Thursday, August 24, 2006

Long Weekend yang Too Long .. Huh!!

Liburan panjang emang asyik kalo kita punya rencana berliburan tentunya kaya Fa tuhhhh. Bliauw jalan2 ke Singapore .. hwaaaaaaaaaaa pengen ikutttt !!!! *sambil garuk2 aspal tanda syirik dan pilu* Lha yang nggak punya rencana apa2 dikarenakan berbagai kondisi yang tidak memungkinkan seperti dirikyu ini apa nggak kepanjangan tuh libur 5 hari berturut2 tanpa jeda sama sekali?

Hehhhhhh .. bener2 menghitung hari …………….

Ahhh hari 1 pertama liburan. Masih senyum2 .. ngapain yahhh hari ini. Oh ini itu ini itu trus nonton pilem korea sippp deh

Wahhh skarang udah hari ke 2. Uhmmm senyum udah berubah jadi senyum kecut. Kok udah bosen yahh. Enaknya kemana yah. Ah ke sini situ sana sono trus nonton pilem korea lagi … Sipppp

Aduuuuuuuuuuuuuuuh baru hari ke 3. Udah mulai bosen banget. Ahhh bikin pudding aja ah. Sippp dimakan sambil nonton pilem korea (hiks) lagi trus tentyunya sambil nangis Bombay

Uhmm masuk hari ke 4 nih. Rasanya udah mau muntah saking kebanyakan bengong sampe bego. Udah mulai nonton pilem yang rada keras soale dah kecapean nangis muluw.

Dannn akhhhh akhirnya hari ke 5. Horeeeeeeeee besok dah ngantor lagiiii

Bender deh sodara2 baru hari selasa kemaren itu akyu tahu betapa nikmatnya pergi ke kantor huehehheeh …

Aku ini bukan penggemar traveling kelas wahid soalnya. Satu, selain males geret2 koper yang udah pasti bikin repot gue secara gue banci tampil gituhhh. Alasan lainnya, aku slalu menderita karena perubahan udara.

Contohnya yang nggak jauh2 aja deh yaaa .. ke Bandung. Dari Jakarta yang lumayan panas ini sampe bandung udara pasti dong mulai berubah. Langsung deh demam. Langsung deh sesek. Yang ada pasti hari pertama di Bandung dihabiskan untuk adaptasi udara. Sambil kedinginan dan ngringkel di balik selimut. Gosong punggung pake Vicks atau kalo perlu dikerokin dulu. Baru deh besoknya enakan bisa jalan2 sampe gempor. Nah balik dari Bandungnya sama aja. Pasti pake sehari bersin2 tambah kepala berat karena harus beradaptasi lagi sama udara Jakarta … Hwaaaaaaaaa malangnya nasibkyuuuuuuuu …

Nggak ngebayangin kalo aku harus tinggal di Jepun kaya Mas Mbilung. Tiap ganti2 musim apa ndak akunya terkapar tak berdaya atau malahan game over saking megap2 nggak bisa nafas. Kok ngeri yaaa. Untung Bossye tau bener kelemahankyu. Jadi dia tidak mau mengambil resiko kehilangan asistennya yang manis dan tidak berkumis ini hihihi. Mangkanya sampe skarang dakyu masih ngendon aja di Indonesia Raya ini. Salahe dewe sih yaaaaaa … Jadi orang kok penyakitan!!!

Jadi ngapain aja long weekendnya dek Indie? Ya itu lah, nonton DVD sampe mblenger. Beli film Korea satuan sebanyak2nya. Trus ditonton. Uhm ternyata ceritanya lumayan lucu juga. Bintang2nya? Bersih2 gitu kulitnya dan make upnya itu lho alami banget. Nggak banyak templokan macem Jeng Krisdayanti yang penyanyi itu lohhhh. Yang kabarnya bedaknya aja sampe 10 cm gituh. Wihhh apa ndak kaku yah mukanya tuh. Kalo nyanyi tau2 bedaknya di muka mletek gitu gimana yaaahhh hehhehe …

Nah balik ke soal nonton pilem Korea itu yah. Pilem pertama, endingnya si cewek meninggal dunia. Jadi deh nangis Bombay. Air mata bercucuran. Sesenggukan kaya akunya yang ditinggal dut … hiks hiks .. hwaaaaaaaaaa

