Wednesday, April 30, 2008

“Percaya” itu Susyeee Bo!


IMPORTANT sebelon kebablasan!!!!!
Tulisan ini puanjangg dan dijamin bisa membuat otak anda jadi encer karena mumetnya huehehehe. Jadi kalo punya penyakit jantung diharap hati2 membacanya. Kalo punya penyakit panu ya diobatin sono biar nggak makin nyebar yak … hihihi ..


Kalo dah siap mari lanjooooooooooooot!!!

Bisa dibilang Jeung Indie itu berstandar ganda kalau sudah bicara soal Percaya, atau Rasa Percaya atau Kepercayaan. He’eh .. Beneeer. Maapin hari ini rada berat yak critanya. Hasil semedi 2 hari 2 malem ditemenin Mr. Allie pleus temen baru namanya Kuping Gajah Group. Apaan tuh? Hihihi iyaaaa tanamen kuping gajah se pot kecil yang jumlah daonnya ada 5 imut2. Lha mereka kan juga makhluk hidup tohhh jadi nggak ada salahnya kalo dibilang temen2 baru .. Okehh lanjuuttt!!

Kalo denger kata “Percaya” eike langsung merinding deskoh. Entah mengapa kata itu selalu bikin gue merenung, nungging bahkan kadang2 nyungsep segala. Gue ini orang yang susah percaya sama orang sekaligus orang yang gampang percaya sama orang. Lha kamsudnya? Pasti otaknya dah kopyor .. ngomong kok belibet .. huehehehe

Seumur hidup gue sampe hari ini yaaa gue belum pernah berhasil menyerahkan kepercayaan atas hidup gue sama orang lain. Sumprit! Untuk yang satu itu walahhh susyeenyaaa. Mungkin karena banyak kejadian2 mulai masa kecil sampe segede bagong ini yang bikin gue kehilangan kepercayaan pada apapun dan siapapun yang berhubungan dengan perjalanan hidup. Ho’oh. Makanya banyak kegagalan2 dalam hubungan yang gue alami selama ini. Karena untuk segala yang berhubungan dengan hidup gue, gue langsung berubah jadi strict. Nggak percaya bahwa orang bener2 care sama gue. Nggak percaya bahwa gue bisa bergantung sama orang tersebut. Kalo menurut gue kata2 di lagu Bee Gees favorit gue cumalah sebatas kata2 di lagu yang bisa bikin orang nangis Bombay ..

“Lay Your Trouble on my shoulder .. Put your worries in my pocket .. Rest Your Love On Me Awhileeeeeeeeeeeeee”


Halahhh .. sesuatu yang “Too Good To Be True” bakalan bikin gue langsung bubar jalan grak!! Makanya kalo ada temen atawa siapapun yang bilang

“Blab la bla .. gue bakalan syalalalala .. Syubidu dam dam … Gue bakal bikin elo … ahak ahak .. dam dubidudam dam … Percaya deh sama gue. Gue akan bantu elo … mendaki monas hanya dengan seutas tambang … Cinta gue sedalam lautan atlantik … Gue akan ajak elo keliling dunia dan akherat kalo elo mau hidup bersamakyuuuu … Gue bayarin semua utang2 elo sampe bunga2nya .… Elo harus percaya sama gueeee!!!”

Yeee Maksa gitu yakkk. Gue pasti langsung molor … Nggak tertarik dengernya .. Apalagi udah pake kata PERCAYA DEH!!!! Gue pasti masang muka “Oh yeahhhh ….. elo sapaaa??? Jin Aladdin?”

Maap .. bukannya kita somse ya boooooo. Gue juga heran kenapa gue bisa begini. Rasanya pingiinnn bisa percaya sama orang. Pingin bisa percaya bahwa orang itu bakalan menjaga gue, melindungi gue dan membantu gue dengan tulus. Tapi susyeee. Soalnya yang udah2 kayanya orang2 di sekitar gue gagallll totalll menunjukkan ityuuuu. Bener gitu Jeung Indie? Apa bukan “harapan” mu aja yang melebihi kemampuan orang lain buat mewujudkannya? Mungkin aja harapan Jeung Indie ituh harapan seorang Alien? Hihihi …. Pertanyaan yang aneh

Seperti sudah saya sampaikan di atas tadi .. *gaya pidato politikus* … gue buanyakkk nerima kekecewaan dan melihat kenyataan yang bikin hatiku membekuuuu .. *ceileeee*. Disaat gue jatoh sampe koprol dan berakhir dengan nyungsep … no one .. upss capital letters ah NO ONE … yang datang padakyuuuu dan sekedar memberi akyuuuu pelukan erat … and says “Everything will be okay … I’m here” *hiks hiks .. teganya 100x*. Padahal cuman gitu doang yang gue arepin. Apa ketinggian gituh harapan gue?. Kadang kalopun ada yang dateng .. malah bikin gue keki. Nasehatin lah .. ngasih tau gue harus gini gitu .. Bahkan kadang dateng2 bilang

“Tuh kan gue bilang juga apa .. Dulu kan gue udah ngingetin … Seharusnya ya elo tuh .. bla bla bla”

grhhhhhh ini yang bikin naluri membunuh orang dalam diri gue kadang2 muncul huehehehe

Helloooooowwww … Gue nggak stupid ya booo. Gue tau diri gue sendiri dan satu hal gue nggak bakalan ngancurin diri gue sendiri. Gue cuma butuh satu keyakinan dan percaya bahwa gue punya temen atau orang yang mencintai gue. Gitu aja tauuuu!!! Kejadian berulang2 yang bahkan gue alami sejak kecilllll karena situasi dan kondisi akhirnya membentuk karakter gue yang nggak percayaan itu tadi.

Jangan harap gue mau nerima uluran tangan orang saat gue mo ngelompatin got *hihihi ya iyalah gotnya kan kecil*. Gue bakalan usaha sendiri buat bisa melompati got itu. Kalopun gue ngukur diri gue nggak sanggup ya cari jalan muter aja. Sendirian. Dan menikmatinya sendirian. Heran ya? He’eh. Gue juga heran ada makhlukh model sentul kenyut kaya gue di dunia ini.

Herannya orang model gue gini malah dipercaya dan dicintai orang banyak. Hehehe ini beneran kok bukan sekedar gossip di Koran Lampu Merah tauuuu!. Ya itulah. Gue selalu berusaha ada buat orang lain tapi gue slalu ngabur, begitu gue ngerasa gue butuh orang lain karena gue nggak percaya orang lain akan melakukan hal yang sama seperti yang gue lakukan ke orang lain. Daripada gue kuciwa sampe berdarah2 hayooooo!! Ini mbulet ya omongannya .. Tapi kaliyan paham kan? Enggak? Huehhee tanya Mr. Allie gih sana !!

Nahhh hal ini lah yang kadang bikin gue jadi kesel sendiri .. dan bahkan depresi. Karena gue slalu berusaha menyelesaikan apapun yang gue hadapi sendirian. Gue nggak percaya bantuan orang lain lagi. Berdasarkan pengalaman pribadi gue seumur hidup gue ini , orang2 itu terlalu senang menghakimi dibandingkan mengayomi. Jadi buat apa gue nambahin luka hati gue dengan dengerin omongan orang2 yang nggak gue harapkan?

Hasilnya? Ya capek lah boooooooooooooooo. Menghindar itu bikin capek. Coba aja kalo dirimu lagi keki sama orang dan bawaannya mo menghindari orang itu. Kalo biasanya turun dari lantai 20 ke ground floor pake lift tapi karena takut ketemu orang itu di lift akhirnya turun pake tangga apa nggak cape? Jadi apapun konteksnya yang namanya “menghindar” itu bikin capek. Dalam kasus gue .. menghindari rasa percaya ke orang lain.

Halah segini seriusnya. Gue yakin yang baca udah pada ngeces saking pulesnya neh huehehehe …

Okeh skarang standar gandanya. Ini secara financial. Gue slalu ‘kena’ karena gue selalu percaya buta sama kesulitan orang lain. Heran gue. Ketepu berkali2 bahkan pernah sampe habis2an tapi teteup aja nggak bisa nolak kalo orang udah nangis2 bombay sampe ngesot2 memohon bantuan gue. Sifat “nggak tegaan” gue ini kegedean kayanya. Bahkan mendominasi bangettttt. Nah parahnyaaaaaa … gara2 hal ini .. makin meningkatkan rasa nggak percaya gue ke orang lain. Buat gue .. orang dateng ke gue bukan karena guenya .. tapi karena mereka “butuh” bantuan financial dari gue. Dengan kata lain .. ketulusan? Ihh kata apa ituhhh .. nggak ada tuh yang namanya ketulusan. Yang ada orang cuma ingin memanfaatkan gue .. dateng ke gue bilang butuh apa .. dapetand bye bye … Sadisssyyyhhh … huwaaaaaaaaa ... sroootttttt!

Setelah berpuluh tahun hidup dengan pengertian dan keyakinan seperti itu .. akhirnya pada suatu hari gue mengalami satu metarmofosa … menjadi kupu2 yang cantik jelita .. eh enggak deng .. hihihi ….

Kalo kata orang sih yaaa .. “Nothing last forever”. “Nggak ada pesta yang nggak selesai”. Soalnya kan kudu beres2 booo .. huehehehe …. Demikian juga dengan kedodolan gue .. Sepertinya harus berakhir …

Selama ini gue nggak pernah sedikitpun mengakui kejelekan gue yang satu ini. Gue slalu diem dan menyimpan sendiri kegelisahan gue. Terus terang gue sebenernya takut. Gue tau apa yang gue hadapi ini bisa membuat gue nggak seimbang. Dan bener .. gue jatohhhh. Kelelahan mungkin?

Tapi teteup dong bo biar kata kita udah sebentar lagi gila tampilan teteup disetel “eperiting okeh mah meeennnnn” Yahhh secara ya boo eike ini rada gila kayanya .. jadi teteup aja cengengesan di depan orang. Ini berkahnya jadi orang periang kali yaaa sehingga dengan beratnya beban pikiran yag sedang gue alami gue teteup bisa ketawa2 .. nggak jadi gila .. apalagi pingin minum baygon huehehehe …

Lha cerita metamorfosanya gimana to Jeung? Oh iya lupa hihihi …

Nah jadi yaaaa adek2 sekaliyan, di suatu pagi yang cerah .. dimana guenya belom mandi walaupun teteup imut2 anak marmut biarpun rambut megar kaya singa barongsay … di saat itulah gue hampir semaput dan nyarissssss putus asa karena masalah2 yang terlalu berat gue hadapi. Berhari2 gue begadang mikirin penyelesaian masalah2 gue sampe kepala gue rasanya encer. Mungkin otak gue sampe mencair yak huehehehe … Dan gue masih teteup ngeyel dengan ngarasa yakin seyakin2nya bahwa cuma gue yang bisa ngatasi semua permasalahan gue. Nggak ada orang yang bisa bantu gue. Nggak ada huhhh!!!! Cuihhhh … !!!

Nah tapi begonya gue sendiri belom tau gimanaaaaa menyelesaikannya … Kebayang dong betapa tululnya gue. Yaaa jadinya gue kaya kecekek sendiri. Kaya ada di suatu ruang sempit .. gelap dan bikin gue hampir pingsan. Kaya jalan di terowongan gelap sendirian nggak punya senter dan nggak tau tuh trowongan ada ujungnya atau enggak. Akhirnya setelah merasa ngambang berhari2 gue ngambil keputusan untuk bikin pengakuan dan meminta bantuan. Ke siapa? Kalo ke Tuhan udah tiap malem dah diskusi dan mohon supaya teteup dikasih akal sehat dan nggak gila mendadak. Hehehe. Nah satu2nya manusia yang masih tahan terlibat sama hidup gue yang mirip roller coaster ya cuma si Masye itu lohhhh. Yang ngakunya ganteng itu lohhh. Yang katanya kalo habis cuci muka nggak sisiran kepalanya langsung pusing .. hueheheh sampe sekarang gue belon nemu jawaban apakah hal tersebut relevan atau enggak .. Masye yang kadang ajaib …

Setelah gue ngomong dan membuat pengakuan dengan suara tertahan sedu sedan *alah sinetron banget* dia melongo .. Dia yang “menurut dia” udah kenal gue luar dalem ternyata kaget juga denger pengakuan gue yang menggemparkan .. menghebohkan dunia persilatan .. Ciyaaaaaaaaat!!!! Untung nggak ada inpotainmen .. huehehehe .. bisa heboh jagat raya … Sambil nangis2 bombay *kali ini nggak pake muter2 tiang yak soale pan lagi serius* gue keluarin semua perasaan gue yang bertahun2 gue simpan … ketakutan gue .. pemikiran gila yang stuck di batok kepala gue bertahun2 .. sampe tuntas .. tas .. tas. Untung si Masye nggak sampe ketiduran soale gue ngomongnya puajannngg banget .. ber bab2 … huehehehe ….

And you know what? Gue ngerasa legaaaaaaaaaaaaaa setelah itu . Walaupun mata gue rasanya pedes sampe susah melek gara2 kebanyakan nangis. Rasanya plooonggg gituh. Semua beban ketakutan dan penyangkalan yang gue simpen bertahun2 rasanya blasssssssss .. ilang gituuuuuh.

Yah si Masye dengan gaya Ustad Pesantren langsung menimpali dengan omongan2 yang bikin gue tenang. Nggak ada intimidasi .. nggak ada penghakiman. Waklum bliao kan udah sepuh huehehehhee. Kalo ngomongnya nggak bijaksana malu lageee sama kumisynyaaa … Dan kata2 yang bikin gue tenang

“Kita akan hadapi semuanya sama-sama. Saya nggak perduli kamu percaya atau nggak sama saya .. itu nggak penting. Yang jelas kita akan hadapi semuanya sama2”


dan gue percaya dengan sukses … hihihihi .. seru yaaa … Akhirnya kita berpelukaaaaaaaaann .. dan teteup gue tersedu2 biar pelukannya lamaan .. wakkakakkak maonye yakkkk …

Perjuangan gue untuk bisa mengatasi ketakutan dan mengakui bahwa gue punya masalah dengan diri gue ternyata berakhir lumayan baik. Gue skarang lebih tenang. Dan gue mulai belajar pelan2 untuk bisa percaya sama orang lain. Bahwa dalam hidup ini gue nggak bisa sendirian. Bahwa memang Tuhan menciptakan manusia untuk saling membantu bukan untuk hidup sendirian. Lha kalo kata orang2 pan .. “Mo idup sendiri .. di utan sonoooo” .. Ihhh asal deh desyeeee .. padahal di utan juga kan ada monyet sama binatang2 lain .. Jadi ya nggak mungkin lah makhlukh hidup itu hidup sendirian … getooohhh …. Gue belajar untuk ikhlas seikhlas2nya .. bukan cuman di mulut doang … Gue belajar percaya bahwa masih banyak orang yang punya ketulusan .. Lha buktinya gue sendiri ini lohhh … *ini katanya Masye lho yaaa yang bikin idung benyamin gue mekar jaya*

Jadi inget katanya si Oprah

“Kalo situ merasa butuh bantuan .. cari bantuan gih sono.. jangan diem maring menek aje di pojokan .. Bilang ke temen kek .. sodara kek .. engkong kek .. enyak kek .. babeh kek … kalo situ butuh bantuan jadi situ nggak bakalan ngerasa sendirian yang akhirnya membuat situ ngelakuin hal2 aneh2 seperti bunuh diri, mabok lageee, judi lageee … atawa makan mulu sepanjang hari sehingga situ jadi segede gajah bengkak … okeh sodara2?”


Gitu dah kira2 terjemahan bebasnya. Huehehehe.

