Tuesday, August 28, 2007

Gue dan Becak

Saya mau tamasya berkliling killing kota
Hendak melihat2 keramaian yang ada
Saya panggilkan becak kereta tak berkuda
Becak becak! Coba bawa saya

Saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
Melihat dengan asyik ke kanan dan ke kiri
Lihat becakku lari bagaikan tak berhenti
Becak becak! Jalan hati-hati.


Ingat nggak lagu soal becak itu? Itu lagu biasanya diajarin waktu kita TK. Ehhh yang di ujung itu nggak pernah sekolah di TK yaaa … hheeehh!?? Langsung SMA ….. ihhh bisa aja deh kamyuuuu … *towel2 pake linggis*

Itu judulnya maksudnya apa sih? Gue dan Becak? Maksudnya pernah jadi tukang becak gituuuu? Euhmm berhubung penulis sok laku apakah ini cerita mengenai pacar yang berprofesi sebagai tukang becak? Bukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaann !!! Ihhhh nuduh aja deh yaaaa ….

Gini lo jeung2 semuanyaaaaaaaaaaah, gue ini penggemar becak. Kamsudnya, seneng naek becak. Soale rasanya santai dan damai pleuusss anginnya yang membelai lembut rambutku yang terurai hitam dan bergelombaaaaaaaangggg *gaya A Rafiq ngibas2 celana cutbrainyah* … ceileeeeeee .. naek beca aja segitu bahagianya yaaak … hihihi

Saking demennya naek becak sampai2 hampir semua tukang becak yang bercokol eh kok bercokol sih .. mangkal maksudnya .. iya hampir semua tukang becak yang mangkal deket rumah apal mati sama gue. Pernah suatu ketika gue turun angkot sama temen gue yang mau main ke rumah. Gue langsung aja naik becak tanpa bicara apa2 dan breeeeng becaknya jalan. Beberapa menit kemudian dah berhenti persis di depan gerbang rumah. Sok teu ya istilahnya pake gerbang segala kaya rumahnya di perumahan mewah aje. Hihihi iya deh .. maksudnya pintu pageeeeeeeeeeeeeeeeeeeer .. ihh protes aje ihhhh …

Temen gue sampe terbengong2.

Temen : “Elo nggak ngomong apa2 kok abang becanya tau rumah lo di mana. Elo nggak pake remote kan?”

Dasar temen gue bedulz .. dikira tukang becanya robot kaleee yang jalannya kudu pake remote .. dasar!!!

Skarang kesenangan naik becak menular ke keponakan2 lucu gue. Setiap sore pasti ada schedule keliling kompleks naek becak sama ibu gue. Eh tukang becak langganan mereka itu gaya lo soale bisa ditelpon segala. Si abang yang dipanggil Oom sama keponakan2 gue itu ber hp boooooo … hihihii seru yaaa …

Padahal ya booo menurut gue tuh becak bukan kendaraan yang terlalu manusiawi. Kalo penumpangnya ukurannya normal sih masih manusiawi lah yaaaaa. Nah giliran penumpangnya ukuran jumbo gajah bengkak sementara tukang becaknya cungkring kurus kering karena sarapannya aja bakwan goreng .. ihh kebayang yaaaa betapa tidak manusiawinya. Belom lagi kalo tempat yang dituju itu jalannya rusak dan penuh tanjakan. Mana lagi orang kalo naik becak tuh pake nawarnyaaaaaaaaa minta ampun. 500 perak aja ditawar mati2an sampe muncrat2 … ck ck ck …. Pantesan aja banyak beca yang njalannya nggak pake rem .. huehehehe … Moso murah mau selamet ..

Tapi bukan gue kalo nggak punya pengalaman bego bersama beca. Dan kejadian ini benar2 kejadian memalukan yang hampir melumpuhkan sendi2 kehidupan gue .. aishhhh ngomong apa sehhh … Lanjooooooooooooooooot …..

Kejadian ini terjadinya di Pondok Labu deket pasar ituh. Dulu si cungkring bin langsing sohib gue itu kan kos di sana. Nah gue sedang menuju ke kosannya buat menyelesaikan tugas kuliah.

Situasinya awalnya sih asik2 aja jek. Gue turun dari angkot jurusan Pasar Minggu - Pondok Labu trus jalan manis di pinggir jalan. Lha kok tiba2 brukkkkkkkkkkkkkkkkk !!!!
Ada yang nabrak gue dari belakang. Nggak kenceng sihhhh. Dan gue juga nggak kesakitan. Cuma ya itu situasinya jadi memalukan mirip kaya di pilem2 Warkop. Apakah itu?

Ya sodara2 yang nabrak gue itu sebuah becak sarat dengan sayuran. Dan gue yang ditabrak dengan sukses itu tadi "landing" dengan suksesnya di atas kangkung yang dibawa becak itu tadi. Iya asliiiii boooo. Orang2 yang ngeliat kejadian itu langsung ngakak semuanya termasuk si tukang becak yang bukannya berhenti malah terus jalan. Yang ada gue tereak2 dong minta tuh tukang becak berhenti.

Gue : “Bang woiiii berhenti dong. Udah nabrak malah jalan terus”
Si Abang : “Udah tanggung neng. Saya terusin aja. Situ mau ke mana sih?”

Siyalaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannn!!! Mana deket situ ada pangkalan angkot lagi. Jadi kebayang dong gue disorakin supir angkot segala.

Supir2 angkot: “Udah mbaaaaaaak ikut ajaaaaa .. duduk di atas kangkung kan enak. Duh makin sedep deh tuh kangkung. Bang becakkkk . ....gue pesen seiket ya kangkungnya”

Anjriiiiiiiiiiiiiiiit !! Sontoloyooooo … Sentul Kenyuuuuuuttt … Kadal buntuuuuuunggg. Dasar tukang becak siyaaalaaaaaaaaaaaaaaaaan!! Si Tukang becak yang merasa dapet dukungan malah nggak berhenti cengengesan dan sama sekali nggak memperdulikan permintaan gue buat berhenti.

Gue marah dong ah akhirnya. Kebayang nggak gue udah dipermalukan gituhhh.

Gue : “Abaaaaaaaangg !!! Berhentiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii !!! *ini tereakan udah nggak tau deh berapa oktaf tingginya*

Gue berbalik dan dengan tangan yang sekekar tangan Bruce Lee *hhihiih bo’ong banget* gue gebok lengan tuh abang becak. Ciaaaaaaaaaaaaaatttt bugghhhhhh!!!! Mayan dah pegel2 dah. Cieeeeeeeeeeeeiiiiiiiiiittt .. ngiekkkkkk ….. si abang kaget dong karena pukulan gue itu trus reflek narik rem dan becak berhenti mendadak. Ngekkkkk untung gue nggak kepental ke arah depan dan nyusruk di aspal soale gue pegangan erat ke kangkung2 yang berjajar di sebelah gue huehehehe. Kedengeran juga sih caci maki mobil di belakang tuh abang becak secara mereka kan kaget booo soale ada becak sontoloyo berhenti dengan mendadak getooohhh. Iiihhh bodo amat! Emangnyaaaa gue pikirin.

Gue turun dari becak dengan marah banget. Gue lihatin tuh tukang becak dengan tatapan membara. Kalo tuh tatapan bisa membakar udah gosong kali tuh abang. Tuh orang yang tadinya cengengesan mukenye langsung kecut mengkerut kaya curut. Cengar cengir nggak puguh. Tatapan gue cukuplah buat bikin tuh abang becak susah tidur 3 hari 3 malem karena rasa bersalah huehehhehee. Makanya jangan sok2an berani ngelawan cucunya Mbah Jambrong … Bisa kualat looohhh …..

Habis gitu gue balik badan trus nyebrang dan jalan nggak nengok2 lagi. Huhhh betapa malang nasibkuuu huhuhuuh. Sepanjang jalan karena rasa kesel,marah, malu, sebel akhirnya air mata gue nitik juga dikit. Tapi dikiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget sih .. hihihi ….

Yah demikianlah cerita bego gue mengenai hubungan mesra gue dan becak. Tapi teteup ya boooo biar kata udah punya trauma mendalam terhadap becak dan abangnya yang bikin bete tapi eike teteuppp booo senang naek becak. Begetooooooooooh !!!

Ada yang belom pernah naek becak? Yuk yuk yuk .. kita keliling kota naek becak …
Yuuuuuuuuuuuukkkkkk …..


Udah ah sekian dulu aahhhh cerita kali ini

Sampai Jumpaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !!!!



Keterangan Poto
Ntu becak di Yogya booo. Syempit tuh beca. Kalo sendirian sih senang naeknya. Kalo berdua duhhh bisa perang rebutan space kaleee .. Apalagi yang ukurannya Extra L .. pasti udah jambak2an rebutan tempat di beca .. huehehehhee …

2 comments:

Anonymous said...

waaa... ini cerita jaman kapan jeng. kok masih ada becak di jakarta. aku menyayangkan sekali di jakarta gak ada becak. adanya bajay yang bikin telinga tuli.

Jeung Indie said...

Booo .. biarpun udah dihapus dari jalan gede / jalan raya .. kadang becak yang sudah terpinggirkan ntu masih suka sruntal sruntul nongol mak pecungul .. Apalagi kalo dah bawa sayur model begono yang artinya special order ... hehehe ...

Eike nggak suka naek bajaj soale berasa di bombay ... wakkakakak ... turunnya ntar bau oli pisan ... eh bau India .. eh bau oli deng .. hihihii ...