Pheww …. setelah istirohat dan ngemil2 maka aku memutuskan untuk nonton lageee. Pilem kedua lucu juga sampe ngakak2 gitu nontonnya. Bintangnya cantik dan cakep. Lha iya lah namanya juga pilem cheesy made in korea ya harus bintangnya yang bisa bikin jerit2an histeris penontonnya dong ahhh. Kalo bisa sampe bikin kebawa mimpi. Lebih hot lagi sampe pasang posternya gitu loohh. Tapi kok .. lho lho lho .. kok meninggal juga sih ceweknya .. hwaaaaaaaaaaaaaaaaa ini kutukan atau gimana sih? Aku ini mau liburan sambil nonton pilemmmm. Kok ya adegannya meninggal2an segala sih. Masa liburan mata bengkak gara2 nonton pilem .. huh nista sekaleeee

Masih belom nyerah .. nonton lageeeeeeeeeeeeeeee. Pilem ketiga mudah2an bisa bikin tersenyum dan nanti boboknya bisa mimpi indah gituuuu. Awalnya sama kaya pilem pertama dan kedua. Akhirnya? Sempruuuuuuuuuuuuuuuuulll. Matekkkk meneh ceweknya. Walahhhhh. Ini bener2 kutukan buat gue kali yahhhh ..

Jadi nih kira2 pilem2 korea tuh seragam bener kaya gini nih ..

Tokohnya cewek + cowok lah … ya jelas soale ini kan pilem percintaan antara 2 manusia. Masa bintangnya cewek sama kadal .. atau cowok sama buaya .. Itu kan acara Animal Planet tochhhh!!!

Ceweknya pasti lebih pinter dari cowoknya (ini kayanya bener deh .. secara ya bow gue lebih pinter dari si Langsing .. heheheh Hi Langsing !!! *kedip-kedip*)

Cowoknya tuh cakep tapi tulul banget. Konyol banget malahan soale pasti sering diakalin sama ceweknya trus mukanya langsung ndlongop nggilani gituhh hehehe

Dengan berbagai kejadian konyol yang kadang2 sangat “sinetron endonesah” sekali, akhirnya toh dua lakon itu pacaran juga

Pasti ada adegan ngupi di café bikin syirik ajahhh huh (aku lagi berenti ngupi soale gara2 perut kembung terus hiks)

Trussssss … pasti deh akhirnya ternyata ceweknya itu mengidap penyakit yang mematikan. Ada yang Leukimia, ada yang Alzhaimer ehhh malah ada salah satu cerita malah ceweknya ke dor waktu ada perang2an antara pulisi sama penjahat

Sebelom meninggal pasti si cowok bakalan nyenengin ceweknya dengan membawanya pergi ke suatu tempat yang sangat diimpikan oleh si cewek (halah bahasanya). Trus abis itu baru deh ceweknya bisa meninggal dunia dengan tenang dan meninggalkan cowoknya sesenggukan sendirian .. hwaaaaaaaaaaaaaaaaa (disini penonton dijamin langsung terisak2. Contohnya ya akyu ini hiks hiks)

Akhirnya cowoknya pasti ngunjungin tempat terakhir itu sambil ada narasi gituh. Dan terbayang2 masa2 bersama ceweknya. Dan untuk lebih mengiris2 hati penonton (dan ini berhasil buangeeeeeeeeeeeeeeet secara hatikyu merasa perihhh) ditunjukkan cowoknya tersenyum dan berusaha tegar sambil air mata mengalir di pipinya … Hwaaaaaaaaaaaaaaaaa (penonton sesenggukan sambil2 maki2 “duuhhh nih pilem kok ceweknya mati lageee sehhhh “ )

Begitulah pilem Korea itu. Bikin capek nangis nontonnya. Tapi kok ya masih ditonton aja lho yaaaa hehehe. Nahhhh, setelah capek nangis2 bombay nggak jelas dan nggak penting akyu memutuskan untuk ngelempengin kaki. Jalan2 aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah ….

Akhirnya dengan diseling jalan2 kecil kesana sini walaupun kebanyakan bosennya trus buru2 balik ke kos lagi buat nonton DVD sambil nangis bombay, akhirnya liburan yang 5 hari poll itu berjalan dengan sukses. Sempet bikin pudding juga looohh, ehh udah cerita yah tadi. Dan hasilnya lumayanlah abis sama aku sendiri dongggg. Ihh pinter ya akyuuuuuuuuuuuuuuu.

Buat Mas Kardi yang mau tau apa yang terjadi dengan liburan panjangkyu yang terlalu panjang itu … hiks demikianlah ceritakyuuuuu. Menyedihkan bukan? Mas Kardi kemana aja hayoooooooo ???!!!!!

Jadi inget dulu waktu masih kecil. Liburan panjang (1 bulan bowww) pasti ditunggu2. Acaranya? Macem2. Kadang cuma di rumah aja dan sehari2an main. Yah main layangan lah. Main perang2an. Main di kali cari2 ikan cere. Balapan sepeda sampe nyusruk di got. Hehhhh bandel banget yah! Kalo lagi lempeng ususnya ya main masak2an. Seru juga sih! Temenkyu banyaaaaaaaak dan akyu selalu jadi boss. Akyu yang menentukan hari itu mau main apa hehehehe. Em de bosssssssssssssssssss ....

