Thursday, February 22, 2007

Mall Oh Mall ...

Gila ya bo pembangunan mall di Indonesia Raya ini ngalah2in pembangunan gedung sekolah dan pembenahan sarana umum lainnya. Ck ck ck. Generasi muda mau pada disuruh belajar di mall kaleee.

Dulu memang gue seneng lah jalan2 ke mall. Kalo ada mall baru boleh lah kita tengokin dan intipin isinya. Itu waktu masih muda punya stamina tinggi. Tapi sekarang? Gue yang makin tuwir ini kok males ya klalang killing nggak jelas urusannya di mall. Makin tua makin mumet kalo lihat orang banyak wira wiri. Senengnya di kamar. Duduk leyeh2 di sofa sambil ngupi. Nonton tipi atau cuman dengerin lagu2 fav. Trus masak.

Hah masak?

Iya boooo. Gue akhir2 ini demen masak banget. Setelah disinyalir oleh pihak2 yang kompeten dalam hal merasakan masakan enak bahwa masakan gue ternyata yahuuuud. Bisa bikin merem melek katanya loooh . Sampe kata Masye kalo dah tua nanti mo dibikinin bisnis Warteg .. hueheheheh ….

Gue nggak pernah tau lagi perkembangan mall baru di Jakarta Raya akhir2 ini. Karena tempat yang gue tuju kalo gue perlu belanja ya yang itu2 aja. Tempat yang gue kenal bener. Jadi kalo perlu apa2 udah tau tempatnya. Dateng jedul .. bela beli … bayar .. pulang. Kalo kudu keliling-keliling lagi duh duh udah nggak kuat deh ah. Maklum daku kan udah sepuh …. Jadi gue beneran kaya orang kampung sekarang ini setiap ada ngeliat mall baru.

“Wahhh ada mall baru yak di sini. Buset jarak berapa meter ada mall baru juga? Lhaaa ini mall kok adep2an gini? Buset deh di selempitan pinggir Jakarta juga ada mall ? Ck ck ck …. Pantesan aja Jakarta banjir muluuu”

Eh nyambung kagak yak komentarnya … hihihii

Sebenernya gue rada sedih juga sih dengan perkembangan per mall an itu. Mall kadang jadi senjata ampuh buat bikin anak kecil berenti nangis. Lha keponakan gue kalo nangis dikit aja langsung dijanjiin pergi ke mall sama emaknya. Temen gue udah ngeluh abis2an karena setiap weekend dia harus spend more and more money buat bawa anak2nya ke mall dan itu Harus! Kudu! Wajib!. Karena kalo enggak anak2nya bakalan bikin kompetisi menangis terlama di rumahnya. Dari kecil sengaja atau tanpa sengaja mereka dah dibiasakan untuk konsumtif. Kok bisa? Ya iyalah booo .. nggak mungkin kan kalo pergi ama anak2 cuman window shopping doang. Pasti dong ah ada yang dibeli. Minimal makan2 … beli2 mainan. Bisa gituh ngajak jalan anak2 di Mall tanpa beli apa2?

Eh gue terlalu sinis nggak sih? Hehehe .. ini cuman pendapat pribadi gue aja kok. Yang kadang mirissss lihat perkembangan per mall an saat ini. Yang miris lihat bayi2, balita2, anak2, remaja2 kok banyak ngabisin waktu di mall.

Seorang kenalan pernah dengan bangganya bilang gini ..

“Anak2 saya sih rumah kakek neneknya di Mall. Soalnya lebih sering ngunjungin mall daripada ke rumah nenek kakeknya …. “

Ck ck ck .. Bangga gitu yak. Buat emak2 atau bapak2 yang suka ngabisin waktu di Mall maapin yak. Bukan kamsud dirikyu menyindir sapapun. Daku hanya mengungkapan suara hatikyuu .. gituuuuuuu …. Ihik ihik …


Ada kejadian seru yang bikin gue tarik nafas panjaaaaaaaaaaaaaang banget. Waktu itu gue lagi ngobrol sama temen gue dan anak ABGnya yang baru duduk di bangku SD kelas 6. Kelas 6 berarti 12 tahun kali yak umurnya.

ABG : “Tante pernah ke Citos nggak?”

Sumpeee booo gue waktu itu nggak tau Citos tuh apa dan dimana. Yang gue tau cuman “Cheetos” snack fav gue terutama yang rasa jagung bakar. Huehehehe *Manasuka Siaran Niaga *

Tante Cantik (TC - ini maksudnya gue yak hihihi) : “Enggak. Emang apaan sih tuh”

ABG : “Idih tante kuno banget deh. Nggak gaul banget deh” *mukanya nyinyir banget waktu ngomong ini, pengen ngeplak deh gue*

Hekksss. Untung gue lagi makan enak. Kalo enggak udah gue tampol tuh anak. Emaknya tuh anak udah was was aja takut anaknya gue bantai secara dia tau gue itu rada kalap-an orangnya.

TC : “Hehehe. Tante soale sibuk jadi nggak tau soal2 itu. Mall bukan?”

Tembak langsung aja secara gue tau anak dan emak sama2 penggila mall.

ABG : “Iya tante. Mallnya asyik deh. Banyak anak mudanya. Pokoknya asyik tempatnya. Makanannya enak2. Tempat nongkrong yang seru. Cowok2nya keren2”

Gue cuman ngangguk2 dan tiba2 merasa tuaaaa banget. Berasa lagi duduk di kursi goyang dengan rambut putih sambil ditemenin sama hewan peliharaan gue yaitu Dinosaurus. Huehehe berasa gue ini berasal dari jaman batu soale Citos aja gue kagak tauuuu. Wakakkakakak.

TC : “Kamu sering nongkrong di sana”

Emaknya ABG (E-ABG) : “Iya tuh say. Gue tiap weekend kan kudu keluar uang extra buat dia. Dia kan kudu bergaul sama temen2nya juga. Kesian kalo enggak. Namanya juga pergaulan anak sekarang beda ama kita dulu”

Gue ngangguk-ngangguk. Heran yang ditanya sapa yang yang jawab sapa.

TC : “Eh dek, emang kamu kalo weekend gitu dibekelin uang brapa kalo ke mall sama emakmu”

Si ABG sambil maen2in hp sejuta umat seri terbaru yang lengkep kep kep fasilitasnya (dan bikin gue ngiri soale hp gue tuh ya hp taun jebot yang cuman bisa nelpon sama sms doang hehehe …. ) senyum2 sambil ngeliatin emaknya yang wajahnya udah memerah dan keliatan resah dan gelisah … aishhh bahasanya deh ah …

ABG : “Ehmm mama sih ngasihnya 300 ribu tante. Buat aku jalan sabtu dan minggunya. Kalo pas ada yang ulang tahun ya lebih deh. Soalnya kan buat beli kado. Trus kalo ada yang perlu dibeli ya ditambahin lagi sama Mama”

Gue ampir aja keplanting denger jawaban tuh ABG. Emang gue norak sodara2. Kebayang deh, buat dapetin duit 300 ribu gue tuh kudu kerja 8 to 5 selama beberapa hari. Trus buat orang2 kurang mampu, demi duit 300 ribu itu mereka kudu antri empet2an sampe ada yang semaput segala. Dan uang itu buat 3 bulan hidup mereka dan keluarganya. Ck ck ck. Tukang sampah, tukang becak, pemulung, tukang cuci … kerja banting tulang selama sebulan belum tentu dapat 300 ribu rupiah … *sigghhhh*

E-ABG : “Ya gimana ya say. Emang makanan dan barang2 di sana kan mahal2”

Emaknya tuh anak langsung nggak enak gitu liat gue terpesona. Sementara gue langsung keilangan napsu makan seketika. Hati gue kaya teriris2. Mungkin masih banyak ABG2 lain di luar sana yang punya emak model temen gue itu. Tapi yahhh apa mau dikata. Itu kan hak mereka yah.

