Wednesday, August 16, 2006

17-an

Tujuh belas Agustus Tahun Empat Lima ..
Itulah hari kemerdekaan kitaaaaaaaaaa
Hari Merdekaaaaaaaaaa Nusa dan Bangsaaaaaaaaaa
Hari Lahirnya Bangsa Indonesiaaaaaaaa
Merdekaaaaaaaaaaaaaaaaaa !!

Skali Merdeka Tetap Merdekaaaaaaaa
Selama Hayat Masih di Kandung Badaaaaaaaan
Kita tetap Setia tetap Sedia
Mempertahankan Indonesia

Kita tetap Setia tetap Sedia
Membela Negara Kitaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa


17 Agustus memang sebuah moment yang sangat penting yah buat Indonesia Raya Tanah Airku ini. Nggak perlu dong ya gue ceritain kenapa secara ya teman2 sekaliyan kan belajar sejarah tohhh ????

Kalo denger dan nyanyiin lagu di atas itu kok ada sesuatu yang menghentak2 di dadakyu yahh. Rasanya terharu biru gituhhh. Semangat nasionalisme sontak tertohok. Rasanya jadi pingin nangis deh. Sumprittt!! Cobain deh kaliyan dengerin atau nyanyiin lagu itu dengan penuh perasaan .. pasti deh ngerasain kaya yang gue rasain …. Hikssss …

Gue mau mengingat2 lagi ahhhh peran apa yang sudah gue berikan kepada bangsa dan Negara (aishhh kejauhaaaaaaaaan neng) untuk acara 17-an di lingkungan gue dari mulai gue kecil sampai menginjak remaja. Gue ini soale termasuk anak yang aktif. Selain itu karena ibu gue juga sangaatttt aktif di lingkungan makanya gue kebawa2. Lagian kalo enggak gue suka dimarahin juga soalnyaaahhh hihihi …


Ikutan Karnaval

Hwaaaaaaaa gue ini ya teman2 waktu kecil adalah seorang banceeehhh karnaval banget. Bukan apa2. Gue mungkin punya karisma tertentu yang mambuat gue pastiiii deh dipilih buat ikutan karnaval. Ehmmm bisa juga karena betis gue terlihat begitu kuat untuk jalan jauh yak hihihi …

Kostum karnaval gue macem2. Tapi yang keseringan ya jadi Ibu Kartini. Ehhh Ibu Kartini yang pahlawan bukan tetangga gue yang galak ituuuu. Emang dulu ada tetangga gue berjudul Ibu Kartini dani galaknya mak minta ampyun. Kenapa gue kok selalu dipilih memerankan Ibu Kartini? Mungkin karena gue orang Jawa tok tok. Trus wajah gue ini bulettt dan nyempluk .. kalo kata temen gue “Muka jawaaaaaaa bener” Eh emang Ibu Kartini mukanya nyempluk gituh? Aneh2 aja yahh. Trus gue itu kalo dipakein kaen kesannya luwes banget. Katanya sih begitu pake kostum kartini gue bener2 seperti titisan Kartini. Aihhh gue bilang sih bo’ong banget. Bilang aja biar gue mao dipakein kostum Ibu Kartini. Ehhh tapi kalo dulu waktu kecil sih percaya dan bangga gituhh jalan paling depan bawa tulisan “Dirgahayu Indonesia” di tampah sambil senyum2 dan dengan pede yang udah 2 juta saat itu. Dan gue kuat bow jalan kaki muter2 kelurahan pake kebayaaaaaaaaa. Bayangkan cobaaa demikian hebatnya akyu waktu kecil dulu hihihi …

Ada yang berkesan waktu gue udah mutung jadi Ibu Kartini soale bosennnnn. Akhirnya gue dikasih jabatan sebagai nelayan soale gue dinilai tomboy. Lho tomboy kok waktu itu disuruh jadi Ibu Kartini emangnya Ibu Kartini tomboyyy !! huhh !! Okehhh gue dan 2 anak laki2 laen didandanin jadi nelayan. Pake clana gombrong kaya pak tani warna biru tua. Trus pake kaos singlet dalemnya. Luarnya pake baju pak tani lageeh yang dibuka kancingnya trus dikalungin sarung deh. Kepala diubet2 pake sejenis bandana sewarna sama sarungnya. Trus dikasih kumis bowwww. Lha emangnya nelayan semuanya kumisan? Ihhh ada2 aja. Tapi gue seneng2 aja tuh. Dan gue harus mengendarai sebuah kapal.

Tim kreatif Kelurahan emang sip banget deh. Mereka bikin kapal tradisional lengkap dengan layar yang terkembang trus dikendarainya pake sepeda. Jadi sepanjang jalan dah gue gantian nggenjot sama tuh 2 ekor anak laki2. Giliran gue, saking gue imutnya dan tuh sepeda jadi berat banget gara2 atribut kapal berlayar itu. yang ada kapalnya jadi sering nyusruk ke got hehehe … Sampe akhirnya dipegangin buntut kapalnya sama Pak RT biar tetep jalan lurus …


Penghias Panggung

Yeee bukaaaaaaaan. Gue bukan dijadiin kaya lampion atau patung buat hisan panggung. Tapiii gue pastiii deh ikutan nari2 atau nyanyi2 di panggung. Gue kan biar penampilan Ramboo tapi hati dan kelakuan sangat Rinto. Jadi gue selalu dipilih untuk ikutan menari secara ya bow sejak umur 5 tahun gue udah ikutan sanggar tari dan gue peserta yang paling kecil tapi paling pinter dan paling luwess. Nggak caya yah? Tanya gih sama ibu gue.

Bukan cuma nari2 aja sih. Gue juga disuruh nyanyi2 dan baca puisi. Uhmmm kalo dilihat kebisaannya dari kecil di seni kenapa juga ya dah gede gini gue malah ngangkrak di perusahaan Jepang kaya gini dan berperan sebagai asistennya bossye bukannya jadi bintang pilem atau diva .. huhehehehe mimpi lo yeeeeeeeeeeeeee.


Jirigen eh Dirigen eh apaan sih namanya yang mimpin nyanyi2 di upacara?

Yah gitu deh ya pokoknya. Setelah gue beranjak remaja dimana gue udah nggak laku lagi jadi peserta karnaval dan terlalu malu ikutan karnaval, gue langsung banting setir berperan dalam setiap upacara. Di sekolahan tentunya. Jadi itu tadi di atas. Memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu2 Nasional.

Sebenernya asyik juga sih. Soalnya kalo pas upacara kan kita jadinya nggak berdiri di lapangan yang panas. Tapi berdiri di sebelah guru2 di tempat yang adem. Huh guru2 tuh mau enaknya sendiri yah. Pasti cari tempat berdirinya di tempat yang adem. Baru nyadar gue.

“Teman-teman dan para guru sekalian. Marilah kita nyanyikan lagu Indonesia Raya. Ambil suara … “

“Iiiiiiiiiiiiiiiiin .. Eeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen … “

Eeeh yang bener gimana sih? In atau En . trus mulainya Indonesia atau Endonesia? Kalo kaliyan gimana?”

“Mulai pada ketukan ke 4 .. satu dua tiga empat” *tangan disilang2 udah kaya professional aja hihihi*

Yang pasti gue nahan ketawa kalo pas papasan mata sama temen2 biadab gue yang langsung pasang muka aneh2. Makanya gue punya kiat. Menatap sejauh pandang. Biarpun mata seperti melihat ke depan padahal gue natap apapun yang jauhhh disana. Biar nggak gue lihat tampang geblek teman2 gue yang menyebalkan dan slalu bikin gue pingin ngakak.

Lama2 bosen juga jadi dirigen eh jirigen eh wis apalah itu namanya. Akhirnya ya jadi peserta upacara aja. Gue ini kan sangat mudah terharu biru. Giliran kita mengheningkan cipta kan pasti tuh diputerin rekaman instrumentalnya lagu mengheningkan cipta. Di sekolah gue waktu SMA itu kali kasetnya dah kusut. Jadi lagunya tambah mendayu2 dan meleyot2. Kalo udah gitu gue pasti langsung menitikkan air mata dan terisak2. Hiks hiks … sampe banjir aer mata gituh. Suasana hening trus cuma kedengeran lagu mengheningkan cipta sama batuk yang dibuat2 sama anak nggak beradab. Gimana gue yang punya hati sehalus sutra ini nggak nangis bombay cobaaaa ....

Begitu selesai. Temen2 gue langsung panik liat gue banjir air mata ..

Temen2 : “ ehhh kenapa lo kok nangis. Pusing yahhh. Mau pingsan?”

Gue dulu terkenal jagoan pingsan kalo kecapekan. Soalnya sebagai orang penyakitan gue dulu nggak boleh capek2 dan kena panas .. ihhh manjanyaahhh

Temen2 : “Udah elo balik ke kelas aja. Mual yah. Perut kembung? Masuk Angin .. Minumlaaaaaaaah …. “ *lho iklan hihihi*

Gue cuma geleng2 kepala sambil ngusap air mata pake sapu tangan. Dengan suara lirih gue berkata ..

Gue : “Gue nggak apa2 hiks .. gue cuma terharu .. hiks .. hiks … karena gue teringat jasa2 para pahlawan yang telah mendahului kita hiks … whaaaaaaaaaaaaaaaa”

Temen2 : “huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu kirain kenapeeeee .. “

Yang ada kok gue malah dikeplakin temen2 gue yahh .. hihihihi



Pemrakarsa dan Penyelenggara Acara

Gue juga dikenal sebagai anak yang kreatif dan punye ide2 brilian (maap ya teman2 kalo ini ditinggi2in sama gue sendiri hihihihi).

Setelah gue kuliah dan jadinya nggak pernah upacara lagi soale di kampus gue yang nggak penting itu nggak pernah ada upacara bendera. Apalagi karnaval. Dan gue langsung alih profesi jadi aktifis karang taruna RT. Hihihihi Dan gue mendapat jabatan sebagai sekretaris karang Taruna RT dan sekaligus sebagai pacar ketuanya yang cool berjudul Acing Suacing (maaf nama disamarkan lho yaaaa)

Mulailah dua sejoli menjalin cintaaa .. eh membuat gebrakan dalam menyelenggarakan acara 17-an di RT tercinta. Masterpiece kita yang merupakan buah pikiran gue ditambah berantem2 sama si ketua adalah acara Long March BOGOR-DEPOK untuk remaja dan MALAM KESENIAN.

Acara yang awalnya cuma omong2 kosong antara gue sama si ketua waktu pacaran malem minggu akhirnya direspon baik oleh pejabat terkait. Maksudnya Pak RT gituhhh. Jadi selain acara anak2 seperti lomba2 dan acara meghias lingkungan seperti pasang gapura dan bendera2 kita juga bakalan ngadain long march dan malam kesenian itu.

Dana? Ehhh blom tau ya. Gue ini ahli dalam urusan merayu2 ibu2 dan terutama bapak2. Gue sama Acing Sang Ketua rajin keliling buat presentasi-in acaranya. Dan karena anak2 mereka kita libatkan akhirnya orang tuanya seneng dong. Yang ada sumbangan mengalir deras. Bukan cuma dalam bentuk uang, tapi juga makanan dan hadiah2 lomba. Wahhh senangnya guee.

Dan gilanya ya bow acara itu akan dilaksanakan 3 hari berturut2. Acara long march tanggal 16 malem kalo nggak salah sih itu hari kemis. Trus jum’atnya tanggal 17 acara lomba2an. Nah malem minggunya yaitu tanggal 18 baru deh acara malam keseniannya. Gempor2 deh looo !!!

Persiapan buat semua acara mulai dilaksanakan. Peserta long march nya nambah2 terus. Jadi bukan cuma remaja2 RT gue aja tapi sampe kemana2. Soalnya dari mulut ke mulut gituh. Mereka juga bosen kali yah ikutan 17-an di lingkungan mereka yang lombanya paling jauh makan krupuk sama tarik tambang. Jadi di akhir pendaftaran ada sekitar 150 nama terdaftar. Eh bahkan ada bapak2 yang ikutan juga.

Dan gue dengan aji2 rayuan maut akhirnya mampu mengajak anak2 mahasiswa UI yang kos di salah satu rumah di RT gue buat ikutan juga. Abisnya ehmm salah satunya ada yang cute sihhhhhhh … *aihhh keplak* Dan ini sebenernya menimbulkan masalah antara gue dan Sang Ketua dimana saat itu gue lupa kalo dia juga berprofesi sebagai pacar gue hihihi. Dasar guenya aja ya yang mata kranjang …

Soal malam kesenian gue serahin ke ibu gue yang guru TK itu. Jadi banyak anak2 yang dilatih nari. Ada kakak sepupu gue yang jadi guru TK juga gue kerahkan. Adik gue si A’i yang jago nari juga gue kerahkan. Maka tersusunlah sudah acara malam kesenian yang sangat menarik. Lho nari2 anak2 semua? Nggak ada yang nyanyi2? Ada dong ahhhh. Sapa? Ntar dong ceritanyaaaaaaaaa .. hihihi …

Akhirnya tibalah waktunya. Semua udah rapi jali. Tanggal 16 Agustus malam sekitar jam 7-an udah pada kumpul para peserta di depan rumah gue yang jadi posko. Ibu bapak gue bener2 seneng anaknya bisa jadi orang penting kaya gitu hihihi. Mereka mendukung bangeeeeeeeeeet. Gue bener2 jadi seksi sibuk yang pegang duit lah .. ngatur ini itu dan jadi tempat sumpah serapah juga hiks. Lho ketuanya mana? Dia lagi ngambek dan manyun aja soale dia lihat gue deket2 terus sama anak2 UI itu. Lha mereka kan tamu toh? Gue yang ngajak lagi. Jadi gue kan harus bertanggung jawab tohhh … *ahh alesyan tuh padahal hihihi*

Gue giring lah peserta2 itu ke stasiun depok baru naek angkooooooooooooooot. Bayangin segitu banyak manusia tapi semua okehhh. Rapi Jali terkendali. Kalo mereka bandel2 gue langsung melotot dan teriak. Ternyata manjur juga hihihi. Mereka gue kasih pita warna putih yang gue kasih stempel RT dan gue suruh iketin di pergelangan tangan kanan. Jadi kalo ada orang luar nyusup langsung ketahuan gituh. Tuh gue pinter kan. Sampe di stasiun gue ke loket langsung kasih list orang2 yang ikut long march dan beli ticket sejumlah itu. Gue kumpulin tuh orang2 dalam satu gerbong. Asisten2 gue langsung ikutan sibuk. Dan gue juga sampe serak jerit2an.

Akhirnya acara berlangsung sukses. Nggak ada halangan yang berarti. Urusan ijin dan sebagainya udah diurus orang2 tua. Sepanjang jalan sang Ketua nggak mao negor gue. Gue dicuekin abis. Dia malah deket2an sama cewek2 ganjen. Huhhh. Lha gue? Gue juga cuek aje. Malah jalan berdua sama si Cute anak UI .. hahahhahahaha ngelaba banget yahhh. Sumprit! Jalan sejauh itu jadi nggak berasa. Biarpun jempol kaki gue nyut2an tetep aja pemandangan malam itu indah. Hihihihi Mana waktu kaki gue kram si cute mijitin kaki gue lageee… Aihhh indahnya. Walaupun dibawah tatapan membara sang Ketua gue cuek ajeeeee. Emang enakkk !! Lagian pake ngambek2an segala sih.

Semua masuk finish jam 5 pagi dan itu lebih cepet dari perkiraan gue sebelomnya. Tanpa sempet istirahat dan kondisi kaki gue udah pegel seada2nya, gue dan team langsung siap2 buat acara lomba siangnya. Lomba anak2 dan ada juga lomba mewarnai dan menggambar. Ini yang ikutan juga malah banyak dari orang luar bukan dari RT gue aja. Wihhh sukses juga ya acara gue.

Sambil terseok2 gue masih nge-leading acaranya. Sebelomnya, pembantu gue sempet sih nyuruh gue ngerendem kaki pake air anget dan garem yang bikin rada mendingan. Nggak terlalu pegel banget biarpun masih gemeteran. Acara sukses lagiiii … Uhuyyy sipppp. Juara2 sudah didapet. Skarang tinggal satu lagi. Acara spektakulernya yaitu malam kesenian.

Malemnya gue dan team begadang nyusun acara. Uhmm pidato Pak RW. Pak RT. Jangan banyak2 yang pidato ah bikin bete. Trus mulai acara2. Tari anak2. Koor lagu2 perjuangan anak2. Pembacaan puisi. Pembagian hadiah pemenang lomba. Ada bapak2 yang bersuara bagus ikutan nyumbang nyanyi. Pembagian doorprize soalnya sumbangan kado masih banyak bersisa. Dan satu acara yang pasti anda tunggu2 .. apakah itu? Nanti dong ahhhh

Panggungnya gimana? Nah ini lah hebatnya kerja dadakan dan pake mikir keras berame2. Kalo bikin panggung sendiri brapa modalnya bow. Secara dana cekak gituh. Uhmm akhirnya temen gue si Donald (ini namanya beneran) bilang kalo dia bisa pinjem pangung knock down dari gerejanya dia. Katanya nggak minta dibayar tapi ongkos angkutnya tanggung sendiri. Ternyata murah bowww. Ya sip deh. Semua gotong royong ngangkut cuilan2 panggung dan dirakit kembali. Horeeeeeeeeeeeeeeee jadi panggungnya. Dan kitapun mulai menghiasnya. Duhhh kalo soal ini ibu gue ahlinya. Wahh panggungnya keren. Nggak model panggung 17-an yang banyakan gambar pejuang2nya. Tapi panggung fangkehhhhh. Sippp. Semua dah okey. Sound system udah dapet pinjeman. Semua dah siap. Pak ketuanya masih ngambek jadi selama kerja manyuuunnn terus. Katanya dia meriang habis long march. Ya sudah. Emangnya gue pikirin. Nah gue juga ajak tuh mahasiswa2 ikutan berpartisipasi. Lumayan kan buat ngangkat2 barang hihihi …

Masalahnya sekarang tamu2nya mo duduk dimana? Ini acaranya di dalam gang lohh jangan salah. Jadi panggungnya gede bertengger di perempatan gang deket rumah gue. Dan menghadap ke gang yang sangat bersih. Kalo dipasang kursi sepanjang gang di depan panggung huihhh jadi sempit dong. Lagian sewa kursinya mahalll. Dana makin cekak kan. Akhirnya gue usul gimana kalo lesehan aja? Okehhh semua setuju. Mulailah kita keliling pinjem tiker dan karpet. Akhirnya terbentanglah barisan karpet yang warna warni dengan berbagai motif tempat tamu duduk.

Konsumsi? Tenangggg. Sumbangan deras mengalir kok. Udah ada ibu2 yang bersedia membuat kotak2 konsumsi. Okehhhh mari kita pestaaaaaaaaaaaaaaaaaa.

Wahhh semua yang datang happy. Gileee pengunjungnya penuh. Bukan dari RT gue aja. Banyak juga dari luar yang dateng. Hwaaaaaaa serasa pagelaran besar aja. Si Ketua udah mulai senyum2 simpul ke gue. Mukanya sih masih demek. Gue sempet baik2in dia juga soalnya biarpun demek2 gituh dia masih berstatus pacarkyuuu gitu loohhh. Dan emang ternyata dia demam waktu gue pegang badannya. Badannya rada anget. Ihhh manja lohhh.

Acara dimulai. Pembukaan oleh MC. MCnya sapa? Gueeeeeeeeeeeeeeee. Gila yah. Emang nggak ada orang laen apa? Nggak adaaaaaaaaaaaaaaaaaa. Semua sibukkk!! Acara demi acara berlangsung meriah. Anak2 kecil narinya lucu2. Baju2nya keren2. Ini yang design kostum tarinya ibu gue dan kakak sepupu gue yang guru TK secara kilat. Pembagian hadiah lancar. Doorprize nya bikin heboh. Suasana meriah. Gue senang. Dan akhirnya tibalah acara yang dinanti2kan oleh kita semua. Apakah itu? GUE DUET SAMA SI KETUA. Huahahhahah gila nggak sih. Narsis senarsis2nya nggak sih?

Iyaa beneran. Ini acara emang udah disiapin buat penutup acara. Tadinya gue udah nggak mau ini diadain. Tapi dengan kebiadaban anggota team lainnya. Akhirnya acara ini harus berlangsung. Hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. 2 menit sebelom manggung si Ketua ilang. Dicari2 taunya lagi bobo di mobil gara2 demamnya itu. Duhh gimana sih. Akhirnya diseret2lah dia kepanggung. Dia langsung misuh2. Gue sudah berdiri manis menantinya di deket panggung. Mulaaaaaaaaaaaiiii

Ini rencananya adalah acara terakhir dimana gue dan si ketua speech trus bonusnya ya gue duet sama dia. Acaranya rencananya serius dan syahdu sebagai penutup. Lha tapi kok malah jadi kaya acara lawak. Gue yang udah teler dan gempor trus dia yang demam dan masih setengah teler seharusnya serius pidato untuk terima kasih ke semua orang yang sudah membantu segala acara yang kita adakan. Eehhh yang ada gue sama dia malah engkel2an di panggung. Nah itu yang bikin orang2 ngakak. Kirain acara itu emang dibikin gitu. Padahal kecelakaan. Gue ama dia engkel2an beneran!!!

Pas mulai nyanyi mulai deh gebleknya kumat. Nggak kumpak babar blasss. Mana masuknya telat lagi. Untung temen gue yang main organ jago banget berkelitnya. Nah ancurnya lagi saat gue nyanyi bait 1. Dia malah nyanyi pake nyampur2 bait. Yang kita nyanyiin itu lagunya Chrisye judulnya HENING kalo nggak salah.

“Kala malam tiada berbintang. Tampak redup wajah rembulan. Kicau burung yang hinggap di dahan .. blab la bla” ini bait 1

“Embun pagi dan rerumputan. Hijau daun dan warna bunga. Cakrawala dan seisinya… blab la bla” ini bait 2

Lha kok akhirnya malah kaya gini …

“Kala malam tiada berbintang. Tampak redup wajah rembulan. KICAU DAUN yang hinggap di dahan”

Langsung semua orang ngakak. Hehhh betapa memalukannya!! Tapi itu melumerkan suasana. Gue dan sang Ketua berdamai ditengah kenistaan yang kita buat hihihihi

Walaupun dengan beberapa kecelakaan kecil dan perselisihan antara gue dan si Ketua yang cemburan ituuhh tetap saja gue, si Ketua dan team berhasil menyelenggarakan acara yang membuat banyak orang happy.

Setelah itu gue dan si Ketua langsung jadi celebrity deh. Hubungan gue dan dia langsung diketahui khalayak ramai dan direstui oleh semua pihak. Heheheheh

Sayang gue sama si Ketua nggak bertahan lama. Dia sih gampang mellow. Cemburuan gituh. Emang nggak cocok sama gue yang sangat hingar bingar dan ramah tamah pada siapapun terutama yang ehmm cute2 heheheh. Tapi nggak apa ya Cing. Kita udah berhasil merayakan 17-an yang sangat berkesan buat orang2. Gue bangga. Setelah itu belum ada yang bisa bikin acara seperti yang gue, Acing dan temen2 gue yang lain adakan saat itu. Sampai sekarang orang2 masih tetap mengenang saat itu. Ahhh bangganya akyu. Serasa sudah berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara .. hihihi …

Begitulah teman2 cerita bagaimana akyu merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Maap kalo ada salah2 kata dan kesamaan nama yah.

So Dirgahayu Indonesiaku. Jayalah selalu bangsaku!!
(Emang slogan klise sih. Tapi ini pasti harapan semua rakyat Indonesia)

Sekali Merdeka Tetap Merdeka !!!

Hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa kok gue jadi terharu yah .. hiks hiks ….

Udah ah. Capek .. banyak banget nulisnya. Baidewei liburan panjang kemana yahh enaknya? Duuhhhh payah nih nggak ada rencana apa2 .. Wis lah gimana nanti ajahhh !!!

Sampe Jumpaaaaaaaaaaa !!!


Keterangan photo
Merah Putih Teruslah kau berkibaaaaaaaaaaaaaar ….. Di ujung tiang tertinggi .. Di Indonesiaku ini …. (by Coklat) *mata gue berkaca2 beneran loh*


1 comment:

Anonymous said...

This is very interesting site... » » »