Trus sering juga ibu sama bapak bawa aku dan adik2 jalan2 keliling Jakarta naik bis. Dulu itu kan ada bis tingkat toh? Dan terminal bis besar Jakarta itu masih di Lapangan Banteng. Jadi kita naik bis tingkat dari Lapangan Banteng ke Blok M lewat Thamrin dan Sudirman. Terus pergi ke museum. Trus mampir ke Monas. Trus makan bakso. Trus cari2 komik di Senen. Dulu di Senen itu tempat orang jualan komik lho. Komik2 macem Miss Agogo trus HC Andersen digelar blakkk gituh. Sayang koleksi komik gue kesapu banjir saat itu hiks hiks. Ibu sama Bapak memang seneng mengenalkan aku dan adik2 sama tempat2 yang bersahaja macam itu. Eh ngomong2, sayang ya sekarang bis tingkat itu udah nggak ada. Terakhir aku naik bis tingkat waktu aku SMA sekitar pertengahan 80. Buset deh tua banget yakkk akyuuuuu … *sigh*

Yang paling seru tuh waktu liburan SD aku ditransfer ke Klaten sama Bapak. Ke kampungnya eyangku yang sekarang dah rata tanah gara2 gempa. Bapak mau aku bisa beradaptasi dengan keluarga di sana. Seneng banget deh. Banyak temen disana. Walaupun ngomongnya rada belibet. Aku ngomong bahasa Indonesia, eh temen2 di sana kagak ngarti. Mereka pada omongan bahasa Jawa dan bikin gue melongo. Jadi akhirnya banyakan nggak nyambungnya. Tapi main2an sih sukses dengan bahasa Tarzan.

Salah satu temen yang paling akrab dan diurut2 ternyata dia masih sodara juga namanya Minil. Awal2nya aku sering salah nyebut namanya. Dia selalu kupanggil Cenil. Hehehe padahal cenil itu kan salah satu jajan pasar kesukaankyu yang kenyil2 itu loohh. Eh di kampung eyang itu sekampung itu sodara semua lho. Jadi kalo pergi ke sana, silaturahminya bisa 2 hari sendiri. Mbah A, Mbah B, Eyang C, Eyang D, Bude U, Bude X dan lain-lain. Sampe sekarang akyu nggak pernah apal tuhhh

Si Minil ini bener2 bentuknya kecil mungil, putih, dan manis banget anaknya. Kalo dibandingin sama akyu yang waktu itu rada bengal dengan penampilan gagah perkasa ya bener2 bertolak belakang. Si Minil ini sih manut aja kemana aku pergi. Mungkin udah diwanti2 eyangku kali yah disuruh momong aku. Atau jangan2 takut gue gebok yakkk .. hehehe

Kalo sore si Minil selalu pergi ke rumah juragan bako (tembakau) yang kok ndilalah ya masih sodara juga gituh. Nah disana si Minil dan juga anak2 lain tapi yang utama ya ibu2 rumah tangga yang mau cari tambahan uang .. rame2 pada sunduk bako. Caranya gimana? Jadi si daun tembakau ditusuk sama lidi besar batangnya dan dibikin kaya sate gitu. Satu lidi itu isinya kira2 5 – 6 lembar daun tembakau deh. Trus habis itu nanti si tembakau2 itu dioven biar kering. Baru dijual nanti ke pabrik2 rokok gitu katanya. Payahnya kalo habis sunduk bako itu tangan jadi lengket dan harus dicuci bersih2. Kalo enggak jadi pahitttt banget tangannya.

Aku akhirnya ikutan juga sunduk bako daripada cuma bengong. Wahhh tempatnya rame di halaman belakang rumah sang juragan. Di tiap2 sudut ada tumpukan daun tembakau dan sunduk (lidi) nya. Jadi orang2 ambil daun sama sunduknya trus cari tempat duduk dan mulai nyunduki deh. Duduknya pada bergerombol. Trus sambil kerja sambil ngerumpi dooonggg ahhhh. Kagak di kote kagak di desa, kagak jaman dulu kagak hari gene ... rumpi mah jalan terussss. Satu sundukan bako itu dihargain 5 rupiah. Gile yeeee murah bangetttt. Tapi jaman dulu itu 5 rupiah udah bisa jajan lohhh. Bisa buat beli Es sama kue2 gituh. Ya iyalah bowww tahun jebot gituhhhh. Skitar tahun 70-an deh. Hihihi makin berasa tua aja gue ….

