Thursday, August 31, 2006

Waktu Akyu Jadi Guru ...

Lho jangan ngenyek lho yah. Gini-gini dakyu pernah berprofesi sebagai guru lho. Guru SMEA dan STM. Mata pelajarannya emang masih ekskul di tahun aku mengajar yaitu KOMPUTER.

Waktu aku kuliah dulu kan aku paham betul kalau bapak sama ibu tuh rodo menggeh2 membiayaiku. Akhirnya pas tingkat 2 akyu memutuskan mencari pekerjaan part time. Aku kasihan sama ibu bapakku. Kalo aku punya uang sendiri kan minimal aku bisa handle ongkos kuliahku sehari2 dan untuk beli2 buku. Akhirnya aku keterima juga ngajar sebagai guru computer di SMEA & STM Taman Siswa. Ck ck ck kebayang nggak sih?

Awalnya sih berat banget. Ngatur schedule kuliah sama ngajar. Untung aku ngajar cuma 3 kali seminggu. Jadi 3 hari yang lain aku pake buat kuliah.

Aku pulang pergi ngajar dari Depok – Taman Siswa (di Kemayoran) – Depok. Gaji pertama cuma 190 ribu. Tapi itu kan tahun jebot ya. Sekitar Tahun 1988 deh (hwaaaaaaaa yang baca ini baru pada lahir yahhh tahu segitu hehehehe) Jadi uang segitu tuh udah cukup lumayan lah. Aku bener2 bisa bantu-bantu orang tuaku buat urusan kuliahku sendiri. Tapi capeknya makkkk. Jarak pulang pergi yang aku tempuh itu kan juauhhh buangetttt thooo ….

Komputer tahun 1988 itu memang masih relative baru di Indonesia Raya. Jadi aku ngajarnya Pengenalan Komputer trus Wordstar sama Lotus. Komputer dulu itu perasaan masih sangat sederhana banget. Belum complicated dengan macem2 program seperti sekarang ini.

Ngajar anak SMEA dan STM itu memang penuh tantangan. Harus sabar dan dowo ususe. Anak2nya jannn macem2 karakternya. Aku sendiri kadang kewalahan juga kok ngadepin mereka.

Kalo pas ngajar anak SMEA yang isinya rata2 cewek pasti mereka malah sibuk ngeliatin baju yang aku pake. Sepatu yang aku pake. Tas yang aku pake. Dan malah sibuk curhat soal pacar-pacaran. Berbuhung gurunya masih muda kinyis2 mana manis lagi dan jago pacaran makanya dakyu suka memberi tips2 pacaran yang baik dan benar. Juga bagaimana menggaet cowok idaman. Kadang2 juga dimintain draft buat bikin surat cinta. Wakakkakaka .. Tapi syaratnya, harus bisa ngerjain satu soal dulu.

Tapi nggak semua sih anak2 SMEA itu baik sama aku. Ada cewek2 yang malahan nganggep aku saingan. Juteknya makkk minta ampun. Kalo diajarin apaaaaaaaaaa aja pasti mulutnya menjap menjep mecucu gituh. Trus suka ngomongin aku yang jelek2 juga sih di belakangku. Kalo ngikutin darah mudakyu, maunya aku tantangin berantem aja tuh anak. Tapi berhubung aku adalah seorang guru di situ, ya harus sabaaaaaaaaaaaaaaaaar.

Serunya pas ngajar anak2 STM. Habis deh bis aku digoda2in. Untung aku mampu mengadakan pendekatan ke mereka. Jadi nggak pake jurus guru galak. Tapi jurus guru manis dan siap menerima curhat hehehehe. Alhasil, ya gitu deh jadi banyak yang suka. Akhirnya naksir. Akhirnya nyatain cinta lewat surat. Isi suratnya lucu2. Kertas suratnya berbunga2 dan wangiiiiiiiiii banget. Huehehehe lucu yah. Trus ada yang rajiiiin banget nungguin aku pulang sampe naik angkot. Ada malahan yang pura2 naik angkot yang sama trus barengan sampe terminal Senen. Ada yang ngajakin nonton. Ada yang mau nraktir makan di Kentucky . Ada yang rajin bawain kue. Welehhh macem2 deh. Tapi aku sih enjoy-enjoy aja. Yang penting mereka nggak kurang ajar. Dan mereka itu polos2 lho anaknya walaupun bengal2. Mereka kerja keras biar dapet nilai bagus. Soalnya kalo jelek kan malu yah sama akyu.

Ada kejadian seru dan nggak bisa aku lupakan. Itu waktu STM Taman Siswa berantem sama STM lain. Aku lupa sama STM mana. Lha itu bener2 perang2an. Timpuk2an batu. Sekolah kita ditimpukin dari luar. Untung akhirnya reda juga karena akhirnya polisi dateng. Tapi aku sempet serem juga pulangnya. Takut ada yang tahu kalo aku guru di situ. Nanti aku diculik gimana?

Ada sih satu anak yang kalau di kelas aku jadiin asisten yang nemenin aku. Tapi dia rada ngeri juga. Soalnya dia anak manis yang bukan golongan tukang berantem. Akhirnya dia panggilin deh jagoan2 STM buat nganterin aku sampe Terminal Senen. Kebayang nggak aku akhirnya dianterin 15 anak. Satu mikrolet penuh. Ada juga yang naik mikrolet di belakangnya. Yah aku jadi ketiban bayarin mereka deh. Sampe di terminal orang2 jadi pada ngeliatin aku. Anehlah mereka lihat cewek kecil mungil, manis, imut, innocent tak berdaya (ini hiperbola deng) dikelilingin sama anak2 STM yang mukanya serem2.

Aku udah deg2an aja. Gimana coba kalo nanti malah diserang karena disangkanya mau nantang berantem. Hiiiiiiiiiiiiiiiiii. Akhirnya karena rombongan itu sangat menyolok maka beberapa Preman Terminal Senen dateng ndeketin dan negur salah satu jagoan STM itu.

Preman : “Mau kemana kau laiiiiiii” *logatnya hayo dirubah jadi logat preman yah*

Jagoan STM : “Ini mau nganter guru aku sampai naik mikrolet jurusan kampung Melayu”

Dari Terminal Senen itu emang aku masih naik mikrolet ke Kampung Melayu. Trus naik mikrolet lagi ke Pasar Minggu. Trus baru deh naik Metro Mini ke depok. 4 kali ganti kendaraan bowww. Kenyang banget deh naik mikrolet. Gile bener ya gue ..

Lanjut ke percakapan preman dan Jagoan STM

Preman : “Benar kau mau antar guru kau. Bukan mau berantam kan”

Jagoan STM : “Bener bang. Ini guru aku. Tanya aja kalau nggak percaya”

Duhh sodara-sodara bayangin dong aku yang lemah dan imut ini ada ditengah2 antara preman2 dan para jagoan STM. Mana orang2 sepenjuru terminal ngelihatin lagi.

Guruku Cantik Sekali : “Iya bang. Saya guru mereka. Saya guru computer mereka” *suara tentu dibuat se wibawa mungkin dong. Biar lebih meyakinkan, sodorin id card*

Akhirnya oom2 preman itu manggut2.

Preman : “Ohh ya sudah bu. Aku percayalah. Habis ibu ini masih kecil kali sih. Aku kira murid sekolahan juga”

Guruku Cantik Sekali : “Nggak apa-apa bang. Nanti saya suruh murid2 saya cepet pergi ya”

Trus preman2nya pergi deh. Huhhh jantungku rasanya udah mau rontok.

Guruku Cantik Sekali : “Udah sana pada bubar. Jangan bergerombol kaya gini. Nanti disangkanya kalian mau cari masalah. Saya bisa pulang sendiri. Itu mikroletnya udah kelihatan. Kalian hati-hati di jalan. Jangan cari masalah ya”

Jagoan Preman : “Saya sama si Asisten nganterin ibu sampai mikrolet itu. Eh lo yang lain pada balik aja duluan. Langsung ke sekolah aja. Tungguin gue disono”

Langsung deh anak buah sang Jagoan pada bubar setelah paduka Jagoan bertitah. Akhirnya Guru MerekaYang Cantik Syekali dikawal Jagoan dan si Asisten sampe Mikrolet Jurusan Kampung Melayu . Hehhhh, untuuuuuung aja nggak terjadi apa2 yah.

Sayangnya aku cuma setahun ngajar di sana. Aku akhirnya pindah ngajar di suatu tempat kursus computer besar dan sangat ngetop saat itu dengan salary yang lebih besar. Aku nggak betahnya tuh ya, mulai ada kasak kusuk soal cara aku ngajar dari guru2 senior di Taman Siswa. Mereka kurang suka sama metode mengajarku. Aku kan pake metode modern. Sedangkan Taman Siswa itu maunya pake gaya ngajar tahun jebot. Yahhh nggak klop lah. Akhirnya daripada aku bete ya aku mengundurkan diri dan menerima tawaran ngajar di kurus computer.

Murid2ku pada sedih. Waktu perpisahan aku juga sedih banget. Tapi yah mau gimana lagi. Nggak ada pesta yang nggak selesai .. bukan begitu anak2?

Pernah kapan itu aku lewat sekolahan Taman Siswa. Kebayang lagi semua kenangan ngajar di sana. Rasanya itu baru kemarin. Eh tapi ternyata udah 18 tahun yang lalu. Ck ck ck udah lama banget yah. Sekarang mantan murid2ku itu pasti udah tua2 juga. Yah nggak jauh dari umurku sekarang. Lha dulu aja aku sama murid2 ku yang kelas 3 itu beda umurnya cuma 2 – 3 tahun kok. Hehehehe. Pantesan aja aku dihujani surat cinta melulu tiap hari. Lha gurunya juga masih muda beliahhhh jeeeee.

Pengalaman hidupku emang macem2 aja yah. Ehhh udah dulu yaaa … Aku mau lunch duluwww.

Sampai Jumpaaaaaaaaa !!




Keterangan Photo
Itu photo Ibu Guru lagi ngajar. Tapiiii jelas kalah manis sama Ibu Guru Indie kaaaaaaan.
Hehehehe.



No comments: