Tuesday, August 01, 2006

Tattoo

Gara2 nonton Miami Ink di Travel and Living Channel soal tattoo mentatto keinginan gue untuk bikin tattoo muncul lagi. Hiks .. emang salah satu keinginan terpendam gue yang dari dulu sampe sekarang teteuuupp ada adalah mentatto pergelangan kaki gue.

Miami Ink itu apa sih? Itu nama tempat tattoo terkenal di Amrik sono. Ini serial domenter tentang suka dukanya bisnis tattoo, kehidupan artist2-nya trus design2 mereka dan kisah2 dibalik pembuatan tattoo itu. Ada 5 orang artist tattoonya yang salah satunya cewek dengan sisi kehidupan yang berbeda2. Gue lupa nama2nya. Selain mentatto mereka juga mendesign dan menggambar sendiri loh sesuai dengan permintaan customer. Wahhh keren2 banget loh designnya.

Tattoo di sana itu ternyata bukan cuma buat maling ayam aja atau penjahat2 penjagal seperti di Indonesia. Lha iya tuh .. kalo nonton buser dan acara sejenis setiap penjahat yang ketangkep pasti kan bertattoo. Di sana tuh cewek2 cantik semlohai aja minta di tattoo. Tuh kaya di gambar tuh. Bagian belakang itu paling banyak di minati cewek. Jadi kalo pakai t-shirt2 ngatung kelihatan deh tattoonya ngintip genit di belakang.

Banyak alasan ternyata kenapa orang2 mau mentattoo tubuhnya. Kemaren itu ada 4 orang ditattoo dengan alasan berbeda2.

Ada cewek cantik yang ditattoo di bagian belakang badannya kaya di photo itu tuhhhh dengan gambar cewek mungil cantik dengan mata besar dan bibir mungil merah lagi nangis darah . Duhhh hasilnya bagusss banget. Kaya lukisan. Warna2nya cantik. Alasannya nih cewek bikin tattoo karena dia selalu dihantui bayang2 sahabatnya yang meninggal. Trus dengan harapan dia akan merasa lebih tenang dia minta design tattoo kaya di atas tadi.

Ada cewek yang selalu inget alharhum kakeknya. Dia selalu merasa tertekan setelah itu. Trus dia minta di tattoo di punggung kanan. Tattoonya buagusss banget. Japanese character yang gue nggak tau bacanya gimana dan artinya apa. Trus ada gambar Mount Fujinya ditambah kelopak2 bunga sakura yang tersebar disekitarnya. Sumpeeeee gue sampe ngeces pengen banget. Designnya keren. Pengerjaannya halussss banget.

Trus cowok kekar kerja di kontraktor (kuli kali ye secara ya bowww kuli2 di amrik itu kan bule2 lohhh) . Dia nih katanya mo memulai kehidupan yang baru di karirnya. Dia ingin merasa kuat dan tattoonya itu sebagai symbol perubahan dan harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Akhirnya si Chris salah satu artist tattoo bikin design burung Phoenix. Gila banget detailnya bener2 perfect. Tattoonya di lengan kanan terus sampe ke bahu dan sedikit di punggung kanan. Gede gituhhh. Dan kuerennnn abissszzzz. Gue sampe terkagum2.

Ada lagi Drag Queen yang minta ditattoo Superman di bahunya. Supaya kelihatan lebih macho. Dan keluarganya tetep mengira dia macho sumacho getoohhhh.

Jadi ternyata menurut mereka itu tattoo bisa juga mendongkrak keadaan psikologis seseorang. Ohhh gitu yah. Gue tuh selalu kagum sama orang2 yang bisa menggambar/melukis seperti para artist tattoo itu. Gila banget ya imajinasi mereka. Gue dong .. cita2nya gambar kuda kok malah jadi kaya gambar kucing … Mau gambar orang malah jadi kaya gambar banteng …. hehhhh kapan yaaaaa gue bisa menggambar ….

Dari dulu memang gue pingin banget di tattoo. Seperti yang gue bilang di atas .. salah satu keinginan terpendam. Tattoo yang gue mau adalah yang melingkar di pergelangan kaki kiri gue. Kenapa kiri? Nggak tau juga deh gue. Pokoknya maunya gitu dehhh … sekian … nggak boleh protes dan nanya2 “kok nggak yang kanan aja”

Waktu gue ke Bbali sama temen2 gue yang cewek2 semua dan rada2 konservatif gituhh gue udah menetapkan diri buat mentatto pergelangan kaki gue. Gue tau, temen2 gue tercintah itu bakalan nenggelemin gue di laut kalo gue bener2 melakukannya …. Apalagi Bapakkyuuuu .. duhhh daku bisa2 digantung terbalik di pohon jambu depan rumah .. hwaaaaaaaaaa …… Tapi gue udah cuek. Tekad gue udah bulettttt ….

Akhirnya pada saat temen2 gue pergi jalan2 gue nggak ikutan. Gue bilang gue ada janji ketemu temen sebentar dan gue langsung ngacir pergi ke tempat tattoo di daerah Kuta. Gue dah lupa tuh namanya apa. Gue deg deg plas pas masuk. Orang yang di dalem rata2 pada mau ditatto semuanya. Lha iya lah dudulz .. Ntu kan tempat tattoo .. masa dia2 orang ke sono minta dicreambath sih .. dudulz ya gue kadang2.

Di tempat itu selain mentattoo permanent ternyata terima juga temporary tattoo. Uhmmm yang ada di sana gue malah jadi mules. Tanda2 kalo gue nervous berat. Mikir2. Bener nggak sih gue mau ditattoo. Nanti apa kata dunia persilatan … Ditenggelemin di laut nggak yah sama temen2 gue. Digantung terbalik di pu’un jambu sama bapak udah siap belom yah? Hiiii gue malah jadi pucet.

Si mas2 yang serem tapi baik hati dan punya senyum semanis madu akhirnya menghampiri gue.

Si Mas Bertattoo yang sepertinya berhati Rinto : “Mau di tattoo yah”
Gue yang masih mules : “Iya sih ceritanya”
Si Mas Bertattoo yang sepertinya berhati Rinto : “Kok ceritanya?”
Gue yang masih tetep mules : “Sayanya sih pengen banget. Cumaaaaaaaaaa ….”
Si Mas Bertattoo yang sepertinya berhati Rinto : “Cuma kenapa? Takut sama pacarnya yahhh ….”
Gue kok ya masih tetep mules : “Ihhh saya nggak punya pacar …. “ *sekaliyan pengumuman soale banyak cowok keceh disana hihihi*
Si Mas Bertattoo yang senyumnya semanis madu : “Trus?”
Gue yang udah nggak terlalu mules : “Bapak. Saya bisa digantung terbalik deh di pu’un jambu depan rumah sama bapak saya kalo saya ditattoo”

Eh si mas dan temen2nya yang ada di situ ketawa2 ngakak.

Si Mas Bertattoo yang uhuy : “Ya udah kalo gitu jangan di tattoo yang permanent dulu. Di tes dulu ajah pake yang temporary. Kalo ntar bapaknya ngamuk dan mau digantung terbalik kan bisa buru2 dihapus”
Gue yang mulesnya udah ilang : “Ohhh gitu yahhh. Berapa lama ilangnya tuh tattoo?”
Si Mas Bertattoo yang keliatan makin cakep : “3 bulanan deh”
Gue yang udah semangat : “Oke dehhhh Mas”
Si Mas yang makin cakep aje : “Yuk pilih gambarnya dulu”

Gue milih2 gambar. Nggak ada yang sreg. Maunya gambar dolphin binatang favorit gue. Tapi nggak ada yang buat melingker di pergelangan kaki. Adanya yang satuan gitu. Gambar2 yang melingker adanya yang syerem2. Ada kawat melingker .. Ada gambar tengkorak .. atau ornament bunga2an gituhhh … Gue nggak sreg ..

Si Mas yang masih setia padakyu : "Ada yang sreg?"
Gue yang pusing : "Nggak. Saya maunya tattoo dolphin yang melingker gitu mas. Tapi nggak ada di sini"
Si Mas yang selalu setia : "Diadain aja donnggg .."

Trus sibuk deh si mas … ambil gambar dolphin yang keren banget tapi cuma sebiji trus dibikin banyak sama dia … jadi kelihatannya bisa melingkar di pergelangan kaki gue .. Ditambah sana sini dikit sama ornament dan hasilnya kuerennnnnn jaya raya sodara2 ….

Si Mas bertattoo yang pinter : "Gini gimana"
Gue yang girang : "Ihhhh keren banget yah mas. Sip deh … Yukkk mainkan !"