Ngebandingin waktu gue kuliah dulu, bapak cuman ngasih uang Rp. 1,500 per hari. Itungannya buat naek angkot ke kampus 2 x @ Rp. 250,-. Pulang pergi jadi Rp. 1,000,-. Rp. 500 peraknya buat beli teh botol. Teh botol emang masih 500 perak waktu itu. Tapi berhubung daku anak manis dengan penggemar berbaris (mulaiiiiiiiiiiii deh berasa laris manis) .. jadi adaaaaaaaaa aja yang nraktir makan. Mayan bisa nabung Rp. 500,- sehari. Ceileee bener2 dah gue idup di Jaman Batu yak.

Eh tapi yaaaaa, hasil positif dari perbincangan gue dan anak-emak itu adalah gue jadi tau CITOS itu singkatan dari CILANDAK TOWN SQUARE yang sesuai namanya ya lokasinya di Cilandak dong ahhh .. Gitu aja nggak tauuuuuuuuuuuu .. huehehehhee … Berdasarkan fakta di atas .. maka waktu adek gue bilang di depok ada mall baru namanya DETOS dengan tanpa ragu dan yakin seyakin2nya gue langsung bilang gini ..

“DETOS itu DEPOK TOWN SQUARE kan?”

Dan ternyata betoooooooooooooooooooooooolllll !! Horeeeeeeeeeeeeeeeee !!!


Mengingat kembali masa kecil gue dulu. Emang kan di jaman batu belon ada Mall yak. Kalo weekend atau liburan bapak sama ibu seringnya ngajak kita jalan2 ke Monas, Museum atau cuma keliling Jakarta naek bis. Berekrasi sambil belajar gituh. Kadang2 juga di bawa ke pasar2 tradisional buat mengenal sayur mayur dan bahan makanan lainnya. Sampe ada tukang beras yang ngefans sama dirikyu secara dakyu ini dulu itu suka nyomotin beras trus dimakan gitu aja .. hueekkk kaya ayam aje ……

Kadang gue dan adek2 di bawa ke kampung2 kumuh dan bersosialisasi dengan anak-anak di sana. Supaya gue yang masih imut itu sadar betapa gue masih jauh lebih beruntung dari mereka. Gue bawain mereka baju2 bekas gue. Buku2 bacaan bekas. Pokoknya sedari dini harus belajar untuk berbagi dan peka terhadap penderitaan dan kesusahan orang lain.

Saking kreatifnya, bapak pernah ngajak gue jalan2 ke pabrik tempe. Dan setelah melihat langsung proses pembuatan tempe, anaknya yang lucu imut2 itu langsung jijay dan nggak doyan tempe lagi. Itu yang bikin istrinya bapak (ya ibu gue dong ahhhh) ngomel2 terus. Untung aja skarang dah mau lagi makan tempe yang ternyata enakkkkkkkk ….

Ya ibu dan bapak kudu kreatip lah kalo mau anak2nya jadi pinter dan berkembang wawasannya. Harus bisa memberikan “nutrisi” yang baik untuk pemikiran dan akhlak mereka. Harus mau belajar untuk bisa menjadi lebih baik dan menjadi contoh buat anak2nya. Harus bisa membantu mereka untuk bisa berpikir kreatif dan menggunakan kreatifitas mereka untuk membantu mereka survive di kehidupan bermasyarakat. Syukur2 bisa dibagi sama orang lain disekitarnya. Mangkane jadi orang tua itu nggak gampang kan? Bukan cuma anak dijejelin mainan atau materi lainnya tapi harus rajin mengenalkan anak2 pada lingkungan dan dunia sekitarnya. Gituhhhh … Prok prok prok *gue tepok tangan sendiri*

Tapi kalo gue amati emang banyak orang tua modern sekarang yang nggak mau capek ya bo. Kalo weekend yang ada sibuk ama diri sendiri. Alesyannya .. “aku kan capekkk kerja. Weekend ya waktunya santai dong ah” Hasilnya, anak dikasih segepok duit buat jalan2 ke mall. Atau anak dikasih mainan biar pada diem aja nggak ganggu istirahat mereka.

Ihhh gue kenapa jadi sok teu gini sihhhhh .. hihihi ….Anak juga belon punya sok berteori. *ketok2 jidat*. Udah ah .. ngomongin mall kok melenceng sana sini … Habis piye ya .. kadang2 mesakne sama anak2 sekarang. Aku bilang kok jadi pada kurang kreatif gitu. Soale hari gini segala ada. Kalo jaman aku kecil dulu kan sangat2 diajarin untuk menjadi kreatif karena memang jaman dulu itu nggak segala ada. Beda jaman kale yakkk …. Tapi tetep aja ah aku prihatin … *ngeyel*



Jadi inget beberapa hari lalu betapa aku dipandang hina dina oleh seorang temen yang tinggal satu kos gara2 keminiman informasi soal per mall an.

Temen : “Gue weekend kemaren abis2an deh ditodong keponakan2 gue buat nge mall Abis banyak lah gue.”

Gue : “Huehehe kemane aje”

Temen : “Pertama makan di ……. (gue lupa dia nyebut nama apa) trus .. ke Plangi nyari komik (gue mikir2 .. ah inget .. Plangi = Plaza Semanggi .. kecillll dah) .. trus ke TA soalnya katanya ada discount (mikir keras … ehmmm ahhh gue inget temen gue pernah bilang TA = Taman Anggrek) .. trussss malemnya masih belon pada puas .. kita ke Sensi deh.

Nah sampe sini .. setelah berpikir sampe nyut2an. Mencari informasi di memori otak tua gue kok nggak nemu2 juga apa sih Sensi itu?

Temen : “Si Usro langsung ngajak cari makanan lagi. Dasar emang dia doyan makan banget. Trus kita beli donat di (lupaaaaaaaa) .. makan lagi di …. (blas kagak inget namanya). Si Ucrit dasar ABG sibuk cari baju model Baby Doll yang lagi ngetop di majalah2 itu loohhhh. Kluar masuk butik nggak dapet juga”

Gue nggak konsen dengerin. Selain terkaget2 sama gaya belanja anak2 sekarang ditambah gue masih mikir2 Sensi tuh apa sih? Dimana sih? Akhirnya donggg .. gue memutuskan buat tanya daripada gue bingung2 ..

Gue : “Boooooo .. Sensi tuh apaan sih “ *pasang muka polos banget atau bego banget? nggak ada bedanya soale hehehe*

Temen gue mukanya langsung berubah. Langsung kelihatan nggak tertarik buat ceritain safari mallnya lagee. Dia jawab dengan nada jutek dan pandangan males-deh-ah-cerita-sama-orang-nggak-gaul-model-eluuhhhh.

Temen : “Sensi tuh Senayan City” *dia menjawab singkat, jelas, padat dan bete*

Gue : “Ooooooooooooooh … di Senayan yak “

Temen : “Ya iyalah. Namanya juga Senayan City. Udah ya gue ke kamar dulu”

Hwaaaaaaa suaranya ketus gitu. Hihihiih ya maap ya mbakyu. Daku kan nggak taoooooooooo …..

Udah ya udah kepanjangan .. Sekiyan dan terima kasih.




Sampai Jumpaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !!!



1 comment:

Anonymous said...

tante ga' setua itu kali, emang aj tante lagi sibuk jd aagak ketinggalan perkembangan pe Mall AN tapi tu anak kagak mikir kali ya emak bapaknya nyari duit pontang panting tapi lumayan menghibur lah ceritanya jaditau deh bhwa orng dewasa gak selamanya tau tentang mal jadi aku gak mlu2 amat hehehehehehehe gak penting juga ya