Tuesday, August 08, 2006

Tukang Kawin

Maappppp sodara2 kalo judulnya berkesan kasar dan tidak senonoh. Dan tulisan ini bukan tulisan mengenai kisah hidup selebriti lo yaaa. Ini bukan blog inpotainmen yang diharamkan sama NU itu. Dan ini juga bukan ngomongin gaya hidup Rhomah Iramah apalagi Boss Ayam goreng terkenal sak Indonesah Raya itu … bukaaaaaaaaaaan … ini cuma cerita persahabatan gue ajah sama samwan yang kok ujug2 kurindukan saat ini .. ihik .. ahik …

Gara2 keseringan nonton pilem yang ceritanya soal persahabatan antara 2 gender yang berbeda, gue jadilah berusaha keras untuk punya sahabat cowok. Pencarian sahabat itu sudah gue mulai dari SD. Waktu SD sih cukup sukses lah menjaring teman cowok. Gue ini emang rada tomboy dan tambeng waktu SD. Jadi yah temen2 cowok berasa maen sama cowok juga kalo pas sama gue .. hehehhee ….

Tapi semakin gue tumbuh dewasa, kamsudnya semakin bertambahnya usia gue yang membuat gue tumbuh menjadi gadis manis nan imut dan manja .. *huahahhahaa ini bo’ong bangetttt denngggg* … Yah gitulah, selepas SD gue jadi susah dapet temen baek cowok. Lagi enak2 deket sahabat2an .. curhat2an .. berbagi hari2 .. ehhhh tau2 dia datang dengan wajah sendu merayu pake bawa surat segala yang isinya “maukah kau jadi pacarku?” Weeeeeeeeeeekkk .. ogaaaaaaaaaaaaahhhh !!!!!!

Maksudnya gini lohhh … jeritan kalbuku itu seperti ini lohhh …. kenapa sihhhhh kok cowok2 yang emang rencananya cuma mau gue jadiin sahabat akhirnya malah berbalik ingin lebih dari sekedar sahabat alias menjadi pacarkyu? Kenapa sihhhh nggak bisa sahabatan aja sampai maut memisahkan kita kaya di pilem2 ituhhhh .. kenapa sihhh?? Itulah curhatankyu ..hihihi aneh …

Lha hubungannya cerita soal sohabat2an sama judul di atas itu apa sih? Oh iya lupa … terlalu serius curhatnya soale … maapkennn yahhh …

Gini … akhirnya setelah pencarian panjang nan melelahkan dari seorang anak manis yang pingiiin banget punya sahabat murni yang berjenis kelamin cowok .. .. ehhh akhirnya ketemu juga deh. Awal ketemunya sama si cowok itu di Metro Mini. Wakkakakak nggak heran deh kalo gue bener2 menggemari metro mini soale banyak kejadian bermula dari situ sihhh yahhh …

Tuh cowok ternyata udah sering lihat gue di metro mini 604 jaman2nya gue SMA dulu. Cuma menurut dia gue terlalu jutek saat itu. Jadi selama setahun dia cuma ngeliatin gue aja di Metro mini. Ck ck ck betah banget sih yahhh ….

Nah setelah gue lulus SMA dan mau daptar kuliah di salah satu perguruan tinggi yang agak kurang penting karena gue nggak lulus Sipenmaru gue ketemu sama dia di Pasar Minggu. Dia deketin gue. Dan gue manyun. Cembetut. Gue tuh dari dulu paling males kalo dideketin cowok di jalanan, ihh emangnye kite cewek apaan yeeee. Dia ngeper. Gue bergeser menjauh. Ihhh makin kaya sinetron script yah nih tulisan ..

Gue akhirnya lompat ke Metro Mini 604 yang lewat. Eh dia ikutan dan duduk di sebelah gue. Gue melotot ke dia. Eh dia malah tersenyum simpul. Lho kok manis yahhh .. hehehe gue jadi luluh.

Si Manis (bukan jembatan ancol) : “Kamu Woro kan?”
Gue yang Manis juga : “Iya. Kok elo tau sih nama gue” *ketus seperti biasa*
Si Manis : “Tau lah. aku sering denger temen2 kamu manggil gitu”
Gue : “Emang elo suka merhatiin gue yah” *GR*
Si Manis : “Iya. Aku seneng gaya kamu yang cuek trus judes”
Gue : “Uhmmm gitu yah. Tapi gue nggak pernah lihat elo tuh”
Si Manis : “Iya aku tahu. Apalah artinya aku buat kamu” *aiih sinetron sekaleeee*

Itulah awal dari persahabatan yang akhirnya terjalin antara gue dan si Manis. Kemanaaaaaaaaaaaaaaaaa aja gue mau pergi tuh anak pasti nganterin gue. Gue mau makan cendol ke mana aja dia mau nemenin. Gue mau maen2 di sawah sambil mungutin padi di sawah deket Stasiun Depok Baru juga dijabanin sama dia. Biarpun dia harus lari2 ngikutin gue yang jalannya seenak udel gue. Eh dulu itu di deket Stasiun Depok Baru sawah semua lohhh. Sekarang aja Depok udah sumpek kebanyakan mall. Huhhh .. mana macet lagi kalo ke sana …..

Oh iya, gue sama si Manis kalo pergi pasti naek sepeda boncengan hihihi biar dibilang kaya Galih dan Ratna tuhhhh (masih pada inget kan pilemnya? Itu lohhh yang bintangnya Rano Karno sama Yessy Gusman .. inget kan?) Trus sambil naek sepeda sambil nyanyi2. Nggak harus sih cowok yang boncengin cewek … kalo gue lagi kesel gara2 dia nggenjotnya lambat gue pasti ambil alih dan ngebutttttt ! Jadi lah Si Manis jerit2an di boncengan karena gue kebut2an sama tukang becak .. ehhh kok kayanya kebalik yakkkk. Dan sampe rumah dia pasti ngadu sama ibu gue yang udah tobat juga sama kelakuan biadab gue saat itu hehehhee ….

Si Manis emang bener2 manusia tersabar se dunia persilatan. Gue ini orangnya sangat moody. Kalo udah begitu gue bisa jadi orang yang paling menyebalkan sejagat raya dan orang rasanya pingin memutiliasi gue aja. Tapi Si Manis dengan tabah dan sabarnya rela gue jadiin keranjang sampah tempat sumpah serapah gue. Dia itu orangnya serba kebalikan dari gue. Dia itu halus tutur bahasanya. Dibandingin sama gue yang kalo ngomong kaya ngajak berantem jauhhh banget. Dia tuh rapih jali orangnya. Sementara gaya gue dulu bener2 cuek ancur dan koboy abesss. Gue tuh adem kalo di deket dia. Dan dia lebih jago main gitar dari gue. Dia seneng main gitar buat gue sambil nyanyi lagunya Harvey Malaiholo taun jebot yang liriknya gini nih ..

“Halimun dingin .. menggeluti bingkai pagi .. namun tiada menggugahku untuk berpaling darimu … Keresahan di hatiku yang takut kehilanganmu .. makin membunuh watak dan sikapku .. bla bla bla (lupa soale udah lama)“

(Ada yang tau lagu ini nggak sihhhh …. Ada yang punya lagunya nggak sih? Kaset gue yang ini udah kebawa banjir kayanya waktu rumah gue di Depok kebanjiran hiks …. )

Gue ini pada kenyataannya sepertinya lebih perkasa dari dia. Kalo jalan di keramaian udah pasti gue yang menggandeng dia atau tepatnya menggeret dia soalnya dia kalo jalan pelan2 dan dinikmatin gitu. Kalo di tempat sepi sih mendingan. Nah kalo ditempat rame yang ada dia kebanyakan diomelin orang.

Trus kalo ada orang yang bikin kesel kita, dia lebih banyak diem sambil gantian nggeret gue yang udah pasang kuda2 mao berantem ajah. Gue emang dulu nggak ada takutnya sama orang. Istilahnya .. “LO JUAL GUE BELI ! argghhhhhh” gituuuu … ihhh akyu jagoan yahhhhh …

Persahabatan terus berjalan. Gue sama dia udah kaya permen karet sama telapak sepatu .. nempellll bowwww. Kalo dia pas libur kuliah kadang2 dia jemput gue di kampus. Kalo gue yang libur gue nggak mao ke kampus dia. Heheheheh emang gue jahat dan egois banget. Yang ada malah dia yang ke rumah gue pulang kuliah sambil bawain gue es mambo rasa nangka. Gue seneng banget … Serasa dream comes true gituhhh punya sahabat cowok yang sangattttt baik hati dan rasanya kaya di pilem.

Ehhh tunggu … nah ini bagian yang paling berhubungan dengan judul di atas. Biarpun Si Manis sudah gue nobatkan sebagai orang tersabar se dunia persilatan tetep aja kadang2 kita berantem. Berantemnya bukan pukul2an bukannnnn .. apalagi bacok2an .. emangnya kita jawara!!! Tapi berantem omongan. Ngeyel2an. Seruuuuu … Dia itu kalo lagi ngamuk bisa juga ngomel2 sampe gue capek dengernya ….

Gue : “Elo tuh ya selalu aja ngomel2 kalo gue begini begitu .. emangnya kenapa sih? Emak gue bukan .. Bapak gue bukan eh nglarang2 segala !!!!!!”
Si Manis : “Aku kan cuma ngingetin kamu. Kalo gaya kamu udah kaya jagoan gitu trus kamu dipukul beneran sama tuh orang trus gimana!!!!!!?”
Gue : “Iya tapi kan gue tau tuh orang nggak bakalan berani nyamperin gue!!!!”
Si Manis : “Kamu tuh cewek tapi kelakuan kamu tuh bener2 ancur!!!!!”
Gue : “Ehhh elo tuh yaaa .. bodo amat gue mau ancur kek .. enggak kek .. gue bukan cewek lo kok .. resek banget sih lo !!!!!”

Si Manis diem .. kayanya dia terluka .. ehhh dengan nama Si Manis kok gue kaya jadi nyeritain kucing yah .. hehehhee …

Gue : “Udahlah elo tuh bawel banget sih …” *masih ngotot tapi udah mereda*
Si Manis : “Aku kan cuma ngingetin aja … Kamu tuh cewek ..” *suaranya merendah*

Gue diem

Si Manis : “Dasar Cewek Bengal!!!!”
Gue : “Dasar Cowok Bawel!!!!!”
Si Manis : Dasar Jawa!!!”
Gue : “Dasar Sunda!!!!!”
Si Manis : “DASAR JAWA, NGEYELAN!!!!”
Gue : “DASAR SUNDA, TUKANG KAWIN!!!!!”

Whaaaaaaaaaaaaaat?? Nah ituuuuuu inti dari cerita ini. Maap yaaaaa, ini bukan bermaksud rasis lho yaahhh. Ini cuma cerita gebleknya gue sama sahabat gue saat itu. Si Manis memang asli Sunda sementara gue ini anak orang Jawa Cekek. Kalo lagi debat2 biasanya keluar deh cercaan model gitu “Dasar Sunda !” “Dasar Jawa !”
Lalu, kenapa gue kok bisa2nya bilang Sunda Tukang Kawin? Gini ceritanya, ada bapak2 yang tinggal deket rumah si Manis. Beliau itu orang Sunda dan punya istri bererot trus anaknya juga berbaris. Makanya gue suka ngeledek si Manis “Sunda tuh tukang kawiiiiiiiiiiiiiin tauuuuuuuuuuuuuuu”
Maaappppin gue sama si Manis yahhh teman2. Namanya juga waktu itu kan kita masih anak2 gituuhhh. Maap ya buat yang orang Sunda. Eittss tapi tunggu dulu apa kata si Manis. Dia kan belum menyerah …

Si Manis : “Ehhhh kamu kan tau tuh di buku-buku sejarah kalo Raja2 di Jawa itu biarpun Ratunya satu tapi selirnya banyaaaaaaaaaaaaak banget. Jadi siapa yang tukang kawin?”
Gue tetep ngeyel : “Ahhh sejarah sih bodo amat. Gue kan nggak kenal sama tuh Raja. Tapi Bapak X kan udah jelas2 orang sunda dan istrinya banyaaaaaaaaaak ..”

Yah begitulah kalo lagi perang pasti eyel2an nggak karu2an soal Jawa, Sunda dan siapa yang Tukang Kawin …. Hihihihi ….

Persahabatan indah gue sama si Manis akhirnya harus berakhir tragis. Dia nggak bisa lama2 memendam perasaan cintanya padakyu. Hiks sedih. Dan gue yang egonya waktu itu setinggi langit malah ngamuk2 sama dia sambil mengeluarkan sumpah serapah segala. Gue merasa dikhianati abis2an. Gue sedih banget. Akhirnya gue sama dia mutusin jalan sendiri2. Gue nggak bisa jalan sama orang yang memendam cinta sama gue dan ingin gue jadi lebih dari sekedar sahabat. Sementara dia juga udah nggak mampu jalan sama gue terus dan pura2 nggak punya perasaan apa2. Tersiksa gituhh katanya .. hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaa piluuuuu deh ….

Bertahun2 kemudiannnnn setelah perceraian gue yang pertama gue ketemu lagi sama si Manis di Pasar Depok. Dia tanya2 soal kehidupan gue. Gue bilang yah gue sudah bercerai karena tidak ada kecocokan dan gue juga belom punya anak. Dia yang manis itu dengan tulusnya mendoakan gue supaya gue sabar dan tabah dan lebih giat mencari yang baru. Yeeeee padahal nggak usah dikasih tau gue selalu giaaaaaaaaaaaaaaat mencari yang baruu gityuuuu hehehehe. Dia sendiri udah menikah bahkan baru menikah dan belum punya anak .. Okehhhhh deeeeh …

Bertahun2 kemudian setelah pertemuan pertama eeeeeeeeeh gue ketemu lagi sama dia. Kali ini di Patas AC. Hwaaaaaaaaaa dia udah gemukan dan udah kelihatan kaya bapak2 banget. Tapi senyumnya masih manis dan tutur katanya masih sangat lembut. Dia tanya lagi soal kehidupan gue. Dan gue bilang kalo ... ehmmm jadi malu ceritanya … kalo gue baruuuu aja bercerai “lagi” (duhhh gue kok kaya celebriti aja yahh hidupnya ) Daaaaaaaaaaaaaaaaan sodara2 dia bukannya prihatin malah ketawa ngakak ….

Gue : “Heh.. kok elo malah ketawa gitu sih. Seneng yahhh temennya syusyahhhh” *sambil manyun*
Si Manis : “Sorry … sorry. Aku bukannya seneng ngeliat kamu susah. Lagian kamu kliatan kalem2 aja tuh. Nggak kliatan susah2 amat. Aku cuma inget jaman duluuuu banget waktu kita masih suka berantem”
Gue : “Inget apaan ?”

Si Manis langsung ngeplak kepala gue sambil tereak

“Dasar JAWA TUKANG KAWIN !! Heh sekarang udah terbukti yah siapa yang tukang kawinnnnnn !!!!!”


Huahahahhahaha gue sama dia langsung ngakak bersama2. Ternyata si Manis masih dendam sama cercaan gue soal “Orang Sunda Tukang Kawin” itu. Kita terus cekikikan dan nggak perduli sama penumpang laen yang menatap kita dengan tatapan horor.

Dan gue menulis ini karena tiba2 gue inget sama sahabat gue tercinta itu. Oohhh dimanakah dirimyu sekarang???? Sejak ngakak2 di Patas AC 15 jurusan Depok itu gue belom pernah ketemu lagi sama dia. Mudah2an aja dia bahagia dengan kehidupannya. Amiiiiiiiin …

Begitulah cerita hari ini adek2. Kakak mo istirohat dulu yak .. capekkk nehhh .. Sampai jumpaaaaaaaaaa !!!



Keterangan photo
Itu bukan photo akyu dan si Manis lho yaaaaa. Aslinya jelas lebih keren dari photo di atas dong ahhhh hehehee. Tapi kalo mau coba2 membayangkan, jaman dulu yah ilustrasinya kaya gitu deh. Photo di atas gue dapetin dari sini nih …


2 comments:

thornandes james said...

hmm mau tau nyari sahabat cowo yang gak akan meminta hubungan lebih jauh? cari yang gay dong bo! dia kan gak bakal bisa naksir lo! hahahahaha!

Unknown said...

Judul lagunya Prasangka mbak :)