Monday, June 19, 2006

Ibu dan Gue

Sekarang memang bukan Hari Ibu Indonesia or Mother’s Day .. Tapi gue tiba2 inget ibu gue.

Ibu gue adalah fighter sejati. Perjuangannya untuk kehidupannya sendiri sewaktu beliau kecil di jaman perang dilanjutkan dengan perjuangannya menjadi seorang Istri dari seorang wartawan pemula dan ibu dari 3 anak perempuan yang cantik2 (biasalah hiperbola dong) bener2 musti diacungin 4 jempol (2 jempol tangan dan 2 jempol kaki .. gitu aja nggak bisa ngitung!)

Bapaknya ibu gue (eyang kakung) yang adalah seorang Kyai dari Ngawi (makkk gue cucunya Kyai ck ck ck pantesan gue alim banget yaaa … ) meninggal waktu ibu gue masih umur 2 tahun. Ibunya menikah lagi dengan seorang (yang ngakunya) duda ternyata di belakang hari terbukti dia masih punya istri dengan anak bererot. Ck ck ck jaman perang gitu ada juga model “Lelakiiiiiii buaya darat .. buset aku tertipu lagiiiiiii uwo uwooooooooooo ….” (by Ratu) ..

Masa kecil ibu gue di jaman perang tentu saja bukan masa yang indah. Ngungsi dari kota ke kota. Ikut tinggal dengan orang lain karena orang tua keduanya tidak ada bersama dengannya. Tinggal dengan bude, bulek, tante, simbah dll dsb dst. Sampai akhirnya beliau diadopsi oleh adik bapaknya yang paling kecil. Walaupun kehidupannya lebih baik. Sudah tidak dilempar sana sini tapi menurut cerita beliau hidupnya dah kaya Cinderella aja. Dah tau dong ya kisah sedihnya Ms. Cinderella?

Phewwww .. kalo mengingat itu semua rasanya gue pingin ngemplang diri sendiri kalo banyak ngeluhnya dan protesnya. Kalo dibandingkan dengan masa kecil ibu gue ceileee gue hidup sudah sangat beruntung sekali. Bukan begitu? Kalian juga kan? Makanya Stop Ngeluhhh !!!!

Beliau akhirnya ketemu bokap gue yang katanya sih cowok terjelek dan termiskin yang naksir dia. Hihihi maap ya bapakkyuuuu. Tapi kok herannya ya jadi yah. Emang dah jodoh kayanya. Soalnya sampe sekarang berarti mereka sudah menikah selama 40 tahun (10 December 1966 – 10 December 2006) ck ck ck …. Gue? Boro2 .. yang pertama cuma 11 bulan yang kedua cuma 2 tahun. Emang gue mental celebrities banget kok … hihihihi

Ibu gue emang hebat .. Nggak matre. Nggak liat tampang. Nggak kaya anaknya huh!! *jitakin kepala sendiri* heheheh bo’ong denggg !!! Gue mirip kok sama ibu gue. Sueeeeeeeeeer !!!

Hidup susah dimulai lagi. Perjuangan hidup masa perkawinan. Dari tinggal di rumah mewah di kawasan Manggarai walaupun jadi Cinderella akhirnya tinggal di kampung pinggir kali Sunter yang hitam legam dan kalo musim ujan banjir.

Hamil pertama yang menyedihkan. Hamil gue dan itu sampe 11 ½ bulan. Yang akhirnya keluar dengan operasi dan sempet membahayakan jiwanya. Operasi jaman tahun 68 kebayang nggak kaya apa? *hiks* Susah payah bawa perut. Harus nimba bowww kalo mo dapet air. Kerja jadi guru yang dilakoni selama 36 tahun sampe beliau pensiun awal tahun 2000. Bokap yang wartawan pemula harus berjuang juga demi karirnya. Sering ke luar kota, ke luar negeri dan meninggalkan ibu hanya bersama anak2 manisnya yang lahir 2 tahun sekali dan perempuan mulu. Setelah anak ke 3 nyerah deh. Nggak hamil2 lagi. 3 Anak cukup biarpun nggak dapet laki2.

Illustrasinya gini. Gue udah umur 4 tahun dan sekolah di sekolahan tempat ibu ngajar. Adik gue umur 2 tahun di bawa juga. Satunya bayi, adik gue yang paling kecil.

Gue sekolah
Ibu ngajar
Adik gue yang umur 2 tahun dan bayi dijagain ibu penjaga kantin di ruangan kecil deket kantin sekolah gue di SD Besuki Menteng.

*Sedih banget yahhh … tarik nafas*

Gue lihat perjuangan mereka saat gue kecil. Banyak keluarga dari Kampung yang ikut tinggal bareng baik dari pihak ibu atau bapak. Ibu dan Bapak harus menghidupi dan nyekolahin mereka dengan gaji mereka yang pas2an. 9 orang bow. Yah 9 orang yang ikut bapak ibu gue. Ditambah anak 3 orang dan mereka sendiri. Tapi mereka tanpa ngeluh tetep berjuang agar semuanya bisa terpenuhi. Kebayang banting tulangnya mereka. Kepala jadi kaki, kaki jadi kepala. Alhamdulillah mereka2 itu sekarang dah mapan dan lumayan berhasil dalam kehidupan mereka. Ibu dan bapak gue cukup senang walaupun ada beberapa mungkin udah lupa.

Hubungan gue sama ibu ya gitu deh. On and off. Kaya anjing dan kucing. Tapi saling nggak bisa lepas satu sama lain. Mungkin karena gue yang paling lama berada di kandungan beliau ya. Setiap omongan kecil pasti jadi berantem. Tapi 5 menit kemudian baikan lagi. Sifat gue yang pemaaf dan gampang lupa sama jelek2nya orang memang gue dapet dari Ibu. Jarang punya pikiran buruk sama orang. Jiwa sosial gue juga gue dapet dari Ibu. Makanya kalo gue ketipu orang gara2 baik sama orang gue suka salahin ibu juga “Ibu siiiiiiiiiiiiiiiih nurunin sifat terlalu baik ini padakyuuuu jadilah aku tertipuuuuu lageeee… “ hihihihi … alesaaaaaaaaaaan !!

Sekarang ibu gue dah berumur 64 tahun. Masih lincah. Masih ngelatih senam jantung sehat sama bapak. Jadi ketua PKK. Aktif di Lansia. Rapaaaaaaaaaat melulu kerjanya. Sisanya ngurusin cucu yang 2 orang tapi ampun nakal2nya. Dulu ibu gue gampang ngamuk kalo anak2nya bandel atau nggak pada tempatnya. Eh sekarang cucunya boro2 dimarahin. Huhhhh gue sampe suka protes.

“Dulu aja kalo saya main nggak mau beresin mainannya lagi pasti dipelototin trus dicubit. Tuh si Ara sekarang nggak diapa2in huh”

Ibu cuma senyum2 aja.

Banyaknya waktu yang habis sama cucunya kadang bikin gue senewen juga. Itu yang bikin gue suka berantem sama Ara keponakan gue yang umurnya 4 tahun .. whattt ? iyaa bener !!

Di depan TV sore2. Si Ara ngelendotin ibu sambil ngedot nonton acara kartun.
Gue dateng sambil ngelendotin ibu juga. Si Ara marah sambil tangannya nepis2 gue nyuruh pergi. Gue ngomel dong ….

“Araa apaan sih. Biar aja ini kan ibuku”
“Enggak ini eyangku. Ya yang ya?”
Nyokap ngangguk2 bingung.
“Ini ibuku. Sana kamu sama ibumu aja tuh”
Gue nunjuk adek gue yang lagi cekikikan ngeliatin gue berantem sama anaknya.
“Enggak mau ya Yang. Ini eyangku kan”
Ara udah mulai jutek tampangnya. Dotnya dilempar sambil siap2 nangis. Nyokap langsung meluk dia.
“Stthh iya iya jangan nangis. Ini Eyangnya Ara”
“Kamu ini udah tua kok ya nggak mau ngalah toh sama anak kecil”
Ibu ngejitak kepala gue. Gue manyun. Sambil ngomel gue berdiri.
“Huh pulang ke depok. Ehhh disini cuma dicuekin. Balik aja deh ke kos”
Dan gue sempet2in jitak si Ara sebelum jalan. Pelan aja sih tapi dah bisa bikin dia nangis kejer kaya dikulitin kepalanya.
Ibu langsung berdiri dan ngejer2 gue diikutin Ara yang masih berleleran air mata.
Wakakakakkakaka … semua langsung ngakak.

Itu kalo gue lagi akur sama Ibu. Kalo dua2nya lagi keluar sungutnya, omongan santai aja bisa bikin berantem.

Duduk bertiga di meja makan sama bapak juga. Ngobrol2 … bla bla bla bla .. lho kok makin panas …..

Ibu : ya udah pokoknya aku ya begitu.
Gue : nggak bisa dong bu .. ya begini ..

Ibu : begitu tu tu tu ..
Gue: begini ni ni ni
Ibu: begitu
Gue: begini

Bapak : Stopppp .. omongan enak2 kok jadi berantem sih heran aku!!!!!
Gue dan ibu cembetut. Bokap juga manyun kesel liat kita berantem nggak juntrung.
Lima menit suasana hening. Gue nggak tahan juga.

Gue : Ibu capek nggak *suara masih rendah tanda bete. Senyum belum tampak*
Ibu : Enggak. Kenapa? *sama aja*
Gue : Saya mau ke mall. Anterin mau nggak? *suara udah rada nyaring*
Ibu : Yuk. Aku ganti baju dulu yah *udah riang gembira*

Bapak bengong.

Gue: mau ikut nggak pak?
Bapak: yo wis ikut. Ganti baju dulu ..


Bapak akhirnya ikut. Dia takut kali ya istri dan anaknya yang tercintah berantem lagi di jalanan. Trus kita makan soto kudus bertiga sambil ketawa2. Soal berantem yang tadi? Yah udah lupa. Nggak inget lagi.

Ahhhhhhhh kangen Ibu .. kangen bapak juga. *sigh*
Love you Ibu. Love You Bapak.

2 comments:

Anonymous said...

Memiliki ibu yg baik adalah karunia terindah di dunia... -ajus-

Anonymous said...

41 5
421 0
394 3
135 8
349 2
420 4
665 4
321 3