ben mengalir sajjjjaaa …. Sing bener mesti mengko yo ketok. Sing waras sing ngalah … “

Njihhh Eyanggggg ….

Eh nggak tau artinya yahh. Itu bahasa Dewa. Hanya calon Dewa/Dewi yang paham bahasa ityuuuu … hehehehe

Terjemahan bebas buat yang bukan calon Dewa/Dewi (terutama Neng Cresti hihihii secara dirimyuuu itu Betawi pollllll) :

“Udah dehhhhh nggak usah dipikir napeeeeee …. Kalo situ yakin bener ya nggak usah digubris … Biarin ngalir aje .. kaya di got (yang ini bo’ongan deng) .. Yang bener ntar juga pasti keliatan … Yang Waras Yang Ngalah lahhh .. “

Kok akyuuu rindu eyangku yahhh .. hiksss .. hiksss .. Eyaaaaaaaaaaaaaaaaaang .. dimanaku engkauuuuu …. Akyu rinduuuuuuuuu …

Eyang ini ibunya ibukyu yang dulu pernah gue ceritain itu lohhh. Yang tertipu menikah dengan cowok beristri yang mengaku bujangan setelah eyang kakung gue yang asli meninggal dunia. Beliau itu wanita desa yang sangat sederhana.

Beliau lahir dan tumbuh di jaman penjajahan. Hidupnya setali tiga uang sama anaknya yaitu ibu gue. Susah seperti Miss. Cinderella. Tapi itulah yang membuat beliau dan juga anaknya akhirnya menjadi Super Woman (bentar lagi cucunya nehhh jadi Super Woman .. siapa? Ya Akyuuuuuuuuuuu hihihi). Beliau tuh apaaaaaaaaaaaaa aja bisa. Yang paling top, Eyang tuh pinter mendongeng. Dan beliau tuh selalu mendongeng sebelom gue dan adik2 bobo. Suka kasih petuah2 lewat dongengnya. Hiks ..

Cerita2nya selalu seru2. Cerita2 dari Jawa terutama. Ada Timun Mas, Swidak Wolu a.k.a 68, Cindelaras. Ehhh pada nggak pada nggak tau critanya ya? Kasiannnn. Ntar deh yee akyu ceritain …. Trus apa lagi yah ceritanya. Ehmmmm Si Kancil dalam berbagai versi udah pasti. Pokoknya banyak deh. Critanya nggak cuma crita aja tapi ada nyanyi2nya segala. Yah nyanyi2 bahasa Jawa lah masa bahasa Korea ….

Eyang juga yang ngajarin aku nembang Yen Ing Tawang Ono Lintang. Ehh nggak percaya. Benerrr looohhh aku bisa nembang ini. Biarpun suaraku nggak sebagus sinden2 profesional tapi lumayanlah daripada denger suara knalpot bajaj hihihi ..

Eyang juga puinteeer muasakkkk. Ihhhh sumprit deh, sampe sekarang gue belom pernah ngerasain sambel seenak buatan eyang … hwaaaaaaaaaaaaaaa .. jadi tambah kangen Eyang.
Yang paling berkesan buat aku soal masak memasak adalah waktu eyang bikinin aku grontol. Tau nggak? Enggak? Grontol itu salah satu jenis jajanan pasar. Yaitu jagung yang dipipil trus direbus luamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget sampe merekah gitu. Trus dimakan pake parutan kelapa yang ditaburin gula dikitt. Pokoknya enyak enyak enyak …
Dan sampe setua ini belom pernah aku nemu grontol semantaffff grontol buatan eyang ….

Eyang meninggal tahun 1994 karena sakit. Sebelum meninggal gue sempet bacain Yasin di sebelah tempat tidurnya di Rumah Sakit dan air mata gue keluar saat beliau menatap gue lamaaa banget. Dan saat itu beliau sudah pake alat bantu pernafasan dan udah sama sekali nggak bisa ngomong. Waktu beliau meninggal, gue, ibu dan adik2 juga ikut mandiin beliau …

Hiks ... Setiap gue susah .. setiap hati gue ter lara2 hancur lebur jadi debu … setiap gue merasa terzolimi (alah bahasanya) … setiap gue rasanya kehilangan kontrol .. kok gue selalu inget eyang yah .. sepertinya dengan mengingat beliau gue jadi lebih tenang. Dan kalo lagi mujur bisa ketemu eyang di mimpi dengan senyum khasnya yang sederhana .dan belaian tangannya di rambut gue yang bisa bikin kepala gue yang tadinya bisa buat goreng telor saking panasnya menjadi ademmmmm .... ayemmmm .. damaiiiii ....

Hwaaaaaaaaaaaaaaaaaa .. I miss you Eyang


Keterangan Photo
3 Woro dan (Alm) Eyangnya tercinta yang pinter masak .. hiks .. jadi sedih yaaaa ...


No comments: