Friday, February 09, 2007

Menari

Kali ini bukan mo nulis soal dancing2 seperti yang sudah gue tulis di bawah sana tuh. Tulisan ini tentang kegiatan menari gue di masa lalu. Menari tarian tradisional Indonesia Raya. Yang gerakannya lemah gemulai dan sangat indah dari segi kostum.

Karena melihat tanda2 kebrutalan sudah nyata di kehidupan seorang Indie kecil makanya Ibu langsung memasukkan gue ke sanggar tari Jawa saat gue umur 5 tahun. Maksudnya biar gue rada luwes dan lebih berbudaya gituh hehehee. Tapi di kelas, duuuh udah paling kecil, paling bandel, paling ngeyelan pula. Tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii kalo kata guru tari gue yang namanya Pak Ary, gue ini yang paling luwes kalo nari dan paling cepet nangkep dan inget gerakan baru yang diajarkan. Tuhhh kannnnn ..

Lucunya sih kalo pementasan ya. Biarpun paling cuilikk gue ini slalu diikutkan dalam pementasan. Buat lucu2an kaleee yakkk. Misalnya nari Golek, kan posisi narinya persis kaya yang di foto itu. Nah gue tuh biasanya ditaruh di paling depan. Jadi lucu kan kelihatannya kalo yang paling tengah dan paling depan itu anak bawang yang sisi (buang ingus) aja masih dibantuin ibunya.

Tapi penonton kelihatannya gembira tuh. Sepertinya cukup terhibur gitu melihat gue. Soale daku kan obral senyum terus. Dan makin ganjen saat tahu diperhatiin dan ditepokin orang. Huehehe biasanya kalo turun panggung abis deh pipi dijawilin orang.

Pengalaman pertama nari untuk momen yang agak besar yaitu di suatu malam hiburan untuk tamu2 negara yang hadir saat pada konferensi internasional di Indonesia. Konferensi apa ya waktu itu. Wis laliiiiiiiiiiiiiiii.

Nah saat itu digelar cuplikan Sendratari Ramayana. Dikit ajaaa … yaitu pas Dewi Shinta diculik Rahwana mau diperistri trus dianya nggak mau eh malah mau membakar diri. Jadi apakah gue di sendratari itu? Yeahhh jadi API yang membakar Dewi Shinta. Jadi ada beberapa anak pinyit yang didapuk jadi api. Tariannya sih nggak susah. Cuma megal megol, ugat uget .. ya mirip api kalo obat abit kena angin itu loh. Biarpun dapet peran kecil tapi suenengeeee polll. Waktu udahan narinya, kan salaman sama pemimpin2 negara itu. Kepala gue dipuk puk (ditepuk2) sama mereka2 waktu salaman. Mungkin mereka terkesan ya soale daku kan paling kecil dan paling heboh narinya hehehehe …

Pengalaman seru lainnya waktu aku nari Minak Jinggo Dayun. Ehhh Minak Jinggo itu bukan cuma merek Rokok Kretek lo yaaaa. Si Minak Jinggo ini kan Raja Raksasa yang jahat dan mukanya serem. Mbuh lali kalo di Wayang dia tempatnya dimana. Di dasar kotak kale secara dia kan jahaaaaat wakakkakakak. Nah si Minak Jinggo itu punya pembantu namanya Dayun. Si Dayun ini anak laki2 kecil yang cupu dan rada bolot. Dia tuh senengnya niruin gerakan Sang Minak Jinggo. Pokoke setiap gerakan diikutin dengan gaya blo’onnya. Nah gue yang didapuk jadi Dayunnya. Yang jadi minak jinggo sapa? Ya Pak Ary, guru gue. Ya udah gue dengan gaya slengekan dan ngocol tapi tetap dengan style banci tampil beraksi deh di panggung. Orang2 pada ketawa waktu ngelihat gaya gue. Lha si Dayun itu kan emang tulul dan blo’on. Jadi alih2 dia ngikutin gerakan si Minak Jinggo malahan dia bikin Minak Jinggo bete. Akhirnya ada adegan kejar2an segala. Wah rameeeeeeeee. Gue dinilai berhasil memberikan roh halus .. eh roh pada peran Dayun itu.

Nah sejak penampilan perdana sang Minak Jinggo dan dayunnya yang kiyut yaitu gue *hihihi* itu sukses, maka kita seringlah diundang buat nari di acara2. Getooooooooooh.

Umur 9 tahun, karena gue pindah rumah ke Depok maka gue putus hubungan dengan sanggarnya Pak Ary deh. Jadilah gue penari tanpa sanggar .. huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. Bapak yang menyadari penderitaan gue akhirnya masukin gue ke sanggar tari yang ada di gedung kantornya di Jalan Bangka. Jadi tiap siang pulang sekolah, bapak jemput gue di SD Besuki buat dibawa ke kantornya. Sambil nunggu waktu latihan nari yaitu jam 3 sore biasanya gue bobo dulu di kolong meja kerja bapak. Kalo enggak gue nongkrong di perpustakaan kantor bapak buat ngobrak ngabrik bukunya. Umur 8 tahun gue udah khatam baca Ramayana dan Mahabharata yang ditulis Almarhum Pak Sunardi DM, bossnya bapak. Dulu itu kalo gue udah ndeprok sambil baca buku Ramayana, Pak Nardi suka ngintip trus ikutan duduk di sebelah gue sambil ngrumpiin isi buku yang gue baca. Akhirnya ke 2 buku itu dikasihin ke gue gara2 beliau takjub kok ada anak cilik mentik seneng baca buku berat gitu. Bukan cuma bukunya yang berat secara tebel ya bo. Tapi isinya juga berat. Bener2 buku yang isinya tulisan tok bukan buku bergambar. Gue pernah lihat di Gramedia buku yang ditulis beliau itu dicetak ulang.

Balik ke urusan nari yah. Nah di sanggar tari yang baru itu nggak ada anak kecilnya. Rata2 yang belajar nari udah pada mahasiswa. Pengajarnya gue lupa namanya .. Pak Sam apa sapa ya. Ya udah sebut aja Pak Sam ya. Nah si Pak Sam ini rada2 melambai gituh orangnya. Rambutnya gonjreng, gerakannya luwes gitu. Manis banget. Kaya Didi Nini Towok gitu deh modelnya. Gue rada heran ya, yang ngajarin gue nari itu kenapa juga cowok semua yah.

Gue di kelas tari itu teteupp jadi anak bawang. Temennya mbak2 yang udah gede. Tapi soal kualitas tarian hueheheheh mappp ya mbak, jauuuuuuuuuuuh. Soale kan gue udah nari dari pinyit sedangkan mbak2 di sana baru belajar.

Pada satu pementasan gue kok ya dipilih buat menarikan tarian “Srikandi Larasati”. Nah tarian ini tentang perang tanding antara Srikandi dan Larasati. Yang jadi Srikandinya salah seorang Mbak yang narinya udah lumayan pinter dan gue jadi Larasatinya. Kebayang dongg perangnya lucu banget. Si mbak yang udah gede lawan anak kecil huehehehe. Giliran mau perang pake keris itu yang seru. Adegan tusuk2annya jadi kocak banget. Jadi i Mbaknya narinya sambil nunduk agak bungkuk dikit sedangkan guenya nari sambil ndangak trus jinjit biar rada seimbang. Wah itu bikin orang2 pada ketawa. Nah di cerita itu kan Larasati kalah toh. Akhirnya ketusuk dan dutttt. Yang lucu begitu nari kelar, orang2 pada nyamperin dan bilang ..

“Pantesan aja Larasatinya kalah yaa .. lha masih kecil gini … “ *sambil ngelus2 kepala gue* huehehehe …

Sayang, gue ini orangnya bosenan. Akhirnya urusan tari menari Jawa itu kurang gue tekunin. Gue malahan ikut sanggar Tari Bali Diah Tantri di Depok. Gue cukup menyenangi gerakan Tari Bali yang lebih agresif dibandingin Tari Jawa. Cuma gara2 temen2 gue disitu banyakan yang bolot makanya kelasnya nggak maju2 dan bikin gue tambah bosen. Alhasil gue banyakan nongkrong di warung kolak daripada ikutan belajar nari *dasar emang males lo ah*

