Sunday, August 06, 2006

Nggak Bakat Jadi Orang Kaya Lo!

Kata orang2 gue ini aneh dan sangat tidak berbakat jadi orang kaya. Lho emang perlu bakat yah buat jadi orang kaya? Aneh banget. Trus yang dimaksud orang kaya di sini itu yang gimana? Yang pasti yah berhubungan dengan materi dong ah. Secara di Indonesia Raya ini yang namanya orang kaya itu pasti orang yang punya materi berlebih. Bukan begitu sodara2? Bukaaaaaaaaan .. eh Begituuuuuuuuuuu .. eh Iyaaaaaaa kaleeee.

Okeh mari kita mulai. Kenapa yah kok gue bisa dituduh nggak bakat jadi orang kaya? Uhmm coba di list ahhhh. Apa2 saja yang membuat orang langsung mengeluarkan sumpah serapah keji “dasar nggak bakat jadi orang kaya lohhhh !” itu ke gue.


1. Bermasalah dengan AC

Ruangan ber-AC kata orang nyaman. Iklan2 AC di TV yang menurut gue sangat bodoh itu selalu menempatkan orang2 yang memakai AC sebagai orang yang pintar dan cerdas .. trus sebagai Ibu yang bijak lah .. trus bahkan pemakai AC merk tertentu akan terbebas dari flu burung .. ihhhh enggak banget yah iklannya ….

Buat gue, ruang ber-AC artinya penderitaan. Gue nggak tahan dingin. Kalo kedinginan bengek gue kumat. Kepala posenngggg. Dan kalo lagi apes ditambah gatel2 sekujur tubuh. Dan kok ya kantor gue duinginnnya polll karena AC central yang tidak memungkinkan gue untuk merubah temperatur. Aihhh betapa malangnya nasibbbbkyuuuu ..

Jadilah gue di kantor menyediakan coat yang tebel. Belum lagi gue selalu bawa cardigan kemana2. Jadi di kantor gue udah susah keliatan sekseh karena gue slalu pake pakaian berlapis2. Abis dinginnya nggak nahan banget sehhhhh ….

Untung aja di tempat kos gue, gue bisa milih kamar yang AC atau tidak ber AC .. jadi siplah gue akhirnya ambil kamar yang ngga ber AC ajahhhh walaupun kadang suka dipandang hina oleh penghuni kamar ber AC dengan pandangan “ihh pasti karyawan rendahan yang punya gaji kecil deh secara ya kamar elo nggak ber AC gituhhh” Hehhehee yo wisss ndak apa2 …. Daripada bengek hayoooo !!!

Nah kalo gue udah mengeluh soal AC meng AC ituhhh pastiiiii deh ada komentar
“Dasar nggak bakat jadi orang kaya .. Masa nggak kuat pake AC“

Dan masalah muncul kalo harus pergi ke luar kota. Pasti deh gue langsung uring2an gara2 bete surete markete soal AC kamar hotelnya . Gimana yah, mau dimatiin kok sumpek tapi dinyalain kok kademen (kedinginan) Dasar nasibbbb ….



2. Ruangan Mewah

Hihihi norak deh gue. Gue tuh paling nervous kalo masuk ruangan yang sangat mewah. Semisal yah .. Kalo di ruangan itu dihiasi dengan barang2 yang harga beli per barangnya sama dengan gaji gue sebulan atau bahkan gaji gue setaon .. Eh beneran loh ada. Entah itu rumah tinggal, hotel, restoran atau apa aja deh. Pokoknya gue bener2 alergi masuk tempat2 mewah gitu. Bisa langsung sesek nafas … langsung nggak bisa menikmati apapun .. blank … kosong … hampa … aihhh apa sehhh ngawur banget ... Tapi benerrrrrrrrrrrrrr !!!!

Nah masalahnya, dengan profesi dan tempat bekerja seperti sekarang ini gue sering banget harus berhadapan dengan tempat2 mewah. Untung aja gue orangnya pandai, jujur dan tidak sombong yeahhhhh … Jadi yah tetap bisa menjaga sikap … atau ehmmm dengan kata laen .. nggak norak gituhhhh ….

Seperti waktu ada acara kantor yang mengharuskan gue ikutan duduk satu meja bersama Pakde Big Boss dan Dubes Jepang sak istrinya skaliyan .. trus ada Professor dari Jepang sak istrinya skaliyan .. pokoknya semuanya Jepang kecuali dirikyu. Makannya masakan Perancis. Dohhh jan gue ndak ngerti babar blassss. Mana nervous karena tempatnya yang mewah sumewah itu. Mana nggak ngerti pada omongan apa. Mana bahasanya kritingggggg semua. Huhhhh, jadi deh 2 jam duduk di situ dah kaya kambing congek yang biasanya tinggal di gunung makan rumput masuk kota trus dikasih makan kentang goreng … nggak nyambung blas …..

