Monday, July 24, 2006

Don't Fox It !

Kontroversi seputar wawancara Jeng Nadine di ajang Miss Universe kayanya masih terus berlangsung aja yah. Gara2 jawaban dalam Bahasa Inggris versi Jeng Nadine yang dinilai ancur lebur jadi debu dan tersebar bak jamur di musim hujan itu membuat banyak pihak merasa perlu memberi komentar.

Komentar yang gue temuin macem2 banget. Dari yang setuju, yang sengit, yang adem ayem sampai yang mengait2kan sama politik juga ada.

“Duuhh malu2in aja sihhhh. Emangnya nggak belajar bahasa inggris apa .. Masa Indonesia di bilang City .. Anak gue yang umur 5 tahun aja udah bisa bilang .. Indonesia is my COUNTRY”

“Yeeee .. tapi kan Nadine grogi. Capek … Lesu .. Lemah .. Letih .. Lelah .. Jet Leg .. Jet Coaster … Jet jet nong .. Jet jet gung … makanya tuh interview ancur2an .. Paling enggak kan dia udah nyoba tooochhhh”

“Nadine kan sekseh. Udah nggak penting lah tuh otak di Miss. Universe. Secara ya bowww yang berdiri di belakang acara miss2an itu Si Kang Donald Trump yang disinyalir adalah penggemar wanitah setingkat lah dengan Oom Romah celebrity kitah ituuuhhh. Nadine kan sekarang jadi salah satu yang diidolakan oleh Kang Donald loochhh .. Kita harus bangga dooong ahhhhh”

“Kalo emang kagak bisa bahasa enggris kenapa juga nggak pake bahasa endonesah ajah. Sekalian toh mengenalken bahasa endonesah yang kita cintai ini di ajang internasional. Trus pake deh interpretation ehhhh … interpreter yak”

“Huhhh benar2 mencoreng muka kita sebagai rakyat indonesah. Masa buka2an begitu di ajang internasional. Itu kan namanya ngumbar aurat tohhhhhh …… Duhh nggak baikkk kaaaaaaaaaan (padahal yang ngomong slalu sibuk cari2 foto baru Nadine di Internet tuhhhh .. halahhhh)"

“Kita mengutuk Nadine dan ingin mengadukannya pada polisi Indonesia Raya soale pan dia duduk2 sambil mesem2 akrab di sebelah Miss. Israel gitu lohhh .. itu menyakiti hatikyuuuu .. hwaaa hwaaa …. (tau dong sapa yang komentarnya kayak giniiii .. aihhh pura2 tak tau yeeee)

“Alahhh elo tuh yeee .. mending bahasa Inggris lo udah bagus … Pake nyela segala … (ini ditujukan untuk gue loohhh)
Ehhmmm Mbak mbak. Saya itu tau bahasa Inggris saya jeblok makanya saya ndak mau mendaptarkan diri ikutan kontes2an itu walaupun saya mengakui saya cukup sekseh hihihi minimal di mata pacar saya …. Itu namanya TAU DIRI yah Mbak . Itu kan gunaanya kita mampu mengukur diri sendiri. Bukan cuma asal nyemplung kali ternyata baru sadar kalo ndak isa brenang .. gituuuu lochhhh …..

Nah tuhhhh .. itu baru dikiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit dari sekian komen2 yang aku baca/dengar. Malah ada yang brantem segala lohhhh. Yang mbela misuhi yang ngata2in blo’on. Yang ngata2in blo’on tambah jadi ngata2innya .. seruuu dehhh …

Lha karepnya gue ini mau cerita apa yahhh …. Kayanya kok isinya ndak sesuai dengan judul.

Oh iya gini loohhh …. Menurut gue pelajaran bahasa Inggris itu bener2 harus ditingkatkan lagi. Malahan mulai baru mrocot udah harus dikenalkan dengan bahasa Internasional satu itu. Kenapa sih mesti memasung kebutuhan itu dengan alih2 “AKU CINTA SEMUA CINTA BUATAN INDONESIAAAAAAAAAAA”. Gue ini salah satunya yang merasakan akibat dari keminiman gue berbahasa Inggris waktu pertama gue gabung dengan kompeni jepang tempat gue mengabdi sekarang ini (iih bahasanya enggak banget iiih)

Setiap ditanya boss Jepang gue mesti mikir dulu. Itu maksud pertanyaannya apa yah. Apalagi kalo gue harus ngomong untuk meng-explain pekerjaan gue. Yang ada pelintat pelintut nggak karu2an. Tapi gue terus berusaha belajar. Dengan cara apapun lah. Yang penting nggak malu2in diri gue sendiri di mata khalayak ramai. Sekarang? Yah gue sih bukan yang jago2 banget. Grammar masih acakadut. Tapi minimal gue ngarti lah kalo boss gue ngomong dan gue juga udah bisa me-reply tanpa harus merasa kasihan gara2 melihat lipatan di dahinya saat dia berusaha mengerti maksud dari pembicaraan gue. Percakapan jadi lancar. Pekerjaan lancar. Gaji lancaaaaaaaaaaaaar. Dan intinya, gue nggak memalukan diri gue sendiri.

Banyak gue temuin orang2 Indonesia Raya bergelar yang kebetulan bekerja sama dengan kompeni gue dengan Bahasa Inggris terbata2 bahkan di seminar2 Internasional yang kebetulan gue hadiri. Benerrrr .. emang bener neng kalo dirimyu bilang “kita kan orang Indonesia bukan orang Inggris” Tapi itu bukan excuse aaaaaaaaaaaaaaaaah. Kita kan harusnya tau kita sedang ada di mana. Dalam situasi apa. Berada di posisi mana. Lha kalo ngomong aja pating plendus,. gimana orang2 asing itu ngerti maunya kita? Jangan2 malah jadi banyak salah kaprah seperti yang terjadi di Negara kita tercinta ini.

Dulu gue pernah diajak meeting sama boss gue. Meeting dengan para dosen dari salah satu universitas besar dan terkenal di Indonesia Raya ini. Para dosen yang hadir rata2 sudah meraih gelar Master dan Doctor di luar negeri. Luar negerinya mana? Ya mbuh .. masak aku tanyain satu2. Meeting di mulai. Pake bahasa Inggris. Bossku yang Jepun polll mulai berkerut2 keningnya. Bisik2 terus …. “Maksudnya opo to jengggg …. Aku ndak mudeng” Gue jawab, “Sama doooooooooooooong oooooooom “
Sampe selesai meeting … gue dan oom boss masih nggak dong .. iki karepe meeting-in apa sehhh .. hehehhee ….

Intinya apa dong? Yaaa belajar Bahasa Inggris yang bener dong ahhhh. Seneng nggak seneng itu penting banget looh. Jangan jadi sombong gituhhhh. Harus bisa melihat perjalanan dunia. Dan satu hal. Jangan mempermalukan diri sendiri. Minimal nek diajak omongan mudeng .. dan nek kita ngomong orang asingnya yo mudeng .. getoohhhhh ….

Jangan seperti cerita si Mas berikut ini …

“Waktu itu Ro .. di meeting room eksekutip yang mewah dan guedeeeenya poll di kompeni amrik-ku yang memproduksi boneka itu ada tulisan di white board. Kebetulan di white board itu ada hasil meeting sebelumnya .. Mau tau nggak tulisannya apa?”

“DON’T FOX IT”

Gue yang masih dungu ini diem dan mikir. Apa ya maksudnya … Setelah sekian menit baru deh gue ngakak .. Yeee jangan keburu ngakak dulu dong ahhhh. Maksudnya ngerti nggak ????? Ngerti? Enggak ??

DON’T FOX IT itu maksudnya yang menulisssss adalah .. “JANGAN DIRUBAH”

Wakakakkakakakak ….. RUBAH = FOX gituuuhhhhhh huehehehehehehhehe ….. Ngawur kok nggak kira2 sihhhhh .... hihihihi

Bagaimana dengan bule2 yang melihat tulisan itu? Ya pusiiiiiiiiiiiiiiingggg. Itu maksudnya yang nulis apa sihhhhhhhhh ??

Jadi urusannya sama lah kira2 dengan “Indonesia is a beautiful CITY” ala Jeng Nadine yang kontroversial ituuuhhhh ….
Cuma masalahnya … si penulis DON’T FOX IT yang tidak terbuka identitasnya sampe sekarang nggak muncul di acara Beauty Pageant dunia yang mewakili nama Indonesia. Jadi yah dia cuek aja walaupun pasti dia malu2 kucing garong di balik kelambu … hihihihi ….

Lha kalo Jeng Nadine seharusnya gimana? Malu atau enggak yahhh ….



1 comment:

Bangpay said...

woh! i dont follow mix that lho yes... everybody allow do something as delicious as their own belly button, but i dont want to sramble-scramble someone else bussiness je...

(woh! aku gak ikut campur lho ya... semua org boleh ngelakuin sesuatu seenak wudel mereka sendiri tapi aku gak mau ngacak-ngacak urusan org lain je...)