Semoga gue berhasil. Semoga kata “Percaya” nggak akan bikin gue merinding deskoh lagi .. huehehhee …. Dan semoga gue nggak selalu sok teu dan merasa menjadi "Wonder Woman Pembela Kebatilan" padahal keoknya gampang banget … wakakakkaka. Doain ya booooooooooo ….

Udah ah segini dulu ceritanya …. Semoga bisa berguna bagi nusa dan bangsa. Jangan bosen2 baca yaaa …



Sampai Jumpaaaaaaa!!!!

13 comments:

si aDyA said...

huweeee.... hiksss....
*terharu bacanya*
saia juga kadang gitu... cuma pengen dipeluk dan dibisikin klo smwanya bakal baek2 aja... *ada di postingan saya* *promosi*

Jeung,,, everything's gonna be alright kok...
*sambil pelukin Jeung Indie*

Anonymous said...

Huwaaaaaaa adyaaaaa .. Mari berpelukan. Iya ya booo .. kita padahal nggak butuh banyak2 dari orang2 itu .. sekedar rasa nyaman karena kita tau kita nggak sendiri .. hiks hiks .. huwaaa ... srotttt ..

*peluk adya kuat2* .. I'm here for you ... *bisik2 lirih* .. hihihi jadi kaya sinetron ...

si aDyA said...

hanya butuh teman ya Jeung...
bukan yg kasi nasehat or sok taw...
but just be there ajah...
*alah..*

Jeung... kapan2 chatting yuk..
pengen kenal lebih deket ma Jeung Indie... hehehe...
kasi saia ID-nya Jeung yak...
maw kan?
please.... *memohon dgn mata berkaca-kaca*

Anonymous said...

Jeung Adya, mau doooonggg .... *wink wink*
invite yaaaa ... sweetpetal_1504@yahoo.com ... Yuk yuk kita chatting .. ngrumpi sampe mabok .. huehehehehe ....

Anonymous said...

bener tante kita hidup juga butuh orang lain dan menghindar juga nggak akan menyelesaikan masalah jadi berdamai sama keadaan dan rubah pikiran kita ke arah yang lebih baik itu yang harus di lakukan.....

si aDyA said...

huehehe... udah saya add Jeung.. saya tunggu yah,,,
btw,, Jeung Indie dipanggil TANTE tuh!!!
hihihihihi....

si aDyA said...

Jeung Indie lagi OL toh?
hehehe...
*ngarep.com*

Anonymous said...

Hik..hik..hik... jeng... minta duitnya dong... buat nambahin beli mobil baru....

Anonymous said...

... saya gak minta dipercaya tapi minta dipuja hushsh salah, tapi siap sedia untuk dimaki... huhuhu.. jeng indie yg baek, .trus aje baek2 ya.. jangan saki2 lagi yaa.. hebat ntu masye,, huh sungguh hebat

Anonymous said...

Percayalah kasih jangan tinggalkan diri ku...

itu potongan lagunya krise ya, hihihihi

Anonymous said...

Adyaa .. sabarlah menanti adikkuuuuu *gaya berwibawa* .. akyu pasti akan hadirrrr ....

Bang R .. masye emang heibathh .. terutama kumisnya yang baplang huehehehehe .... Rindu ngrumpi sampe pagi nehhh banggg .....


Brondceh ... Maksud lohhh .. *kedip2*

Anonymous said...

Yes if the truth be known, in some moments I can bruit about that I jibe consent to with you, but you may be making allowance for other options.
to the article there is stationary a question as you did in the fall efflux of this beg www.google.com/ie?as_q=sheraton vistana resort timeshare ?
I noticed the utter you suffer with not used. Or you use the dreary methods of development of the resource. I take a week and do necheg

Anonymous said...

Yes if the truth be known, in some moments I can say that I approve of with you, but you may be making allowance for other options.
to the article there is quiet a question as you did in the downgrade publication of this beg www.google.com/ie?as_q=windows vista recovery disc ?
I noticed the utter you suffer with not used. Or you use the dreary methods of inspiriting of the resource. I possess a week and do necheg