Pulang acara dinner gue malah kaliren .. laper berat euyyyy. Lha gimana enggak? Kebanyakan makanan gue pass karena bentuknya yang aneh. Ngeliatnya aja udah mual boro2 makannya. Pada saat itu betapa akyu merindukan pecel lele diatas cobek tanah liat plus sambelnya yang puedess polll ditambah lalap timun … hihihi …

Nah kalo gue cerita soal ini bumbu protes dan sumpah serapah ke temen2 pasti deh dikomentarin
“Dasar nggak bakat jadi orang kayaaaaaaaaaaaaaaa lohh ahhhh “


3. Naek mobil mewah

Pasti mual . Jannn percaya tidak percaya tergantung bagaimana anda menyikapinya. Sumprit samber gledek rame2, gue mualll kalo naek mobil mewah. Gue bukan orang yang gampang mabok darat seperti mbak2 yang baru turun dari gunung untuk merobah profesi dari kembang desa menjadi pramuwisma .. bukaaaaaaaaaaaaan yahhhh
Gue sih oke2 aja numpak mobil selama mobilnya masih biasa2 aja kaya punya bapak gue atau punya adek gue atau punya si Langsing. Tapi kalo udah mobil mewah seperti mobil bosskyu wahhh lain deh urusannya. Udah deh ahhh nggak usah dikasih tau lah model mobil mewah yang gimana dan yang biasa2 aja gimana yah yah yah. Kaliyan pasti deh lebih tau dari gue. Yang jelas nek sudah menumpak mobil bosskyu yang ada turunnya pasti kliyengan dan didalem mobil pasti mata gue setengah merem nahan mual …

Pernah kita pergi meeting ke salah satu Universitas Negeri terkenal di Bogor. Tadinya gue mau brangkat sendiri menumpak mobil Kijang yang emang biasa dipake karyawan kemana2 dan supirnya asli asyik diajak ngrumpi. Oke dehhh no problemo. Lha kok pas last minute bliauw boss minta ikutan karena menyadari meeting hari itu sangat penting suekaliii. Yee lagian kemaren kemana ajah kok sampe ndak sadar. Uhhhh bilang aja mo ikutan gueee. Bilang aja mo ngintilin gue ajah. Hehehehehe GR pooooool. Ya sudah akhirnya kita pergi bersama2 menumpak mobilnya yang baru gresss masih bau toko dan bikin akyu mualllllll dan bersusah payah menahan mau muntahhhh yang akhirnya bikin gue teler abis2an ….

10 menit pertama sih masih bisa ngrumpi sama bossye. Masih bisa diskusi soal project berjalan. Tapi berikutnya langsung kliyengan. Sumpek rasanya. Jawaban2 gue udah setengah kriting saking nggak bisa konsentrasi. Sampe si bossye tanya ..

Bossye : "What’s up Anthy? Kok pucet sih?"
Gue nyegir : "Nggak tau nih kok tau2 mual yakkk. Masuk angin kaleee"
Bossye : "Tapi tadi di kantor kayanya baik2 aja … "

Gue cuma nyengir. Lagian masa sih gue harus bilang …

“bossye .. gara2 mobil sampeyan yang mewah dan masih bau toko ini akyuuu jadi poseennggg .. mualll .. soalnya ya bossye .. akyuuu terbiasa naek metro mini yang anginnya banyakkk .. “

Nggak mungkin kaaaaaaaaaaaaaaaaan ……

Nah setelah tau salah satu kenistaan gue lewat cerita gue di atas soal rasa mual yang melanda kalo naek mobil mewah maka teman2 gue akan langsung berkomentar

“Dasar nggak bakat jadi orang kayaaaaaaaaaaaaaaaa ….. Udah lo jadi pengusaha metro mini ajahhh secara elo tuh yeee emang penggemar metro mini kelas wahidddd”

Itu bukan nggak ada ceritanya. Gue pernah naek metro mini siang bolong bersama seorang temen yang udah protes bulak balik saking panasnya padahal jendela sudah dibuka pollll. Dan temen gue makin napsu misuh2nya gara2 ngeliat gue malahan bobo dengan sukses .. huehehehhehehe. Dia bilang …..

“Gue belon pernah liat elo molor di patas AC atau di mobil selama ini .. ehhh di metro mini malah molor sampe mangap segala … Dasar geblekkkk!”



4. Takut Naek Pesawat

Ehhh jangan nyalahin gue dong. Ini emang udah dari sononya gue takut naek pesawat. Ini juga makanya yang bikin gue juaranggg dikirim pergi2 jauhhhh banget sama bossye. Soale bliaw mencemaskan kesehatan mental gue kalo dikirim jauh2 dan kudu numpak pesawat berjam2 . Bisa2 gue gila sebelom waktunya …

Bossye pernah ngakak waktu gue ceritain gue slalu menuliskan surat wasiat sebelom naek pesawat. Iiihhh segitunye yeee. Lha iya syumprittt polll. Gue takutnya dah sampe ubun2an. Rasanya di dalam pesawat .. ratusan mil dari tanah … kita tuh lagi untung2an ngadu nasib … kalo slamet ya idup .. kalo apes pesawatnya njebluk ya game over .. gituhhhh ….

