Monday, April 14, 2008

Pengaruh Lagu Dalam Kehidupan Jeung Indie

Lha ini kembali postingan berjudul sok serius model judul disertasi. Tapi dijamin isi teteup ancur lebur jadi debu. Huehehehe. Baca terus aja yakkk.

Buat gue lagu itu kekuatannya buesaaaarrr dalam hidup gue ini .. ceileee. Sumprit booo. Nih kalo lagi buandellll pleuss ngeselin ya gue ini .. dimana ibu sama bapak sampe numbuh uban satu gara2 ngasih tau gue tapi guenya ngeyel muluuu … Ehhhh tau2 aja bisa berubah gara2 denger satu lagu yang liriknya paaaaaaaaaaaaaas banget di hati … gituhhhh … Dan itu membuat orang tua gue mikir jangan2 gue kesambet jin iprit yang suka nongkrong di pojokan rumah huehhehehe ….

Trus kalo lagi sedih karena mutusin pacar … *yang ini sering booo sampe kapalan hati gue* … dan rasanya menangis pun aku tak mampu lagi .. uwoooo uwooooo …. Yaaa pas denger lagu yang liriknya menguatkan dan memberi semangat pasti langsung melek dan besoknya cari pacar baru … emang dasar ganjen kaleeee ….

Dari kuecillllll imut2 anak marmut gue ini udah terbiasa denger lagu soale. Ibu sama Bapak itu pecinta lagu2 enak taun jebot. Umur 4 tahun gue dah bisa nyanyi lagunya Nat King Cole versi Latin … yaa liriknya ya suka2 gue dengernya donggg …. Namanya juga masih kecil … Lagu favorit gue dari Nat King Cole itu judulnya Cachito

“Cachito .. cachito cachito toyoooo … esdesba .. esnoyy ..esetraaa …”

Ini lirik versi gue sendiri dan dinyanyiin dengan suara keras penuh perasaan …. Sambil merem2 … Yang ada ibu sama bapak sakit perut nahan ketawa .. Dan tetangga2 gue dulu sampe bingung dikiranya gue kesambet jin penunggu sumur .. lha kok kesambet mulu sih ya hihihi …

Umur 5 tahun dimana anak2 dengerinnya lagu Chicha Koeswoyo dan teman2nya gue lebih seneng denger lagu2nya Beatles atau Bee Gees. Nggak maen dah dengerin lagu anak2 .. hehehe sok teu yak …. Itu pengaruh dari Oom gue adek2 ibu dan bapak yang kebetulan ikutan tinggal di rumah. Ya kalo dari Bapak dan Ibu gue dapet pengaruh lagu2 tahun 60-an sama 70-an deh. Jadi waktu temen2 gue SD seneng dengerin lagu Ira Maya Sopha duet sama Kakek Ateng, gue anteng mantengin lagu2nya Jim Reeves. Anjrott. Pantesan gue pinter .. ehhh nyambung nggak sih? Huehehehe.

Pas SMP … gue pecinta Queen sejati pleus group2 Rock terkenal di jaman ituh. Yeahhhhh .. Rooooooockkkk babyyyyy !!! Sampe sampul buku PKK tuh gue pake posternya Queen yang gue beli di Stasiun Depok. Masih mending .. lha buku PMP gue pakein sampul gambar group band KISS lagi pada melet hueheheh. Langsung aja sama pak guru gue disuruh ganti sampul pake sampul coklat. Wekkksss sebellll .. kita kan Rock booooooooooooo …. Lagu favorit gue jaman itu “We Will Rock You” … kalo nyanyiin rame2 sekelas sambil mukul2 meja sama nendang2 temen ehhh salah … nendang2 meja jugakkk ….

Pernah gue ke Cilegon sekeluarga .. gue maunya lagu yang didengerin di mobil tuh lagu itu terussssss … Ibu gue sampe step liat anak2nya gedek2 sambil tereak2 ngikutin lagu. Awalnya bapak kalem2 aja … lama2 dia bete juga liat anaknya kaya orang kesurupan … Ehhh kasetnya pura2 nggak sengaja kebuang waktu kita turun di resto padang buat lunch .. Padahal sengaja tuhhhh …. hwaaaaaaaaaaaaa .. kejaaaaaaaaaaamm ….

Jadi pas SMP itu temen2 seperjalanan gue di kereta Jabotabek lagi sibuk gosipin Betharia Sonatha yang kemarenan manggung pake baju kodok .. gue sih lagi sibuk nyatein lirik lagu Queen di majalah Hai. Atau memandang wajah Fariz RM yang fotonya ada di dompet gue .. wakkakakakaka ….

Waktu SMA .. nahhh jurus flirting udah harus dikerahkan dong booo .. wakkakaka. Sebenernya sih tanpa jurus2 itu eike udah termasuk laris manis tanjung kimpul .. Soale eike kan manis .. imut2 anak marmut pleus punya sifat2 pramuka .. gitu lohhh … *sambil ngaca berdua Mr. Allie*. Ya ituuu mulai deh Love Songs tahun 80-an merajai dunia persilatan. Lagu2 model … Born To Love You nya George Duke, Boulevard nya Dan Byrd, I wanna See You Now nya Leon Hainess Band .. trus jazzy tunes ... Ada Heatwave .. Manhattan Transfer .. dan macem2 deh .. itu yang keinget aja sama gue yang gue tulis ... Wedeww pokoke 80’s itu the best era deh … Lagu2nya top2 booo …

Nahhh berhubung eike bisa maen gitar .. mulai deh mempelajari lagu2 ituu .. dan di acara2 tertentu gue tebar pesona bersama gitar gue .. yang membuat cowok2 banyak yang ngeces .. wakkakakkaa …. Yah namanya juga Jeung Indie ya booo .. mo gimana lagiii …. Hihihi …

Emanggg denger lagu nggak seru kalo kita nggak pake ikutan nyanyi. Biar kata suara kita cuma setingkat lebih enak dari suara ember dibanting tapi teteuppp kalo dah denger lagu dan ikutan nyanyi kita pasti berasa bersuara semerdu Oma Irama dah .. Iya kannn .. Ngakuuuu !! … Samaaaa .. eike juga gituuu … Nah berhubung demen ngikutin nyanyi makanya duluuu eike paling seneng kalo beli kaset yang ada liriknya. Kalopun terpaksa beli nggak ada liriknya ya sampe kuping panas pleus nungging2 dengerin suara penyanyinya sambil berusaha menulis lirik lagu sesuai dengan pendengaran pas2an …. Banyakan berhasil .. tapi ada juga yang aneh jaya .. khususnya lagu berbahasa Inggris. Ancuuuuuuuuuuuuuuuurr. Tapi namanya juga usaha ya boooo … Teteup harus dihargai …

Pernah di kantor gue yang lama ada seorang Ibu2 pujaan hati yang heran karena gue hafal lagu apaaa ajaaa yang diputer di radio. Kita kan sambil kerja suka dengerin radio.

Ibu2 : “Ndi .. kowe itu lagu apa aja kok apal tohhh”

Gue : “Iya buuu .. soale saya cerdas”

Langsung gue dilempar sandal jepitnya dia .. huhuhu keki banget kayanya dia.

Ya ituuu … Mungkin waktu kecil kan otak masih terang benderang .. pleus eike jenius tauuuuuuu *yang ini bisik2 ke Mr. Allie biar yang lagi baca nggak denger* … jadi lagu2 apapun yang eike denger pasti nyantol2 dengan sukses. Jadi perbendaharaan lagu2 di otak gue ini kayanya banyak juga.

Pernah gue denger lagu pop klasik dimaenin sama sebuah group musik di satu acara kantor tanpa sadar gue ikutan hmmm hmmm hmmm … gitu .. padahal gue nggak tau judul lagunya apa …. Biasa dong Ibu2 Pujaan hati nanya lagi .. emang seneng banget nanya2 tuh orang …

Ibu2 : “Ndi … lagu opo iki. Kamu kok bisa sih. Kan bukan lagu dangdut?”

Anjrittt emangnya kita taunya lagu dangdut doang apa yak .. hihihi .. Ibu2 yang aneh.

Gue : “Nggak tau buuu … kayanya aku denger lagu ini pas umur 2 tahun deh. Waktu disuapin sama ibu pake ikan asin. Heran juga bisa ngikutin. Pasti udah nyentel di kepala ini dari jaman dulu itu”

Ibu2 : “Oalahhh Indieee .. umur dua tahun itu aku masih blajar mbrangkang *merangkak –red* .. kamu kok dah bisa ngapalin lagu toohh”

Ya iyalah buu … Ibu kan masa kecilnya dijaman penjajahan .. yang ada kedengeran cuman suara peluru bledar bledor kaleee … wakkakakaka …

Nahhh begitulah boooooo …..

Buat gue setiap lagu yang bener2 berarti buat hidup gue di suatu saat itu bener2 bisa membawa gue balik ke masa itu. Contohnya? Halahh pake contoh sgalaaa sih .. Tapi oke lahhh .. apa sih yang enggak buat dirimyuuuu … ceileee … Bletakkkk!!!!

Kalo gue denger lagunya Through The Rain yang dinyanyiin sama Mbak Mariah Carey .. gue inget betapa gue berjuang buat bangkit saat gue bercerai untuk ke dua kalinya lagi. Sthhh eike ini bener Jeung Indie bukan Dessy Ratnasari tauuu …. Jadi situ nggak salah blog kok .. huehehehe …

Liriknya yang dalemmm saat itu bisa bikin gue membuka hati dan diri gue untuk nggak berlarut2 dalam penyesalan dan kesedihan … huehehhe sok serius gini ..

“I can make it through the rain .. I can stand up once again .. On My Own .. and I know .. That I’m strong enough to mend … Every time I feel afraid .. I hold tighter to my faith. And I know one more day .. I can make it through the rain”

Hiks hiks … srooottttt … Tuh kan liriknya bagus yaakkk. Makasih yaaa Jeung Mariah. Situ membuat eike kuwattt …. *peluk2 Mr. Allie* Jadi kalo gue mulai mellow minta dikeplak .. ya denger lagu ini aja. Energi perjuangan akhirnya bisa hadir lagi. Dan gue mulai kuat lagi … gituhhhh .. gampang kannnn?

Nah kalo denger lagu I Started A Joke nya Bee Gees jadi inget cowok gebetan pertama waktu gue kelas 1 SMP .. dimana si cowok cakep anak tetangga itu kelas 3 SMA. Hihihi. ….. Gue sampe kapalan belajar maenin gitar untuk lagu itu demi diaaa .. coba bayangkaaaaaaaann. Temen2 gue aja masih belajar ngelap ingus yang baek dan benar .. eh gue malah udah belajar maen gitar demi seorang cowok. Emang dasar dudulz si Indie.

“Jreeenggg .. jreettttttt .. bredettttt *ini karena jarinya terlalu imut buat mencet senar jadi kadang bunyinya gitar ngebrebed* …


“I started a joke, which started the whole world crying, but I didn't see that the joke was on me, oh no ,,, I started to cry, which started the whole world laughing, oh, if I'd only seen that the joke was on me”

Cowok cuek itu akhirnya nengok juga ke arah gue waktu gue mainin lagu itu sambil nahan perih di jari2 imut gue. Dia terpesona boooo … padahal gue waktu itu maen gitarnya sambil jongkok di pinggir got wakkakakakak …. Dan akhirnya kita deket dehhhhh walaupun akhirnya nggak bisa jadian soale keburu ketauan Ibu hiks. Skarang ya cowok itu udah tuwir. Anaknya yang paling kecil aja udah segede gue waktu pertama kali naksir dia. Jadi setiap denger lagu itu dimanapun gue …. Entah di Metro Mini atau di CafĂ© gue pasti langsung inget tuh cowok dan betapa perjuangan gue demi mendapatkan perhatian tuh cowok .. dan berhasil .. berhasil .. berhasil … *Dora mode ON*

Lagu apa lagi yaaa …. Nah ini booooo … lagu instrumentalia Mengheningkan Cipta. Ya Oloohhh gue langsung inget setiap upacara bendera kalo pas mengheningkan cipta kan pake lagu ini. Lagunya yang syahdu … bikin merinding diskoh .. dan bikin gue nangis Bombay Jadi kalo pas di Tipi kedengeran lagu ini …. Khususnya pas acara 17-an di Istana … gue langsung serasa kembali ke barisan dimana gue berdiri waktu upacara. Dimana saat itu gue sibuk nyusut aer mata .. Rasanya piluuuu gituhhh. Dan temen2 gue memandang gue dengan tatapan bego pleus heran sambil bertanya2 kok bisa2nya setiap hari senen gue nangis Bombay pas upacara … Kalo gue jelasin malah pada tambah heran .. “Gue bingung Ndi, lagu yang nggak orang nyanyinya kaya gitu kok bisa bikin elo nangis sih Ndi?” .. Huhhh dasar pada nggak punya hatiii .. huwaaaaaaaaaaaaaaaaaa ….

Ada satu lagu lagi .. nggak tau deh dirimu pada tau lagunya atau enggak .. Ini lagu booo .. Bikin melting .. melayang sampe nyungsep .. Lagu apa sih Jeung kok heboh banget … Ini lagu judulnya “When We Make A Home” Yang nyiptain Sadao Watanabe .. Trus yang nyanyi namanya Will Lee ... Suaranya adem banget …. Duhhh Ring Any Bells guys?… Dulu setiap denger lagu ini … yang kebayang kehidupan damai bersama keluarga gue .. artinya ya suami dan anak2 gue .. di rumah kecil di pinggir bukit … *hari giniii booo .. ini bener2 hanya mimpi kaleee .. rumah skarang kan di kompleks* .. yang full of love … damai … joy together … when we’re make a home … ahhhhh … Taunya skarangg … hihihi .. bertolak belakangggg .. Tapi teteuppp kalo lagi bete markete surete .. ya dengerin aja lagu itu …. Gue bakalan terbang ke rumah kecil itu seketika … dan damaiiii … melihat gue bersama keluarga kecil gue … dan bless gubrakkkk .. nyungsep soale lagunya dah abis .. huehehehhehe …..

(A lovely home.....ooh....)
When we make a home
When our love has grown
When all our apprehensions fade
And we can say "forever"
When we share our dreams
Everything we own
We'll build a life together
When we make a home

* Safe and warm (Safe and warm)
We're sheltered from the strom
(So we'll happy together)
When we make a home together
Love will last forever
Now our love is young
Facing the unknown (Forever more...)
But we'll find joy together
When we make a home

(A lovely home.....ooh....)
When our hearts are one
Though our minds are two
When we can cherish everyday
And fill our lives with laughter
We will dance and sing
In the setting sun
We've made a home together
When our hearts are one

Nah begitulah temen2 sekaliyan .. betapa kekuatan lagu dalam kehidupan gue. Masih banyak lagu2 yang begitu berpengaruh dalam kehidupan gue. Itulah kenapa gue slalu tidak merasa sendiri … Setiap gue merasa hidup kok kaya dibibir jurang .. gue cukup putar lagu2 kenangan gue … Banyak orang2 yang hadir lewat lagu itu. Banyak tawa dan senyum yang ikut hadir. Dan gue slalu merasa lebih kuat .. karena lewat lagu itu .. apa yang gue lakukan dan perjuangkan di masa lalu itu memberi kekuatan baru … Kalo dulu gue bisa kok skarang enggak? Lagu2 itu mengingatkan kembali siapa diri gue .. jadi istilahnya .. membawa gue melihat akar diri gue yang kadang terlupa karena kedudulan diri sendiri getoohhhh ….

Mungkin kita berbeda .. ceileeeeee … ada temen2 yang tidak mendapatkan kekuatan diri lewat lagu karena dulu nggak punya radio mungkin? Huehehe … kamsudnyaaaa pasti kita bisa mencari akar diri kita lewat macem2 cara getoohhh .. Nah kalo eike yang dudulz ini ya lewat lagu2 yang menggambarkan kehidupan gue di masa itu … Makanya ya booo gue masih punya kaset2 tahun jebott … Ada yang diproduksi tahun 83 booo … Itu sih si brondceh aja baru lahir kaleeee .. wakkakakkaa ….

Udah ya booo .. dah capek nih … Sambil ngetik gue dengerin lagu “You Belong To Me” nya Michael Buble … duhhh berasa ada di dunia laen .. hahhhh jadi hantu dong? Huehehehe … Udah coba sana dengerin lagi lagu2 yang dirimu suka dan punya arti … Resapi .. tutup mata .. dan biarkan dirimu terbawa ke masa dimana lagu itu begitu berarti … nahhhh .. pejamkan mataaaaa … dan lihat betapa imutnya Jeung Indie … hihihi … kaya hipnotis ajaa ….


Okeh semoga terhibur ya bacanya … Sampai Jumpaaaaaaaaaaaaaaaaaa !!!

4 comments:

si aDyA said...

Jeung... sama deh ama saia...
setiap kenangan, setiap episode, pokoknya apapun yang terjadi dalam hidup saia, pasti ada sountracknya...

kaya sekarang,, pas lagi jauh dari rumah, main soundtrack saia HOME (Michael Buble)...
sekarang ini lagi seneng ama Cinta Ini Membunuhku (d'Masiv)... hiksss...
*meluk bantal sambil nangis*

oia,, memori otak saia aja lebih banyak berisi lagu daripada materi pelajaran... *dasar emang saya yg bego.. hehehe...*


*nulis comment sambil dengerin Wait for You (Elliot Yamin)*

ah

Anonymous said...

jalan hidup saya sangat dipengaruhi smua unsur musik, terkecuali musik aneh yang mengandung nama mix-mix an gitu, trance yg aneh, dan tak diragukan lagi kalo saya banyak apal lagu-laguya bang rhoma irama.. oh... biar apa kata orang rock n dankdutz never die...

Anonymous said...

Jeung Adya ... Eike juga suka tuh lagunya Elliot Yamin yang Wait For You ... *peluk2 Jeung Adya*

Udah sana belajar yaa biar cepet pulang .. huehehehe

Anonymous said...

Bang R .. Toss ahhh ... Eike nih biar kata sebel sama jenggot Rhoma Irama .. tapi soal lagu Terajana faseh banget huehehe .. apalagi Judiiiii Yeahh! .. Rock dut itu yak ...

Ahhh senangnyaa mengenang masa keemasan kita yaaa ... ceileee ...