Friday, September 08, 2006

Combro

Kalau daku ditanya mau pilih Tiramisu atau Combro jawabnya adalah COMBROOOO dengan sekuat tenaga. Kenapa sih kok nggak Tiramisu yang terkenal itu dan bikin orang yang makan katanya sampe merem melek saking nikmatnya. Gini yaaa adek2, dakyu tuh memang ndak suka manis-manis. Secara ya dekkkk, dakyu ini sudah manis sekaleee .. huehehhee … kesel yahhh. Jelasnya, daku ini memang Gadis Klaten sejati kok. Ndak doyan cake atau kue2 yang buat aku rasanyandak pas di lidah ndeso ini. Aku lebih milih singkong goreng, pisang goreng atau COMBRO!!
Yeahhh Combro Rulezzzzzzzzzzz !!!

Wahhh kebayang dong combro anget yang isinya oncom pedesss buanget apalagi ditambah bonus caberawit utuh di dalemnya yang kalo digigit nyesssss bikin mulut kebakar .. hwaaaaaaaaaaaaaaaaa jadi ngeces …

Combro itu apa sih? Lho ada yang belom tau tah combro itu apa? Ck ck ck .. ya udah maino sini .. nanti tak beliin combro plus abang2nya sekaliyan.

Daku beli combro di tukang gorengan. Combro tuh biasanya dipejeng bareng temen2nya yaitu singkong goreng, bakwan, ubi dan tahu. Tapiiii ndak semua tukang gorengan itu jualan combro. Kenapa sih? Ya nggak tauuuu. Daku kan bukan tukang gorengan. Tapi mungkin karena bikinnya ribet kaleee.

Soale yahhhh, bahan dasar combro itu kan singkong yang diparut. Kebayang kan yee marut singkong yang keras ituuuuu. Nah combro itu ada isinya. Isinya itu combro yang ditumis pedes. Trus dibulet2in dan digoreng. Gituhhhh. Jadi memang cukup ribet bikinnya. COMBRO itu asalnya ya singkatan dari ONCOM DI JERO atawa Oncom di dalem gituhhh ..

Di Jakarta Raya ini susah benerrr nyari tukang gorengan yang jualan combro. Langganan combro aku tuh ya di depan Laris Salon di Benhil. Jadi kalo abis facial *aiihh ganjen ya dirikyuuuu* pulangnya pasti harus beli combro. Dulu ada combro enak yang tukang gorengannya mangkal di depan Pasar Festival Kuningan. Tapi skarang ndak ada lageeee. Soale menurut kesaksian beberapa orang disana *hehehe dah kaya acara buser yak pake saksi sgala* . tukang combro itu kena razia kamtib .. huhuhuhu teganya .. teganya .. teganya .. teganya100x

Nah minggu kemaren si Paidi, asistenku menemukan penampakan combro di tukang gorengan yang mangkal di depan SD di Jalan Sabang. Hwaaaaaaaaaaaaa enaknya bowwww. Combronya keras dan garing. Oncomnya enakkkk trus pedes lagiiii. Dah udah merem melek deh makannya. Nggak caya? Maoooo?

Aku tuh emang sukanya combro yang keras gitu. Rasanya berantem deh sama kulit combro yang kalo digigit suka ngelawan. Combro2 yang dijual di bakery yang lembek2 itu ndak masuk itunganku yahhh .. maap yahhh

Ngomong2 soal combro jadi inget kisah lucu seputar combro. Mau tau? Baiklah .. duduk manis dulu dong .. Nih sambil makan combro yah ….

Ini kejadian udah beberapa tahun yang lalu. Udah lama lah pokokoke waktu dakyu masih sangat polos dan tak berdosa *kapaaaaaaaaan??? waktu baru lahir???* Waktu itu aku dan pacarku saat itu sebut saja Si Kumis secara dia itu berkumis. Kumis tebel lho yaaa bukan kumis kucing apalagi kumis Bang Ucup yang cuma di bagian depan mirip daki. Aku dulu itu orangnya ngeyelan. Eh masih deng sampe sekarang hehehehe. Sementara Si Kumis itu orangnya anteng, pendiem dan angker *lho kok kaya pohon beringin sih Eh bukan angker deng … tapi galak gituu wajahnya.

Saat itu, kengeyelanku berbuah perang baratayudha. Masalah persisnya aku lupa tapi yang jelas ya gara2 akyu yang menyebalkan akhirnya kita berdua berantem. Berantemnya dimana? Pake pukul2an nggak? Yeee nggak pake pukul2an dong ahhh. Emangnya kita preman. Berantemnya rada terhormat. Perang kata2 gituhhh hehehehe. Di Metropolitan Mall Bekasi. Huehehehe brantem aja kok jauh2 banget seh. Lha iya, saat itu kita baru aja balik dari acara di kantornya dia di Cikarang yang jauhnya minta ampyuuunnn ituuuu.

Karena keselnya udah sampe ubun2 Si Kumis akhirnya ngeloyor ninggalin aku yang masih nyerocos. Aku yang kesel, mangkel, dan merasa dizolimi *keplakkk padahal salah elo sendiri yang ngeyelan huh* ngikutin dibelakangnya sambil setengah nangis karena merasa dilecehkan *aishhhh crigis* Hiks hiks .. sedihnya hatikyuuuu. Si Kumis yang hatinya tidak selembut salju tapi sedingin salju itu cuek aja .. malah jalan terus sambil manyun.

Berhubung di Metropolitan Mall itu parkirannya rada susah dan nggak nyaman maka mobil Si Kumis diparkir di depan Hero Bekasi. Dan itu jauhhh ya sodara-sodara. Harus keluar dulu dari Mall trus nyebrang jalan raya yang gede dan ruwet baru deh sampe Hero. Karena ya Heronya ada di pertokoan yang ada di seberangnya Mall. Jadi kebayang kan situasi nista yang aku alami. Jalan sambil terisak2 di belakang si Kumis yang makin serem soale manyun terus.

Eeeeeeeeeeeeeeeeeeh lha kok ndilalah si cengeng *akyu maksudnya* sempet2nya lihat ada tukang gorengan di depan Hero yang jual combro. Hwaaaaaaaaaaaaaaaa. Harus beliii!!!! Biarpun dakyu lagi terisak2 dan air mata bercucuran karena sakit hati tapi combro bowwwww tak bisa lah daku tinggalkan. Si Kumis mana? Ya dia udah ngeloyor ke parkiran.

Akhirnya sambil menahan tangis *yeee bukan karena terharu ketemu combro tapi kan lagi berantem gitu lohhh* akhirnya aku membeli 20 combro. Kalo sedih kan boleh maruk tooohhh. Si Abang kayanya rada aneh juga ngeliatin aku yang masih setengah nangis. Mungkin dia pikir daku terharu karena berhasil menemukan dirinya *ih emangnye situ Bang Thoyib …..*

Ya udah deh .. sambil menenteng tas plastik item yang isinya combro 20 biji dakyu melanjutkan isak tangis yang sempat tertunda. Mulai terasa lagi sakit hatiku pada Si Kumis. Sampe di mobil Si Kumis ngeliatin aku dengan heran.

Si Kumis : “Kok lama banget, dari mana” *suaranya masih keras tanda masih sebel banget sama diriku huhuhu*

Si Cengeng (ini akyu yah) : “Hiks .. beli ini .. hiks” *ini terisak-isak karena rasa sedih lho yaaa bukan karena kumat bengeknya*

Si Kumis : “Sempet2nya. Emang beli apa sih?” *mukanya kelihatan heran sementara suaranya udah rada ramah*

Si Cengeng : “Combroooooo .. hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa” *tangisan yang ditahan sepanjang perjalanan ke parkiran + ketemu tukang combro langsung tumpah*

Si Kumis bukannya ngarasa gimana gituh ehhhh malah ngakak. Asli ngakak dia. Lha aku jadi heran sampe nangisnya juga berhenti. Jangan2 Si Kumis kesambet jin iprit yah.

Si Kumis : “Coba lihat plastiknya”

Aku kasihini plastiknya sambil mengusap pipiku yang mulus *ini asli hiperbola* dari sisa2 air mata. Si Kumis ngakak lagi.

Si Kumis : “Jadi tadi sambil nangis sempet belok ke tukang gorengan buat beli combro ini?”

Aku ngangguk2 sambil tersipu2 malu. Huehehhehehe dasar emang aku nih geblek banget yah. Si Kumis geleng2 sambil ngelus2 kepalaku pake njambak sedikit juga sih hehehe. Mungkin karena masih kesel kaleee yakk. Klihatannya sih bliaw takjub juga punya cewek model dirikyu ini. Aihhh iya dong ahhh dakyu kan lucu, imut dan tidak somse. *hoekkkkkkkkk. mau muntah yah .. ini di plastik aja yah*

Trus akhirnya ya kita baikan deh. Nggak berantem lagi. Sebelom pulang, sempet sih membahas kejadian yang tidak mengenakkan tadi itu. Dan akhirnya daku yang ngeyelan ini paham maunya dia setelah mendengar ceramah dan wejangannya yang bikin aku hampir ketiduran hehehehe. Dan kemudianlah terjadi kesepakatan dan ditandatanganilah nota kerja sama antara 2 kubu yang bertikai. Yah mirip di pilem2 perang itu lah.

Di jalan kita dah ketawa2 lagi sambil makan combro yang enaknya polllllll. Seru kaaaan …

Nah adik2 .. demikianlah ceritakyu tentang COMBRO. Ehh kalo ada yang lihat tukang gorengan jual combro beli yah buat akyuuuu yahhhh … kamu cakeppp dehhhhh …. heheheh . Buat Neng Cresti, kapan yah kita bikin combronyaaaaaaaaaaa? Dari tahun jebot sampe sekareang nggak jadi2 juga huhhh …..

Ehhh …. Sampai Jumpaaaaaaaaaa !



Keterangan Photo

Nah inilah dia wujud penampakan combro itu. Gambar ini aku dapet dari
http://www.restaurantsurabaya.com/

3 comments:

mina said...

keliatannya enak banget sih tuh gambar combro. aku gak pernah loh makan benda2 itu *ngeces*

Anonymous said...

mbak akyu..

di deket kantor gue ada yang khusus jualan combro en misro. Tapi mesti beli pagian, jam 7-9. Kalo nggak, abis. deh. Kantor gue di bukit gading indah, pertigaan gading kirana, kelapa gading. Kali aja minat...

Anonymous said...

mbak akyu..

di deket kantor gue ada yang khusus jualan combro en misro. Tapi mesti beli pagian, jam 7-9. Kalo nggak, abis. deh. Kantor gue di bukit gading indah, pertigaan gading kirana, kelapa gading. Kali aja minat...