Ada temen gue yang cantik berjudul Tricia bilang mungkin gue harus di KO dulu sebelom naek pesawat kaya si BA tuh yang di The A-Team (masih pada inget nggak pilemnya?) yang harus dibikin semaput dulu sebelom terbang. Lha tuh si BA yang macoh dan sueremmm aja bisa tatut naek pesawat kok apalagi akyu yang mungil .. lucu .. dan lemah inihhhh … aihh alesyyaaan nggak mutu ….

Gue pernah harus menghadiri satu workshop di Unibraw Malang bukan sebagai peserta tapi sebagai orang yang kudu bagi2 duit hihihi. Bawain duit biar acara tersebut berjalan lancar dan bagi2 duit biar pesertanya bisa pada balik lagi ke negaranya masing2. Gue dengan ransel berisi duit malah milih naek kereta malam daripada naek pesawat.

Salah satu peserta dari ITB yang tau diri sampek komentar

“Bu .. “ eeeeh iyah gue kalo di urusan kantor dipanggil ibu bukan karena gue kliatan tua tapi karena gue terlihat sangat bijaksana gituh … hueheheh gampar aja yukkk …

Terusin yak ..

“Bu .. kita ini rada2 nggak tau diri yah .. Ibu yang bagi2in uang aja datengnya naek kereta .. eh kita2 yang dibagiin uang malah naek pesawat .. “

Gue cuma tersenyum bijaksana ajahh sambil komentar dalam hati

“Nak nak .. kalo gue berani sih mendingan gue naek pesawat aja kaleee. Emang enak semaleman di kereta yang kalo mo pepsi (buang aer kecil –red) gue kudu jalan sempoyongan sambil kebelet ??”

Dengan kelemahan tersebut jadilah gue slalu dikomentarin

“Dasar nggak bakat jadi orang kayaa …. Nggak bisa deh lo liburan ke Hawaii .. soalnya kan yah bow kalo orang kaya liburannya ke Luar Negeri dan kalo ke Luar Negeri tuh ya biasanya naek pesawat nggak naek getek .. kalo lo tetep nggak brani naek pesawat ya liburan elo di Pantai Ancol aja yahhh “

Pheeeeeeeeeeeeeeeeewwww … nasibkyuuuuuu ….

Begitulah sedikit alesyaan mengapa gue kok dituduh nggak bakat jadi orang kaya hehehhee alesyan laennya masih buanyak kayanya. Tapi emang begitulah gue. Apa adanya aja lahhh. Selalu ingin merasa nyamannnnn. Eh tulisan ini buat fun aja loh yahhh. Jangan dimasukin hati. Soale penilaian akyu kan ndak sama dengan kamyuuuu gituhhhhh. Kalo akyuuu ya begityuuuuu. Eh tapi ada juga sih temen2 gue yang gembira ria dengan segala hal tersebut di atas. Terutama temen2 cowok yang medit sumedit kayanya sih …. Hehehehe … Katanyaaaa gini lohhhh …..

“Pergi sama elo itu biayanya muraaaaaaah jadi asyikk banget deh … Sering2 ngajak elo nggak bikin dompet gue kering ….. “

hihihi bisa ajaaaa deh kamyuuu …

Oh iya satu hal lagi yang kelupaan. Gue itu paling nggak mau punya pacar anak orang kaya. Beneran asli nggak mau! Bukan cuma sekedar merendahkan diri meninggikan mutu kok. Makanya sampe sekarang kalo ada yang naksir gue dan dia itu terbukti secara nyata adalah anak orang kaya gue pasti terbirit2 menghindar … hihihi aneh nggak sihhhhh????

Udah ah .. capekkk …. Sampe Jumpa yahhh ….


Keterangan Photo:
Biarpun nggak bakat jadi orang kaya tapi manis kannnn .. aihhhhh gubrakkkk !!!!!
Photo diambil di Halte Busway Setiabudi. Tujuan ke Senayan mau Jogging ehh enggak deng .. tepatnya mo makan tempe mendoan hehehe ….

1 comment:

Bangpay said...

ntar...
kalo disuruh tanpa AC di ternate, saya milih musuhan sama situ deh! Kalo di ruangan mewah, saya malah risih... saya ini kan sering ngupil, ha kalo pas buang upil terus ketahuan krn sakin bersihnya lantai kan pigimane hayoo? trus kalo mobil mewah? saya belum pernah naik mobil mewah (pengertian mobil mewah disini sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku... mentang2..hehehe), pesawat? tanpa pesawat, bagaimana saya bisa kembul bareng bini saya???