Urusan tari menari vakum setelah itu. Lama gue berkutet sama urusan sekolah dan kehidupan gue yang cukup hingar bingar. Setelah gue akhirnya lulus sekolah kemudian kerja dan hidup sudah lumayan mapan, gue pingin banget mulai nari lagi. Gue keliling ke mana2 cari sanggar tari. Tapi duhhh udah susah banget ya. Gue sempet juga ke tempatnya Alm. Pak Sampan Hismanto (beliau ini maestro tari yang duluuu banget berperan sebagai Semar di Ria Jenaka yang diputer di TVRI tiap hari Minggu) tapi ternyata udah nggak ada kelas tari regular adanya kelas private dan susah banget gue nentuin jadwalnya. Ehhh sebelum nari di sanggar deket kantor bapak, sempet juga gue belajar nari sama Pak Sampan. Cuma sebentar banget tapinya. Bu Sampan yang adalah istrinya Pak Sampan *ya iyalah semua juga udah tauuuu yak* itu masih ada hubungan kerabat sama ibu. Dulu gue belajar nari bareng anaknya Pak Sampan yang namanya Uniek. Uniek sih akhirnya jadi penari profesional dan kayanya jadi duta budaya juga tuh. Sayang gue mutung di tengah jalan gara2 kecapean dulu itu.

Oh iya gue juga sempet pergi ke IKJ trus Ke TIM segala tapi nggak nemu juga tempat dimana gue bisa nari lagi. Di TIM ada sanggar tari, tapi adanya kelas anak2. Yaelahhh masa gue belajar nari barengan anak TK. Malu kan yaaa. Ya udah akhirnya sampe sekarang hasrat gue ingin menari lagi nggak tersalurkan. Hiks hiks …

Kapan hari itu, udah agak lama sih gue lihat di Metro TV satu acara yang bikin gue miris. Hati gue rasanya pedih bagai teriris sembilu *hiperbola bangetttt*. Acara itu isinya cerita tentang seorang cowok Jepang yang belajar Tari Barong di Bali. Dia udah lumayan bagus narinya. Kelihatan banget kalau dia serius dan semangat sekali belajarnya. Dia bilang dia tertarik bener sama budaya Indonesia khususnya Bali yang menurut dia bagus banget. Dan waktu kamera diarahkan ke para pemain gamelannya, ck ck ck ada cowok Jepang juga disitu dan beberapa cowok2 bule yang menurut keterangan adalah cowok2 Australia dan Amerika.

Batin gue langsung menjerit apalagi setelah itu malamnya gue lihat di tipi, anak2 muda Indonesia malah sibuk dancing ala J-LO dan Britney Spears. Di stasiun tipi lainnya ada penyanyi yang ngebor, ngecor, nggergaji dan macam2 gerakan seronok lainnya. Rasanya kok sedih ya soale kenyataannya sekarang ini yang menghargai kekayaan budaya Indonesia khususnya di seni tari itu kok malah orang2 asing ya. Makin jarang aja anak muda sekarang ini yang mau belajar tarian tradisional. Rasanya gimana ya kalau kelak orang Indonesia yang mau belajar Tari Jawa tapi harus pergi ke Australia. Atau mau belajar Tari Bali tapi harus pergi ke Jepang. Atau kalau mau belajar nabuh gamelan belajarnya malah di Amerika *siggggggggggghhh*

Orang2 tua sekarang kayanya juga lebih bangga kalo anaknya jago breakdance atau jago R&B dance daripada “sekedar” pandai menari Gambyong, Golek, Pendet atau Panji Semirang ya.

Kebudayaan Indonesia sadar atau nggak sadar sudah terkikis oleh budaya2 yang datang bukan saja dari Barat tapi juga dari Timur. Adab sopan santun dan budi pekerti yang sedianya sudah ada sejak jaman nenek moyang kita malah berubah total dan menjadi sulit untuk dipahami. Kapan ya kita bisa jadi tuan rumah di negeri kita sendiri. Penjajahan di sektor budaya tanpa sadar sudah makin mengakar dan mendarah daging. Kasihan anak2 sekarang ini.

Seandainya kita mau kembali lagi ke akar budaya kita, mungkin kita akan menjadi bangsa yang sangat besar. Contoh India, di tengah laju teknologi yang deras, mereka masih begitu mengagungkan dan berpegang teguh pada budaya mereka. Nilai-nilai tradisi yang murni masih terus dijunjung tinggi kemanapun mereka pergi. Demikian juga dengan China dan Jepang.

Duhhh jadi sedih ya. Gara2 mau nostalgia soal tari menari kok jadi malah ke sana ke sini ya pikirannya. Tapi inilah kenyatannya. Inilah potret Indonesia sekarang ini. Tidak jelas mau berpegangan ke mana. Hiks hiks ….

Udah ah. Jadi sok tau gini gue. Tau apa sih gue? Yang jelas gue cuman pingin tau, di mana ya gue bisa belajar nari lagi. Ada yang tau nggak siiiiiiiiiiiiiiiiiiiih ?


Sampai Jumpaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ....


No comments: