Tuesday, February 06, 2007

Banjirrrrrrr !!!!

Tempat gue berteduh alias kos2an gue sekarang ini sih nggak kebanjiran. Tapi hari Senin kemarin gue dengan senang hati nggak masuk kantor karena jalan sekitar kos2an terkepung banjir. Jum'at sebelumnya lumayan pegel lah jalan kaki dari kantor sampe kos. Gileeee nggak ada bis, nggak ada taxi. Lumayan gempor deh. Banjir kali ini gede banget ya. Dan areanya makin meluas gitu. Yang biasanya ngga banjir eh kebanjiran. Yang memang udah langganan kebanjiran ya tambah tenggelem.

Gue dulu ngalamin yang namanya kebanjiran gila2an waktu masih kecil banget. Masih di TK deh kayanya. Rumah kontrakan kecil beralas tanah di pinggir kali Sunter yang hitam legam itulah yang setiap tahun kebanjiran. Masih teringat jelas gimana paniknya ibu nenteng 3 anaknya yang manis2 walaupun rada butek gara2 kebanjiran buat ngungsi. Sambil bawa buntelan pakaian ala kadarnya kita ngungsi ke rumah sahabat baik ibu dan bapak di daerah Kemayoran Gempol deket Lapangan Terbang Kemayoran. Dikasih tempat ruangan bekas gudang. Yah mau gimana lagi memang itu satu2nya tempat yang kosong. Ngarepin sodara2 ibu yang kaya2 buat bantuin kita kayanya nggak mungkin. Secara mereka itu tak sudi memandang orang melarat macam keluargaku. Hiks hiks, ini beneran loh bukan script sinetron.

Di gudang yang kecil dan pengap itulah gue, ibu, eyang dan adik2 gue umpel2an tidur selama banjir masih menggenangi rumah kontrakan kami yang selama banjir cuma dihuni oleh bapak ditemani beberapa oom gue.

Setiap tahun gue harus ngungsi. Setiap tahun gue dan adik2 harus rela kena disentri, kolera, atau penyakit pasca banjir lainnya.

Ibu pernah cerita yang mana ceritanya itu bikin gue nangis Bombay. Sempat setelah banjir besar tahunan, ketiga anak2 ibu gue yang imut marmut sakit semuanya. Kompak banget gituh yah. Dan tiga2nya udah lemas tak berdaya di tempat tidur dengan nafas tinggal satu2. Kedua orang tua gue udah nggak punya uang cukup buat bawa ketiga anaknya ke Rumah Sakit lagi. Mana rumah masih lembab. Mana banyak barang2 rusak. Akhirnya dengan putus asa ibu cuma duduk diem di pinggir tempat tidur sambil megang gunting. Itu karena pikirannya udah terlalu kalut. Terlalu pahit kalo diceritain sebenernya. Oh iya kenapa ibu pegang gunting segala gitu? Jadi menurut beliau kalo memang ketiga anaknya harus meninggal dunia bliaw akan langsung memotong nadinya buat meninggal barengan anak2nya aja. Hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa .. gue setiap inget cerita itu rasanya pingin nangis Untung saat itu ada dewa penolong yang langsung mengangkut gue dan adik2 gue ke Rumah Sakit sehingga nyawa kami terselamatkan. Hehhhhh .. mengenaskan.

Sepanjang weekend kemaren gue bener-bener menyimak semua berita mengenai banjir yang melanda Jakarta. Sambil sebentar2 ngelap air mata secara ya bo daku ini kan anak yang demikian perasa dan lembut hatinya. *dziggghhhh* Setiap melihat anak2 kecil yang bergeletakan di tempat-tempat pengungsian dengan pakaian ala kadarnya dan tanpa alas tidur yang memadai, dada gue rasanya sakit. Gue pernah jadi salah satu dari mereka. Pernah gue rasain hampir hanyut di kali Sunter gara2 ibu kerepotan nenteng 3 anaknya. Gue pernah ngerasain kedinginan luar biasa saat harus berjalan sendiri dan kaki2 kecil gue menembus banjir yang kotor untuk pergi ke tempat pengungsian padahal saat itu gue baru umur 4 tahun. Gue ngerasain tidur tanpa alas yang pantas. Gue ngerasain diserang penyakit pasca banjir sampai hampir meninggal. Tapi itu terjadi sekian puluh tahun lalu saat sarana dan prasarana di Jakarta masih demikian minim. Doooooh betapa sudah tuanya dirikyu hu hu hu.

Tapi sekarang????? Setelah kemajuan pembangunan demikian pesat. Setelah banyak orang2 pinter di mana2. Setelah dengan “PDnya” Jakarta memproklamirkan diri menjadi Kota Metropolitan, kenapa juga kejadian puluhan tahun lalu itu masih saja berulang. Bahkan lebih parah. Kenapa siiiiiiiiiiiiiiih ???

Bukankah semakin hari pembenahan di segala segi dan sendi kehidupan Jakarta itu seharusnya semakin baik? Bukankah setelah membangun selama puluhan tahun seharusnya Jakarta sudah bebas banjir dan menjadi kota yang indah dan bersih yang layak menyandang predikat sebagai Ibukota Negara dan Kota Metropolitan. Bukan begitu kan?

Sekarang korban sudah banyak berjatuhan. Puluhan nyawa melayang sepertinya belum berarti apa-apa buat Tuan2 yang terhormat di Republik ini. Yang mengaku sebagai Pemimpin2 dan Petinggi2 negara yang seharusnya mengayomi rakyat hanya bisa mengangkat bahu dan pasrah dengan what they called as “fenomena alam, fenomena banjir 5 tahunan”. WTF!!!!!

Semoga saja ya banjir cepat surut. Semoga yang ketimpa musibah masih terus punya semangat dan nggak putus asa. Semoga aahhh .. semoga apa lagi ya. Speechless rasanya. Mbuh nggak tau lagi mo omong apa. Mau dipisuhi sampe yang misuhi bibirnya dedel duwel juga nggak ngaruh buat Tuan2 yang terhormat di gedung Apem ituh. Mau disumpahi sampe nyang nyumpahi kelelep banjir tetep aja yang ngaku2nya Petinggi Pemerintahan Jakarta Raya ini ngeyel kalo ini adalah fenomena alam semata.

Yahhhh semoga sajalah. Semoga yang jelek2 berlalu dan yang baik2 cepat datang. Lagi2 Rakyat kecil cuma bisa bilang Semoga ….. sambil mbrebes mili ... hiks hiks ...


Sekian dulu yah. Maap kalo ada sale2 kate. Namanya juga lagi emosi ........

Sampai jumpaaaaaaaaaaaaaaa



Keterangan Photo
Itu banjir di Jalan Thamrin. Photonya daku pinjem dari sini .. tapi belom ijin hehehe .. itu namanya nyipet yakkk ...



6 comments:

andri said...

iya, aku juga kesal dengan jawaban fenoen alam 5 tahunan, kalo 5 tahunan kan harusnya justru bisa ditanggulangi ya ? lha wong itu rutin

Jeung Indie said...

Lha ya itu Mas Andri, jadi petinggi negara kok asal njeplak. Cari selamet. Kesel buanget akyuuu ... :(

Anonymous said...

Hiks.. terharu bacanya. Sutiyoso bisa baca ga ya, kalo bisa harusnya disuruh baca ini, biar belajar mikir.

Jeung Indie said...

Mas Wadehel,
Mending kalo de'e mau mikir. Lha yang ada di TIPI itu tampangnya jutek kok nek diwawancara soal banjir. Kira2 ingin mengatakan lewat ekspresi juteknya tuh gini "Emangnya salah gue kalo jakarta kebanjiran .. bla bla bla .@%^%@^%#$$$. Ya tunggu aja ntar juga surut sendiri tuh banjir"

Emang semprul semua kok orang2 ituh .. huhhhh !!

Okky said...

Jangan salahkan fenomena alam. Salahkan Sutiyoso dan Pemda DKI yang demen korup!!!
Btw, salam kenal :)

Anonymous said...

kayaknya benar yang dikatakan wimar witoelar.Sutiyoso adalah gubernur yang KORUP.Mudah2an gubernur selanjutnya takut TUHAN