Friday, June 09, 2006

ENCUM, Apakah Itu!!!???

Semua orang pasti punya nama alias atau nama panggilan. Kadang nama panggilan atau nama alias itu bener2 nggak berhubungan sama nama asli mereka. Ada yang namanya diambil dari nama artis lah, atau nama bego2an lah, atau julukan lah atau tergantung dari kreatifitas masing2 orang.
Dulu waktu kuliah gue punya temen namanya "Joko". Sampe sekarang kadang gue lupa kalo dia namanya Joko karena gue manggil dia dari duluuuu sampe sekarang "Chikem". Artinya apa? Ya mana gue tau.
Temen SMA gue yang namanya "Hebra" dulu terkenal dengan panggilan "Kwe Cheng" .. tau deh bener nggak tulisannya. Itu karena dia sipit mirip Chinese (padahal kulitnya rada burek lohhh) walaupun sebenernya ortunya dari Padang+Jawa. Dan dia hobi berantem pake acara tendang2an mirip pendekar cina yang nama Kwe Cheng (emang ada gituh?). Sohib sebangku gue waktu kelas 3 SMA yang namanya sangat relijius “Ahmad Effendi” malah terkenal dengan nama "Ukek" What is that ? Mana gue tauuuu !!! Kadang2 dia dipanggil "Vijay" juga soale mukanya muka India gitu.
Adik gue yang punya nama bagus buanget dipanggil Inoy. Gara2nya dia itu dulu cengeng abis kaya si Kinoy keponakannya Unyil yang tukang nangis. Masih inget nggak? Sepupu gue dipanggil Poksay gara2 cerewet banget kaya burung Poksay. Dan suaranya yang eneh itu mirip sama suara burung .. huehehehehe …. Itu sebagian kuecillll dari contoh yang bisa gue kasih.

Lalu gue? Nama panggilan gue buanyakkkk … Ada yang manggil Sayang (wakakakkak geblek!) … Cinta .. (ihik) .. Cantik (kalo ini yang manggil pasti ngasal .. kalo nggak tukang rayu pasti pingin ngutang) .. Goti, Atiek, Anthy, Indie, Woro, Priya (ini khusus orang India karena Priya bahasa sono itu artinya Loveable .. piwiitttttt .. cuit cuit … ) endesba endesbe endesbu masih banyak yang lainnyaaaaaaa … Panggilan itu ya tergantung yang manggil dan suasana hati mereka dan di kelompok mana mereka berada. Panggilan paling mantep ya dari bokap gue yaitu “PEROT”. Soale gue kalo lagi bengong suka gigit2 bibir sampe merat merot mulutnya .. wakakakkakakk.

Dulu waktu gue masih SMP, gue tergabung dalam satu pengajian .. Namanya Majlis Ta’lim Al Abraar .. aduuhhhh indahnya … hueheheh nggak usah heran … gue emang punya masa kecil yang relijius (bo’ong deng) .. Pengajian ini isinya campur aduk. Segala usia, segala gender .. tumplek blek di satu meja gede dan belajar ngaji bersama. Mulai dari yang pinyit cicit cuit sampe yang SMA. Di pengajian ini ada gengnya juga loohh. (walahhh pengajian kok pake geng) Geng kita ini namanya Khaedarussalan. Ini didapet dari menggabungkan huruf pertama nama2 anggota geng wakakakakak noraknya.
Kamal .. Hamka .. (mas) Endro .. (mbak) Denok .. Rusdy .. Slamet .. (mas) Sahid .. Sussy … Atiek (gue) .. Arie (adek gue) .. Aniek a.k.a Inoy (adek gue) .. Lanny .. sapa lagi ya .. gue rada lupa …

Nah, cerita geng pengajian sama hubungannya dengan nama panggilan apa seh? Okeh deh, begini yah ….

Anggota geng Khaedarussalan itu anak2nya emang lucu2 dan unik2 banget. Ada yang serius, ada yang bengal (telunjuk ditujukan ke idung gue), ada yang diem2 tapi lucu, ada yang lucu beneran, ada yang ngeselin dll, dsb, dst. Yang menarik adalah, masing2 anak punya nama panggilan aneh khususnya yang laki2. Contohnya : Mas Endro dipanggilnya Chersye .. maksudnya opo toohhh … ternyata usut punya usut maksudnya sih mo pake nama Chrisye secara dia tuh fans beratnya Oom Chrisye tapi apa daya satu orang anggota yang cacat pronunciation menyebutnya Kersye .. jadi dah dia nulis namanya jadi Chersye. Wakakakkakakak betapa dudulznya waktu itu.

Si Slamet (nama tak sesuai dengan tampilan .. tampilannya cute deh) dipanggil Jacky. Kenapa? Wis nggak ngerti alasannya. Si Hamka dipanggil Ucok .. ini ndak apa2lah, ndak ada anehnya .. soale Bang Hamka itu orang Batak tok tok. Trus ketua kelas kita yang pualing gede .. yang sumprit biar masih SMA wajahnya dah pantes jadi ketua RT namanya diganti jadi DAVID dengan panggilan DAPIT (sapa lagi yang ngancurin nama selain si cacat pronunciation) dan siapakah nama sebenarnya ? SAHID sodara2. Yah namanya yang kaya nama Hotel mewah itu diganti secara brutal jadi DAPIT.
Dan terereeeengggggg manusia yang cacat pronunciation yang selalu membuat nama panggilan yang rencananya keren jadi nggak keren itu adalaaaaaaaaaaaaaah *drum roll* KAMAL .. Dan dengan senang hati dia merobah namanya menjadi JOAN .. Whaaaaaaaaaaat ? Maksudnyeeeeeeeeeee baaaaaaaaaaang?

“Gini yee .. gue pan ngefans tuh sama JOAN TAKAMAL .. makanya gue mau panggilan gue jadi JOAN ajeee biar mirip”

Wakakkakakakakak .. geblekkk ! bukannya si JOAN yang ntu namanya JOAN TANAMAL? Yahhh mo apa yahh .. dia emang cacat bawaan .. susah ngucapin nama dengan baik dan benar.

Yang terakhir .. nah ini … manusia terunik yang pernah gue kenal. Kecil, rambut jigrik, wajah uhmm yahhh gimana yah … yah begitulah … gaya udah kaya rocker sejati. Banyak banget rante nemplok di badannya sampe bungkuk2 gitu karena keberatan rante kaleee. Kalo pas ngaji yang ada jadi bahan ketawaan melulu soale asli kagak pernah bener. Kalo ngasih pertanyaan ke Pak Ustad pasti aneh2. Contohnya :

Pak Ustad : Jadi, udah tau kan apa2 saja yang membatalkan puasa. Muntah adalah salah satunya yang membatalkan puasa. Ada pertanyaan?
Dia : Pak gini pak ye, kalo pas abis buka puasa saya muntah gimana ??
Murid2 : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu (sebagian ngeplak kepalanya)

Kadang2 saking keselnya sama kebolotannya, Pak Ustad yang emang suka humor suka nyuruh dia mijitin kakinya. Daripada dia ngasih2 pertanyaan yang aneh2 terus.

Balik ke soal nama, nah si dia itu namanya Rusdy. Tapi dengan kejinya dia minta namanya dirubah jadi READY.

Rusdy : Eh, sekarang nama gue jadi Ready yak. Jangan pada manggil Rusdy lage.
Gue : Okay … tapi Ready apa donk .. Masa Ready doang?
Rusdy : Ready STOCK …

Gue langsung ngakak sejadi2nya .. tau dong ahhhh apa artinya Ready Stock ? Nggak tau? Tanya sama Ready gih atau tanya toko sebelah .. wahahhahahaha ..

Begitulah …. Kekejian teman2 gue merubah nama2 mereka sendiri menjadi hancur lebur jadi debu. Siyallllnyaaa .. mereka dengan tanpa perasaan mempunyai nama panggilan indah yang belum gue sebutkan di atas buat gue.

Ceritanya begini, suatu pagi di hari minggu ..

Suitan khas terdengar di depan rumah gue. Panggilan lari pagi di hari minggu. Mulai kedengaran suara tawon ngung2an di depan rumah. Geng Khaedarussalan udah siap lari pagi. Gue nongolin kepala di jendela sambil nyengir.
Tiba2 ada yang tereak “ENCUM .. buruan donk!”
Disambut oleh ledakan tawa tidak berperikemanusiaan di pagi buta.
Eh, Encum? Apaan tuh? Gue maksudnya? Gue langsung lari keluar dan ngomel2.
“Sapa tuh yang ngomong barusan? Encum? Apaan tuh?”
Biarpun masih SMP gue udah galak dan judes abis. Anak2 SMA itu mana berani ngelawan kejudesan gue yang ampun2an. Tuh anak2 geblek malah saling pandang.
Akhirnya si Jacky a.k.a Slamet (yang ehm sempet gue taksir dulu sambil meratapi kenapa kok anak manis namanya Slamet) yang berani komentar.
"Gini ya CUM .. kita sepakat nih semua bakalan manggil elo ENCUM. Nama panjangnya ENCUM SUMANTI”
Grrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr .. semua anak2 pada ngakak sejadi2nya.
Anjriittttt … Gue langsung manyun. Oalaaaaaaaaaahh nama apaan ituuuu ? Ancur bangeeeeeeeeeeeeeeet !!!! Tapi mau apa? Mana bisa sudah merubah keadaan. Anak2 geblek itu nggak akan membiarkan gue hidup tenang tanpa kenistaan menempel di diri gue. Sejak saat itulah nama panggilan gue dirubah dengan tidak hormat menjadi ENCUM. Siyaaaaaaaaaaaaaaaaaal banget …. Gue bertanya2 dari mana mereka dapet ide buat nama yang bener2 aneh itu.

Suatu siang …
Gue pulang sekolah lewat SMA 38 Lenteng Agung, sekolah2nya para laki2 geng Khaedarussalan. Sambil ngantuk2 di mobil jemputan, tanpa sengaja gue ngeliat satu warung kecil di depan sekolah itu bertuliskan “Warung Gado-gado Mpok ENCUM”
Sempruuuuuuuuuuuuuuuuuuuulll .. ternyata dari situ tooohhh ide memberikan nama panggilan indah itu ke gueeee … Pas gue konfirmasi ya gitu jawabannya .. soale kadar judes dan cerewet gue sama persis sama si Mpok Encum tukang gado-gado itu sehingga dengan senang hati dan gembira ria mereka memberikan nama kehormatan itu pada gueee …. Dasaaaaaaaaaaaaaaar !!!!

Setelah nulis ini, gue kangen banget sama temen2 gue itu … Semuanya dah nikah dan hidup bahagia sama keluarga masing2 … Gue bahagia banget karena sempet merasakan keindahan hari2 bersama mereka .. Miss You Guys ….. !!!!!
Hiks, kapan yah bisa reuni bareng klian2 semua ….. *sigh*

No comments: