Monday, July 03, 2006

Wayang Di Radio

Sebagai orang Jawa sejati, Bapakku adalah penggemar wayang nomer wahid. Kalau sabtu malem tuh TV dipanteng di acara wayang. Jaman dulu kala, sebelom wayang kulit/wayang orang nongol di TV beliau selalu dengerin wayang di radio. Sampe pagi beneran bowwwww. Kalo kata ibu gue jam 4-an pagi itu mesti pas acaranya goro2. Nah ini bagian lucunya .. lawakannya 4 punakawan, Semar - Gareng – Petruk – Bagong.

Bapak dan ibu juga sering bawa gue dan adik2 nonton wayang orang di Taman Mini waktu gue masih kecil2. Seru juga sih. Buat gue wayang orang sih masih oke. Karena gue senang nari dan udah dari umur 5 tahun gue belajar nari Jawa. Jadi ngeliatin orang2 nari di acara wayang orang selalu bikin senang gue. Apalagi pas acara lawakannya 4 punakawan wahhh lucu banget. Yang jadi punakawan itu dulu Basuki, Timbul, Suroto sama satu lagi gue lupa.

Dulu gue sukaaa banget sama tokoh Gatotkaca. Kesannya gagah perkasa dan pahlawan banget. Setiap dia muncul gue pasti girang banget sambil melotot serius. Wahhh pokoknya gue nge fans abis2an deh sama Gatotkaca

Sampai suatu hari ….. gue diajak ke back stage sama bapak. Dan gue lihat pemeran Gatotkaca yang udah ngelepas atribut kepalanya walaupun kostumnya masih dipake itu ternyata jelek .. hiks .. botak, perutnya gendut dan nggak kumisan .. hwaaaaaaaaaaaaaaa gue yang waktu itu emang masih kecil dan nggak jelas mana yang beneran mana yang cuma peran di panggung langsung nggak ngefans lagi sama Gatotkaca hueheheh .. dudulz banget yah

Cumaaa satu hal, gue rada2 sebel kalo udah denger acara wayang kulit di radio. Itu bener2 mengganggu gue. Mana bapak kalo nyetel tuh kuenceng banget. Dengerin klenengan (musik gamelannya) bikin gue ngantuk dan sebel banget. Sumpeeeee. Sampe ter-enek2 gue dengernya. Kadang gue protes sambil ngomel2 juga sama bapak. Tapi bapak gue yang cool itu cuek aja sambil mandang gue dengan tatapan “emang sapa lohhhh”

Suatu malammm …. (hehehe kaya pilem horor)
Waktu itu gue masih kelas 3 SMA dan orang tua gue memberi aturan jam malam buat gue yaitu jam 9. Jam 9 malem sodara2. Gile bener yah. Kalo kata temen gue,
“Jam 9 malem? Yang bener ajeee … Bencong aja belom keluaaaaaaaaaaaaaaaar”
Bandingin sama anak2 sekolah hari gini yang jam 3 pagi masih berkeliaran di Mc.D Thamrin. Pheeeeeeeeewwwww

Ceritanya, temen baik gue ulang tahun dan mau ngerayain di rumahnya di Pejompongan. Dia minta2 banget gue dateng nemenin dia biar dia pede waktu acara karena dia juga ngundang gebetannya yang kebetulan gue kenal baek gituh.

Dengan rayuan surgawi akhirnya gue bisa bikin bapak dan ibu ngijinin gue dateng ke acara itu. Sebelumnya, gue hampir nggak pernah pergi2 ke acara malem. Soalnya tau sendiri dong bowww, rumah gue di Depok yang waktu itu duuhhh jauhnya udah kaya tempat jin buang anak. Tetepppp, jam 9 harus udah sampe rumah.

Gue dianter Pak Man., supir keluarga sambil ngitung2.

Gue : “Pak Man, jadi kita harus pulang dari sana jam brapa?”
Pak Man : “Diijininnya cuma sampe jam 9 tho mbak. Tadi bapak bilang jam 9 udah harus sampe rumah”
Gue : "Huhhh iya tuh Pak. Jadi kita harus pulang dari sana jam brapa?"

Pak Man : "Jam ½ 8 mbak takut macet nanti"

Okeh deh … gue sampe di rumah temen gue yang ulang tahun itu kira2 jam ½ 7. Di undangan, acara mulai jam 7. Setengah jam lumayan lah .. yang penting dateng kalo bisa makan deh. Sipppp …

Tapi apalah daya … Ternyata acaranya molor lor. Bahkan sampe jam ½ 8 belom juga dimulai. Gue udah panas dingin. Pak Man udah bulak balik ngingetin gue. Duhh gimana nih. Temen gue nggak bolehin gue pulang. Akhirnya jam 8 acara baru mulai. Gue udah mau nangis. Takut beneran bow. Bisa abis deh gue dimarahin bapak ibu gue. Akhirnya jam 9 gue melarikan diri dari acara. Gue nggak perduli temen gue ngomel2. Pokoknya gue harus pulang. Duh udah berasa jadi Cinderella aja gue. Lari buru2 ke mobil. Untung gue pake sepatu keds bukan sepatu kaca jadi nggak ketinggalan .. hehehehe

Pak Man juga udah pucet gitu di mobil. Dia kan udah dipesenin bapak buat pulang on time. Begitu gue nutup pintu mobil langsung breeeeeeeeenggg …. ngebuuttttt … Tapi tetep aja kan Depok tuh jauh yaaa .. Apalagi jaman dulu jalannya masih belok2 .. Masih banyak kebon karet … Masih harus ngeliwatin 7 kali rel kereta baru deh sampe ke peradaban manusia … Dan akhirnya gue sampe rumah jam ½ 11 sodara2 …. Gue berdua Pak Man lemessss …

Begitu mobil masuk garasi gue lihat Bapak udah berdiri di sana dengan tatapan sedingin kulkas 2 pintu yang disetel polllllll. Gue masuk rumah sambil nunduk… Bapak ngikutin gue dengan ekor matanya . Bapak gue tuh mukanya datar dingin gituhh. Temen2 gue aja takut banget kalo ada bapak gue. Padahal dia tuh hatinya baek loh. Sampe gue segede bangkotan ini, belom pernah gue kena tangan beliauw. Belom pernah dia marah2 secara nyata gitu sampe tereak2 atau bentak2. Sumprit dah. Kalo gue bandel dulu, cuma diliatin sama beliauw aja gue udah berasa beku dan terkapok2. Gue berjalan sambil deg2an masuk ke kamar. Ibu gue nyusul.

Ibu : "Kok sampe jam segini sih? Bapak marah tuh"

Gue denger bapak ngomong sama Pak Man tapi nggak jelas ngomong apa. Pak Man akhirnya pamit pulang. Gue ceritain sama ibu kejadiannya kok sampe gue telat pulang.

Nggak lama gue dipanggil bapak. Gue keluar. Bapak lagi tiduran di kursi malesnya di ruang tengah. Gue disuruh ambil kursi dan diminta duduk di sebelahnya. Trus bapak nyalain radio dan berkumandanglah klenengan jawa yang gue sebel mati2an.

Gue menanti, mau diomongin apa nih. Pasti dimarahin. Ehhh ternyata enggak. Bapak cuek aja dengerin klenengan sambil matanya merem. Nggak lama mulai deh wayangnya. Hampir satu setengah jam gue yang sebel banget sama wayang kulit di radio harus dengerin pak dalang ngoceh. Mana gue nggak ngerti lagi artinya.

Kekesalan gue memuncak setelah hampir 2 jam gue masih dicuekin aja. Gue capek. Ngantuk. Ditambah rasa bersalah bikin air mata gue mulai ngocor. Gue nagis. Gue kesel banget. Gue mendingan dimarahin, dicaci maki daripada dihukum kaya gini. Disuruh dengerin wayang kulit bowwwwwwwwwwwwwww !!!!

Denger isakan gue yang sangat memilukan, bapak gue akhirnya melek. Radio dikecilin.

Bapak : "Kenapa nangis?"

Udah deh gue ngaku salah. Daripada gue pingsan kalo ditambah sejam lagi dengerin tuh wayang.

Gue : "Saya salah pak. Tapi gimana lagi? Saya nggak mungkin pulang cepet . Soalnya acaranya baru mulai blab la bla …"


Gue ceritain kejadiannya dengan semangat 45.

Bapak : "Oke kalau situasinya seperti itu. Tapi janji adalah janji. Kamu harus bisa pegang janji kamu sendiri kalau kamu mau orang menghormati kamu. Apapun dan bagaimanapun situasinya kamu harus bisa membuat kamu menepati janjimu"

Gue merasa tertembak. Pesen bapak ini selalu gue pegang sampe sekarang. Walaupun waktu itu gue dengerinnya sambil nangis Bombay tapi sampe sekarang masih nyantol aja tuh.

Gue: "Iya pak saya salah. Saya minta maaf"

Bapak ngangguk2.

Bapak : "Ya sudah sana ganti baju, cuci kaki trus tidur. Jangan diulangi lagi"
Gue : "Iya pak"


Trus gue salamin bapak. Cium pipi kanan kiri dan jalan ke kamar masih sambil mewek.
Ibu gue yang papasan sama gue cuma nyengir aja.

Sebelom tidur gue mikir. Lucu juga sih kejadiannya. Bapak menghukum gue dengan cara nyuruh gue dengerin acara yang paling gue nggak suka sampe gue nangis Bombay. Hihihi aneh banget.

Tapi asliiii abis itu gue kapok. Kalo ada undangan2 ulang tahun gue milih kasih kadonya aja sebelomnya dan bilang nggak bisa dateng. Daripada gue harus dengerin wayang di radio lagi sampe hampir 2 jam. Dohhhh itu lebih menderita daripada disabet pake kemoceng lohhhhh … hehehe ..

Udah ah ….


Keterangan photo :
Hehhh itu bukan foto wayang, tapi akyu dan bapakkyuuuuu .. mirip yahhhhh ….


No comments: