Tuesday, January 08, 2008

Cerita Juned dan Pahlawan

Huaaaaaaaaaaaaa dah lama juga nggak nulis yaaa. Ngapain aja sih Jeung? Lha itu lohh. Biasa jeung Indie kan makhluk sok seboookkk jadi ya begini. Hehehe. Gimana awal tahun barunya? Baik2 semua kaaaaaan? Bagooooooosssss …..

Jeung Indie? Baguuusss juga sihhh … Cuma ya masih harus kerja keras demi mencapai cita2 diri yang luhur …. *memandang langit sambil berkaca2 dengan gaya pembaca puisi hueheheh* Makanya kita saling mendoakan yaaaa boooo biar semuaaaaanya sukses. Biar semuanya happy slaluuuu .. Horeeeeeeeeee !!

Udah dong aaaaaaaaahhh pembukaannya. Mari mulai bercerita …

Eh eh sebelomnyaaaa … Eike nih booo sebagai penulis dan pemilik sah blog yang ehhmm … kerrrr … cerrrrr … ehmm .. bagggg .. ehhh gilaaaaaaaaaaa iniiiiii mengucapkan trima kasih yang sebesar2nya atas apreasi yang sangat positif dari para pembaca … hiks .. srooooooooot. Dannn senanggnyaaa akyu karena tulisan edan yang selama ini eike tulis dengan perjuangan dan doa *tweeeeeeewww .. back soundnya Gitar Rhoma Irama* ternyata bisa menghibur hati pembaca sekalian .. hiks hiks .. terharuuu ….

Sekian beneran pembukannya. Hueheheh pembukan aja sampe tiga paragraph. Kalo gue jadi ketua RT udah dipecat sebelom masa jabatan abis kaleee .. soale kalo pidato pasti lamaa …. Keburu tumpengnya rubuhhhh kalo selametan ….

Kemaren di berita TV gue denger satu ungkapan yang kayanya skarang ini kurang populer di masyarakat .. apakah itu? Yup ! Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya”. Semboyan atawa slogan itu kayanya hari gini di Indonesia Raya ini hanyut bersama banjir bandang .. atau bahkan terkubur bersama longsoran tanah. Hihhh sedih yaaa ….

Nahhh itu seriusnyaaa … Gue teteup punya crita gila soal yang satu itu … Gue ini biarpun kelihatannya cantik .. ehh maksudnya biarpun kelihatannya urakan .. tapi gue bisa tau2 nangis terisak2 kalo lihat patung Jendral Sudirman lagi hormat di Jalan Sudirman. Hiks .. iya teringat jasanya berjuang di hutan .. padahal dia lagi sakit .. dithaaanddhuuuu .. chooobaaaa bhaaayangkaaan .. huwaaaaaaaaaaaaaaaaa … hiks hisk sroooooooot …

Pilem favorit gue jaman kecil adalah “Janur Kuning”. Itu pilem perjuangan yang slalu nongol di TIPI ER I tiap tanggal 17 agustus. Dan gue dulu selalu merasa ikut jadi pahlawan kalo liat pilem itu .. hihihi .. anak kecil yang aneh. Tapi gue paling anti nonton pilem G 30 S PKI. Syeremmmmmm.

Lha critanya mana? Oh iyaaa lupaa hihihi …

Jadi dulu waktu gue kuliah gue punya pacar asli Ujung Pandang tapi kelahiran Jakarta *nggak asli kaleeeeee* Apa kareba? Baji baji miiiii. Nahh si pacar tercintah di jamannya dulu itu kedatengan sodaranya dari kampung halaman. Kita sebut saja namanya Juned ya miiiii …. Hihihi ada gitu yak orang Makassar namanya Juned. Nah si Juned ini belom pernah ke Jakarta booo. Dia liat Jakarta cuman di tipi atau di kalender doaaaaaaaang. Jadi seneng dong booo dia ke Jakarta.

Si Pacar dapet tugas dari emak bapaknya buat ngajakin si Juned ngider Jakarta biar dia senang gituh. Dan dengan kejinya si pacar menjadikan gue partner bete ngider bersama Juned yang omongannya susah di mengerti … sighhhhh. Mana mukanya tuh anak polos gituh. Gembira, sedih, kaget, terperangah, kesel teteuuppp sama tampangnya. Kagak jelas. Padahal tuh anak lumayan cakep cuman ya ituhhh karena tampangnya datar jadi kaya o’on malahan .. hihihi …

Oke dah slama 3 hari gue gempor nemenin si pacar dan Juned ngiderin Jakarta. Mulai dari Taman Mini yang bikin gue hampir nonjok dia gara2 ngantri kelamaan di Keong Mas, Dufan Ancol yang bikin dia muntah2 *sukuriiiiiiin hihihi*, Monas yang dengan kejinya gue nyuruh dia naek sendiri soale kalo gue ikut gue pasti nggak bisa menahan diri buat nggak dorong dia dari pucuk monas huehehhe, Blok M buat blanja dan si Juned dengan menyebelkannya cuman beli ikat pinggang di emperan setelah hampir 3 jam gue jompor ngiderin Blok M. Dan serunya si Juned minta juga dianterin ke Stasiun Gambir pluesss Tanjung Priooooooookkk. Kalo Bandara pan dia udah liat waktu datang. Iya bapaknya pacar mengirimi ticket pesawat buat si Juned soalnya katanya nggak tega nyuruh dia berenang dari sana .. huehehehehhe. Gara2 panduannya si Juned itu Kalender jadi gambar Jakarta yang ada di kalender ntu dia minta datengin semuanyaaaa … mantep nggak tuhhhh.

Hari pertama gue jalan gue masih bisa ketawa2. Hari kedua yang sisa tinggal senyum dikulum. Hari ketiga gue banyakan meringis sama misuh2nya. Capeeeeeeeeek. Mana si Juned banyak tanya dan banyak maunya. Huhhh berasa ngangon bebek .. capekkkk cuman nggak ngerti bahasanya .. ya iya lah booo bebek kan bunyinya wek wek wek doang .. mana kita ngartiiiiiiiii …

Hari ke 4 si Juned manyun soale kita kagak ngarti dia maunya apa.

Gue : “Juneed .. ini udah 1 jam gue intrograsi elo .. elo maunya kemana sih dudulzzz. Gue kagak ngarti dari tadi elo ngomong apa.

Juned : “Itu mi … !%^#%^&& … Pahlawan kita miii … Aku mau tahuuu”

Duh dari tadi tuh si Juned ngomong soal Pahlawan muluww …

Gue : “Satu kata … Pahlawan .. ehhh … elo mau ketemu Pahlawan? Pan udah pada meninggal semua dudulzzzzzzzzzzz”

Gue udah hampir nyari tambang dan tiang gantungan … Pacar gue ngakak sampe nungging2 di Pojokan .. Si Juned teteup dengan gaya lempengnya yang bikin gue nyaris memutilasi dia …

Juned : “Aku tau itu miiii …. Tempat orang meninggal itu kita pergi”

Gue mengerahkan semua kecerdasan gue buat mencoba mengerti maunya. Pacar gue dah jelas kagak cerdas makanya kagak nyampe2 dah urusannya.

Gue (ngasal) : “Elo mau ke Taman Makam Pahlawan”

Juned : “ Iyaaaaaaaa miiiiiii .. itu maksudkuuuu” sambil teprok tangan dia tapi teteupp mukanya datar

Gue : “Yeeeee .... Bilaaaaaaaang dong dari tadi dudulzzzzzzzzzzz”

Pacar : “Yuuuuuuuk cabut ke Kalibataaaaaaaa”


Akhirnya sampailah 3 orang anak muda Indonesia yang begitu menghargai pahlawannya *hehehe yang 2 kayanya kepaksa sehhhh* Dengan gaya pejuang sejati si Juned maen mau masuk ajeee lewat pintu gerbang yang dijaga sama tentara. Ya kagak boleeeeeeeeeeeeh dooong. Lo kate Taman Kusir.

Kita kudu laporan dulu di pos jaga mau mengunjungi sapa dan menjelaskan hubungan kita dengan si Pahlawan getooh buat di catet di buku.

Gue seret si Juned ..

Gue : “Lo mau lihat makam pahlawan sapa?”

Juned : “Pahlawan Revolusi Mi”

Okehhhh langsung yang ada otak gue cuma Jendral Ahmad Yani. Gue emang paling diandelin sama si Pacar kalo udah urusan speak2 bombay soale dia emang rada dudulz kalo ngadepin orang. Gue maju ngadep Pak Tentara yang tugasnya introgasi orang yang mo ziarah trus nulis di buku.

Pak Tentara : “Mau ke makam siapa mbak?”

Gue : “Jendral Ahmad Yani Pak”

Pak Tentara : “Keluarga?”

Gue : “Iya pak. Saya anaknya keponakannya Ibu Yani Pak. Ini mau nganter sodara saya yang baru datang dari kampung pak. Kasihannnn soalnya .. bla bla bla bla …. Cuap cuapppp …”

Pak Tentara : “Oke okeeeeeeee .. nih tulis namanya sama tanda tangan ya. Nggak usah ceritain kalo bapaknya sodara kamu itu selingkuh segala doooong .. Emangnya inpotainmen”

Gue : “hihihi iya pakkk. Maap yaaaaaaaaa”

Akhirnya masuklah kita bertiga. Dikasih direction sama Pak Tentara lokasinya makam Jendral Ahmad Yani. Kalo enggak ya nyasar lah booo pan luaaas banget pemakamannya. Sumpeeee itu pertama kalinya juga buat gue masuk TMP Kalibata. Bersiiiiiih .. rapiiiiiiiiih .. ademmmm. Betah juga gue di situ. Ada danaunya gedeeee. Pokoknya asyik juga tuuuh suasananya. Nggak ada rasa serem tuhhh. Si Juned sibuk ngider2 ngeliatin Nisan. Kalo ada nama pahlawan yang dikenal dia jingkrak2 …

“Haiiii .. ini makam Tendean miiiiiiiii …. Inii diaaa Makam Jendral Ahmad Yaniii”

Gue dan si Pacar akhirnya berdoa juga dengan khusyu di depan makam Jendral Ahmad Yani. Sambil doa gue juga bisik2 ke Pak Jendral

“Pak maapin yak udah ngaku2 keponakan .. hehehe soaleee kalo nggak gitu saya nggak bisa ziarahin bapak … maappp yak”

Sumpeeeeeeeeee .. ini pengalaman yang berharga banget buat gue walaupun nggak direncanakan. Ziarah ke Makam Pahlawan booooooooooo. Akhirnya ada kali 2 jam gue ngider sama si Juned dan gembira kalo bisa nemuin nama Pahlawan yang namanya ada di buku sejarah. Dan sejenak gue berdoa dan berterima kasih atas andil dan jasa2 mereka yang sudah membuat Indonesia Raya menjadi seperti ini … hiks hiks ..*memandang dasi pramuka merah putih ..*

Gue berterima kasih sama Juned biarpun dia kagak ngarti. Soalnya dangen kepolosannya gue malah dapetin sesuatu yang sangatttt berarti dalam hidup gue. Gue ingin menjadi seorang yang bisa menghargai pahlawan. Dan saat ini gue ingin menjadi seorang yang selaluuuuuuuuu bisa menghargai siapapun yang membawa kebaikan di kehidupan ini … *ceileeeee segitu seriusnya bacanyaaaaaa* hihihi

Hari ke 5 Juned pulang. Sedih juga gue. Terus terang di hari ke 4 gue baru bisa melihat istimewanya si Juned. Dan di hari itu juga bisa menghargai dia dengan sepenuh hati. Huhuhu sinetron sekaleeee. Di bandara dia kagak mao gue peluk. “Kau bukan muhrim mi” katanya. Hiks ya udah salaman ajaaaa. Bye bye Juneeeeeeeeeed ….

Udah yakkk .. udah kepanjangannnn .. Salam buat Juned? Ya nggak bisaaaaaaaa. Hubungan bilateral gue sama si Pacar itu udah putus tus tus. Nggak ada kontak jadi nggak bisa nyalamin ke Juned. Maap yaaaaaaaak ….

Okeeeeh Salam Kumpaaaaaaaaaaaak semuanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.


Keterangan Poto

Salah satu makam di TMP Kalibata lagi diziarahin sama Pak JK dan Ibu … Tuh liat di tiap nisan pasti ditaro helm tentara. Gambar gue pinjem dari www.setwapres.go.id.

“Telahhhh gugur pahlawankuuuu .. Tunai sudah janji baktiiiiii .. Gugur satuuu tumbuh sribuuu .. tanah air jaya saktiii”

H
ayoooo masih pada apal nggak lagu Gugur Bungaaaaaaa …



3 comments:

Anonymous said...

dasar gendeng...

eh...kalo gue suru nemenin tuh juned...gue seh gk banyak bacot...tinggal gue gali lobang di TMP Kalibata trus gue suru dia nyemplung tp sebelumnya gue tutup matanya pake kain trus gue bilang... "DARAH ITU MERAH JENDRAL !!!"...sambil gue suru dia masuk ato mati *sama aja yak*...

udah ah...ngaco banget nehg...hahah...

Anonymous said...

anjriiit... loe tu luthu banget sih... boooo, gw ampe nangis bombay baca tulisan loe sking ngakaknye...

aniwei, gw juga org makasar ni, numpang lahir doang tapi, pas umur 3 taon gw dibawa ke antah brantah... akhirnya jadilah gw disini...

tulisan mu sungguh menghina kaum kami... *bantaiiiiiiiiii!!!!* kidding miii.... hwehhwehwhehwhehe

Anonymous said...

Akbar, Untung tuh anak nggak ngajak ke lubang buaya .. lo tau dong booo ada apa di pikiran iblis gue ... wakkakaka ...

Andi, Tenang miiiii ... biar bagaimana .. aku tetap mengagumi si Juned miiii .. Hidup Makassar !!!

*ngibarin bendera merah putih*