Akhirnya dengan telaten si Mas membuat karyanya di pergelangan kaki gue. Wehhhh gue seneng banget. Baru separoh hasilnya aja udah keliatan keren. Temen2nya si Mas yang lagi nggak ada kerjaan ikutan jongkok ngeliatin. Trus nggak lama ada turis2 Jepang yang abis ditattoo permanent pada ikutan jongkok ngeliatin. Wah gue udah kaya topeng monyet aja ditonton gituuuhhh …. Dann selesailahhhhhhh semuanya ….

Turis2 Jepang itu langsung pada tepok tangan. Aslii keren banget sih hasilnya. Dolphin2 melingkari pergelangan kaki gue yang putih mulussss (biasa deh narsisnya keluar) dengan indahnya. Tuh Jepang2 pada ribut banget ngomong “kireeeeeiii neee … “ sambil ngacung2in jempol ke gue dan nepok2 pundak si mas bertattoo yang jadi makin cakep di mata gue karena pinterrrr ….

Dan bagaimanakah reaksi teman2kyu? Sebelom gue diceburin laut akhirnya gue bilang dong kalo itu temporary tattoo yang bakalan ilang setelah 3 bulan. Setelah panjang lebar pake presentasi segala sambil nunjukkin tempat tattoo gue yang ada penjelasan soal permanent dan temporary akhirnya pada percaya juga .. pheewwww … nggak jadi diceburin laut deh … hueheheheh

Selama sisa waktu di Bali lumayanlah gue jadi pusat perhatian kalo jalan2 terutama kaki gue .. Tattoo gue itu lahhhh emang yang menarik perhatian karena so nge-jrengg!!!!. Selama di sana kan gue emang selalu pake pakaian minim .. seperti celana pendek .. rok pendek … mumpung di Bali gituuuhhh … lagian waktu itu belom ada RUU APP. Jadi deh itu tattoo jelas banget terpampang di pergelangan kaki gue yang putih mulus dan jenjang .. (soal mulusnya gue bo’ong deng .. soale ada banyak sisa kecelakaan ke nyos knalpot motor heheheh .. apalagi jenjangnya .. udah pasti lah bo’ong banget)

Dan bapakkyu? Uhmmmmm .. tadinya bliaw nggak ngeh kalo ada yang beda di kaki kiri gue. Ibu gue yang ngasih tau ke Bapak kalo anaknya ditattoo kakinya. Ibu masih nggak ngeh soal permanent dan temporary. Tattoo is tattoo. Nggak boleh. “Nanti kowe disangka penjahat looo ahhhh” gitu komentarnya …

Bapak : “Apa tuh di kakimu”
Gue : “Tattoo pak”
Bapak : “Kenapa kok pake tattoo2an segala?”
Gue : “Abis keren sih. Tuh keren kan?”

Gue tunjukkin lah tattoo gue yang keren. Emang mirip sama tattoo permanent sih. Si masnya emang pinter deh …. Bapak gue kok tumben diem aja. Gue pikir bakalan langsung ada perintah untuk gantung terbalik di pu’un jambu.

Bapak : “Ini permanent nggak?”
Gue : “Enggak. Tadinya mau permanent. Tapi nggak jadi. Kok tumben nggak ngamuk Pak”
Bapak : “Bapak dah lihat waktu ke bali. Kalo tattoo itu ada yang permanent ada yang temporary. Jadi bapak yakin kamu pasti belom terlalu gila untuk bikin tattoo permanent. Berapa lama ilangnya?”
Gue : “3 bulan juga udah ilang ..”
Bapak : “Ohhh yo wis. Bagus tuh design-nya”

Phewwwwwwwwwwwwwww .. untung juga punya bapak suka pergi sana sini. Jadi rada2 gaul. Akhirnya selamat lah akyuuuu nggak dimarah2in. Setelah 3 bulan tattoonya ilang. Sedihhhh banget. Setelah itu coba cari2 tempat tattoo di Jakarta. Tapi belom nemu yang sebagus di Bali. Kelihatan banget kalo itu temporary tattoo.

Ntar ahhh kalo ke Bali lagi gue mau ke si Mas bertattoo nan ganteng dan dengan senyum semanis madu itu lagi .. mudah2an masih ada dianya …. Apa gue bikin yang permanent aja yahh sekaliann … uhmmm Bapak gimana? Ahh tapi nggak bakalan gue digantung terbalik dehhh soalnya pu’un jambu di depan rumah udah ditebang .. wekkkkk hehehehe …

Udah ahhhh … capek nulisnya ….



No comments: