Thursday, June 08, 2006

Lampunya Belom Ijo Dudulz !!!

Hidup di Jakarta yang isinya macem2 karakter manusia emang rada berat. Kadang2 jadi capek sendiri kalo lihat manusia2 ndablek yang menyebalkan yang sukanya melanggar aturan. Semprulnya kadang2 mereka bangga tuh udah melanggar peraturan.

Contohnya pernah gue denger temen bilang gini "Wah gue sukses tadi nrobos lampu merah .. Polisinya sih melotot ke gue tapi gue cuek aja .. "
Whatttt ??? Geblekkk !! Tululll !!!! Nistahhh !!!! Hal kaya gitu kok dibanggain sih ... Bego banget !!!!!

Setiap pagi gue naik Trans Jakarta ... atau lebih dikenal dengan sebutan Busway .. disini gue rada nggak ngerti .. Busway itu bukannya artinya "Jalur bus" tersebut yang mana busnya sendiri dinamakan Trans Jakarta atawa Tijey ... Tapi berhubung orang2 bilangnya Busway yah udah lah dengan berat hati gue ikutan bego bareng2 orang banyak ...

Gue selalu turun di halte Sarinah atau BI untuk kemudian jalan menuju kantor gue. Kantor gue ada di tengah2 antara 2 halte itu jadi turun dimana aja ya sama aja .. jalan juga judulnya ...

Okay, ceritanya soal menyeberang. Gue ini orang yang cukup tahu diri .. cukup tertib .. cukup sopan santun dalam hal menyeberang. Jadi kalo lampu tanda aman menyeberang belom ijo ya gue belom menyeberang biarpun jalanan kosong mlompong.

Nah pada suatu pagi sambil nunggu lampu tanda menyeberang berganti ijo, berdiri disebelah gue mbak2 cantik dengan gaya eksekutif mudi .. (kalo muda kan laki2 yak) .. Dagu mendongak ke atas. Wanginya makkkk .. ehmm ini pasti parfum bermerek ... Tasnya berendong2 ... di bahu kiri tersampir tas laptop. Di kanan tersampir tasnya yang ehmm bermerek bow. Trus masih ngejinjing tas lagi tau tuh isinya apa. Bubur ayam kali.... hehehe .. Kelihatannya sih dia pinter dan terpelajar. Trus dia ngelihat ke arah gue dengan tatapan siapa-sih-lo-pasti-cuma-karyawan-biasa-deh-ah. Gue cuma tersenyum2 dan ngakak dalem hati.

"Allahhh Mbak'e, paling gaji lo cuman 2 juta lahhhh, palingan tuh laptop punya boss yang dipinjemin buat bikin surat lahhh" tuduh gue keji .. dalam hati tentunya ... hihihiih . Saat jalan terlihat mulai sepi dia dengan gaya "inilah dia si jali-jali" melenggang tanpa perduli tanda menyeberang masih merah. Tuh kan apa gue bilang ... cuma menang di wangi aja tuh perempuan ... Kelihatannya aja pinter tapi soal manner? Walahhhhhhhh ...

Dan kemudian beberapa orang menyusul si pemudi eksekutif itu, melangkah melewati gue sambil melirik gue dan kemudian menyeberang dengan santai. Bahkan seorang ibu2 berkerudung sempet2nya menatap gue yang masih berdiri menunggu dengan wajah heran .. Mungkin dalam hatinya dia berkata "kok ini orang nggak nyebrang2 sih padahal kan jalanannya kosyonggg .. orang yang anehhhh"
Dan lewat lagi seorang bapak-bapak yang sebelom nyeberang sempet komentar "Nggak nyebrang mbak? Udah kosong tuh !"

Lho lho lho !!! Wait, wait, wait ..... gue yang taat peraturan kok malah jadi kaya orang aneh sih di cerita ini. Emangnya semua orang mesti jadi bego kaya eksekutif mudi yang wangi itu? Gue asli sebel banget terutama kala mengingat tatapan si ibu berkerudung itu. Pengen gue lari ke arah tuh ibu, narik kerudungnya dan bilang .. "Ibunda ... tuh lampu tanda menyeberangnya belom ijo yaaaaa .... Makanya gue berdiri sampe tuh lampu ijooooo getoohhhhh. Gue nggak mau jadi bego kaya elo2 pade makanya jangan ngeliatin gue kaya yang paling bener yaahhhh ...."

Tapi apalah daya. Di Jakarta ini, rasanya berbuat baik dan benar malah jadi aneh kok. Contoh lain yaaa ... gue ngasih tempat duduk gue ke ibu2 tua di TIJEY eh Busway deng .. lha kok malah dilihatin orang-orang se bus dengan pandangan aneh. Malah ada seorang ibu (kok ya yang lagi2 berkerudung, malah mencibir .. ealaahhh buneee) Mungkin dalem hati mereka ngomong "Huh, sok baek banget sih luhh"

Arghhhhhhh .. tapi jangan kuatir sodara2, pandangan aneh dan bego dari orang2 itu nggak bakalan bikin gue berhenti berbuat baik dan tidak akan membuat gue berhenti mentaati peraturan ... TIDAK AKAN !!! MERDEKAA !! Horeee !! Suit suittt .. Prok Prok Prok .... !!!!! *confetti*

Dalam hati sih gue bertanya2 .. tuh ibu2 pasti punya anak yah .. dan mbak2 wangi itu juga mungkin punya atau kalo sekarang belom laku mungkin ntar kalo dah laku bakalan punya anak .. Lha trus kalo mental mereka kaya gitu .. kira2 anak2 mereka kaya apa yah mentalnya kelak? Gimana mereka mo ngajarin anaknya berbuat benar kalo mereka sendiri senang melanggar peraturan? Wis lah ndak urus ...

Ehhhh, gue mo nyebrang sekarang yaaa .. Lampunya dah ijo tuhhh!!! Dan Pak Pulisi yang berdiri dekat lampu tersenyum sambil bilang "Selamat Pagi Mbak" ... Indahnya .. Ini kali balesannya karena gue sudah mentaati peraturan dan bikin Pak Pulisi senang .... "Selamat Pagi Juga Pak" .. Jawab gue dengan senyum lebar ......

1 comment:

Anonymous said...

ah indahnya sebuah ketulusan ...........