Nah pas udah selesai sunduk, mulai deh diitung jumlah sundukan bakonya. Akuternyata bisa menghasilkan 25 sundukan. Si Minil secara dia udah expert ya, dia menghasilkan 2 kali lipet dari hasilkyu. Trus langsung deh bawa ke Oom Mandor. Dan langsung dikasih duitnya loohh. Gile dapet 125 perak. Jaman dulu itu udah buanyaaaaaaaak banget apalagi buat anak kecil manis kaya akyuuu .. hehehehe

Tapi aku nggak pernah ambil uangnya. Aku selalu kasihin uangnya sama Simbah Buyut yang tinggalnya di deket rumah eyang yang. Dia udah tuaaaaaaaaaaaaaa banget tapi masih ikutan sunduk lho. Kalo pagi2 masih ke sawah juga bantu2 di sawah orang. Trus masih pergi ke pasar sendiri bawa tenggok (bakul) gede di punggungnya. Jalannya udah bungkuk dan terseok2. Hiks sedih kan bayanginnya? Anak2nya ada sih tapi kehidupannya nggak beda jauh sama bliau jadi susah gitu mau bantu2 bliau. Setiap aku kasih uang hasil sunduk ke bliau, Simbah langsung meluk2 sambil cium2in pipkyu yang nyempul dan menggemaskan hehehe. Kadang pipi gue jadi belepotan merah2 soale Simbah kan nyusur (nyirih) jadi bibirnya merah2 gitu. Hiks hiks jadi kangen suasana waktu itu. Kalo Minil, uangnya ditabung buat biaya sekolah.

Banyak banget pelajaran yang aku dapet selama di Klaten. Bener2 bikin aku menjadi anak yang seimbang gituh. Aku tuh jadi nggak clamitan minta ini itu sama Bapak Ibu. Kerasalah, masih banyak orang yang lebih susah kok aku ya enak2an minta ini itu tanpa berbuat apapun. Si Minil aja buat biaya sekolah harus cari uang sendiri. Hasilnya ya aku selalu menyukuri apa adanya. Nggak banyak menuntut dari Ibu Bapak. Aihhhh bijaksananya si kecil Indie .. wakakakakakkk

Pengalaman paling tak terlupakan waktu liburan panjang di Klaten dan aku udah kelas 6 SD. Aku yang emang bandelnya nggak ketulungan mau coba2 belajar naik motor bebek punya Oomku. Eh malahan nabrak bebek beneran trus nyusruk ke sawah. Yang ada Bapak ngomel2 karena harus bayar ganti rugi seharga bebek yang gue tubruk. Lagian salahnya tuh bebek sih, baris kok di tengah jalan. Ya udah gue yang baru belajar panik dong. Jadi deh gue nabrak kawanan bebek itu. 2 meninggal dunia .. 2 luka parah .. 3 lagi luka ringan .. wakakakak kaya kecelakaan bis malem aja yah itungannya ….

Yah pokoknya, liburan itu selalu mengasyikkan kok. Bukan begitu? Asal jangan lama2 aja kaya kemaren itu huh. Tapi kalo dipikir2 apapun yang kita kerjakan pada saat liburan sebenernya sangat menyenangkan lohhhh .. soalnya saat itu kan kita terbebas dari rutinitas sehari2 sebagai pekerja. Bangun bisa siaaaaaaaaang. Nggak mandi juga nggak apa2 (ini gue banget. Ehmm emang gue rada males mandi nih .. tapi wangiiii kok).
Njih mboten sederek2? Njiiiiiiiiiiiiiiih … Bagusssss ..


Udah yaaa .. akyu mau sarapan dulu … capek nih ngetiknya. Sampai Jumpaaaaaaaaaaa !!!!


Keterangan gambar
Tempat liburan idaman .. hwaaaaaaaaaa kapan ya kesampean …
*ngitung2 duit di celengan* huh masih lama bakalan deh .. hiks …


1 comment:

IndigoDeviLLe said...

Waduh.. waduhh...
Panjangnya postingan yang satu ini...
Sampe kelenger mata ini membacanya... ;), yah tapi kayak Indie nonton film Korea kali yah? Kalo bacanya ga tamat, malah jadi penasaran :p

Wiken kemaren libur 5 hari buat aku kurang banget lho... Begitu banyak hal yg sebenarnya mau dikerjakan: keliling Jakarta nyobain tempat makan baru aja sih, 'belanja jendela', bersih2 ama nonton DVD di rmh.

Kalo libur panjang berikutnya takut bosen, Indie maen ke rumah aja yah. Bisa bantu bersih2 khan... Hue he he...

Ntar aku traktir kolak pisang deh!

*tuink2*